Salad buah kini memang tak kalah populer dari salad sayur, dan cara bikin salad buah pun sangat praktis dengan buah-buahan yang sangat mudah dicari.

Salad pun disebut sebagai makanan yang sehat karena menyajikan buah-buahan ataupun sayuran yang segar dan dapat langsung dinikmati.

Salad mungkin menjadi hidangan di dunia yang paling banyak menggunakan sayur-sayuran. Ini, karena sayur-mayur merupakan bahan dasar hidangan satu ini.

Salad juga biasanya disantap bersama bumbu dan saus, serta dapat disajikan langsung atau dalam keadaan dingin.

Meski begitu, salad umumnya disantap sebagai hidangan pembuka, atau hidangan pendamping. Namun, banyak pula yang menggunakan salad sebagai isian roti.

Tetapi, tahukah Anda walaupun terlihat modern, namun ternyata salad sendiri sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu lho!

Menurut bukti-bukti sejarah, salad ternyata dikonsumsi sejak jaman Romawi dan Yunani Kuno, kata salad sendiri berasal dari bahasa latin ‘sal’ yang berarti ‘garam’

Di zaman itu, garam merupakan bumbu yang dianggap sangat penting untuk memberi rasa pada makanan. Kata ‘sal’, kemudian diserap ke dalam bahasa Prancis kuno menjadi ‘salade’ dan di akhir abad ke-14 diserap dalam bahasa Inggris menjadi ‘salad’, atau ‘sallet’.

Setelah masa kerajaan Romawi, salad menjadi begitu populer di seluruh penjuru dunia. Meski begitu, Amerika serikatlah yang mempopulerkan salad pada akhir abad ke-19. Salad versi AS dianggap memiliki variasi yang paling banyak.

Di paruh abad ke-20, salad AS umumnya terdiri dari selada iceberg, sayuran musim panas dan buah-buahan seperti apel, kismis, dan jeruk. Untuk saus dressing-nya sendiri, minyak zaitun, cuka, mayones, dan krim asamlah yang paling populer.

Dan kini salad pun merupakan salah satu makanan penutup atau dessert yang banyak sekali disukai semua orang.

Dengan cara bikin salad buah yang enak ditambahkan berbagai perpaduan buah, dressing atau saus , dan juga toping membuat rasa salad buah semakin bervariasi

Anda tentu bisa membuatnya di rumah dengan cara bikin salad buah sendiri yang pastinya dengan selera yang Anda inginkan.

Cara bikin salad buah diet pun kini semakin banyak dibuat, karena memang saat ini tengah munculnya tren menerapkan gaya hidup yang sehat, dan salad buah lah menjadi salah satu menu favorit untuk melakukan gaya hidup sehat tersebut.

Berikut ini cara membuat salad buah segar dengan menggunakan yogurt yang baik digunakan untuk menu diet Anda namun tetap sehat dan enak pastinya.

cara bikin salad buah yogurt

Bahan salad buah

200 gram buah apel

200 gram buah mangga

200 gram anggur merah

200 gram kiwi

Dressing

2 sdm yoghurt plain

1 sdm madu- 1/2 sdt zest kulit jeruk

Cara membuat

Cara membuat salad buah sederhana untuk diet yang pertama adalah mencuci semua buah segar dengan air mengalir.

Kupas dan potong buah apel dan mangga berbentuk dadu dengan ukuran sekitar 2 x 2 cm.

Rendam buah apel yang sudah dipotong ke dalam air biasa atau air es agar warnanya tidak berubah kecokelatan.

Potong buah anggur merah menjadi dua dan hilangkan bijinya.

Potong buah kiwi berbentuk bulat dengan pisau khusus.

Buat dressing dengan campurkan semua baan dressing ke dalam satu wadah dan aduk rata.

Setelah semuanya siap maka masukkan semua buah ke dalam mangkuk dan campurkan dengan dressing yoghurt yang sudah dibuat sebelumnya.

BACA JUGA: Cara membuat tempe bacem sederhana dan lezat

Salad buah siap dikonsumsi.

Nah, tulah cara bikin salad buah yang bisa bikin untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Selamat mencobanya dirumah!