in

9 manfaat buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan

9 manfaat buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan
Manfaat buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan. (IST/NET)

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Di Indonesia pun tanaman apel telah berhasil dibudidayakan di beberapa daerah. Selain rasanya lezat, taukah Anda apa saja manfaat buah apel?

Apel dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung dengan kulitnya, ataupun dimasak dan diolah menjadi menu olahan yang baru. Misalnya dengan direbus atau di jus.

Apel juga kaya dengan atioksidan yang tinggi, senyawa penangkal penyakit. Senyawa inilah yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi pada aktivasi sel normal.

Apel juga kaya akan serat yang disebut dengan pektin. Pektin ini memiliki sifat larut, dapat difermentasi, dan kental. Apabila dikonsumsi dengan rutin, akan membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Berikut 9 manfaat dari buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan.

1. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi buah apel sering kali dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Hal ini lantaran apel memiliki kandungan antioksidan polifenolnya. Makan apel sekali sehari secara rutin dapat menurunkan 28% risiko diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

2. Menurunkan Berat Badan

Apel kaya serat dan air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Makan irisan apel dapat menurunkan rata-rata 200 kalori. Selain itu apel juga menjadi salah satu buah yang dapat mengenyangkan karena padat energi.

BACA JUGA: 8 cara alami untuk mencerahkan wajah yang kusam

3. Baik untuk Jantung

Apel dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi bersifat larut, serat lembut dan dapat menyerap air, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel juga memiliki polifenol, yang terkait dengan tekanan darah rendah dan risiko stroke.

4. Mengobati Asma

Apel mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatur respons imun dan melindungi tubuh dari asma. Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

5. Baik untuk Usus

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Jenis serat dalam apel dapat memberi makan bakteri baik di dalam usus besar. Ini sangat baik untuk proses pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sebab itu pula apel dapat melindungi konsumen dari obesitas atau kegemukan.

6. Mencegah Kanker

Apel memiliki beberapa senyawa alami yang dapat membantu melawan sel kanker. Dilansir dari healthline, orang yang makan buah apel secara rutin memiliki tingkat kematian karena kanker lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

7. Mencerdaskan Otak

Jus apel dipercaya dapat membantu mencegah penurunan neurotransmiter yang terlibat dalam memori. Senyawa antioksidan dalam apel dapat melawan terjadinya penurunan fungsi kognitif pada otak. Sehingga apel sangat baik dikonsumsi untuk mencerdaskan otak.

8. Melindungi Perut dari Cidera

Manfaat apel yang satu ini akan terlihat setelah kamu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, obat anti-peradangan (NSAID). Apel mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi lapisan perutmu dari cedera akibat obat penghilang rasa sakit NSAID.

BACA JUGA: 5 Minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan

9. Menguatkan Tulang

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel dapat meningkatkan kesehatan tulang. Terlebih lagi, makan buah apel dapat membantu menjaga massa tulang seiring bertambahnya usia. Mereka yang makan apel secara rutin akan lebih sedikit kehilangan kalsium di dalam tubuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *