in

5 Minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan

5 Minuman yang dapat dikonsumsi saat sarapan
5 Minuman yang dapat dikonsumsi saat sarapan. (IST/NET)

Sarapan merupakan keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Pada saat melakukan sarapan dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kinerja pencernaan, sehingga dianjurkan mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak yang rendah.

Sarapan yang sehat juga dapat mendukung penurunan berat badan dan membantu menjaga mempertahankan berat badan. Bukan hanya makanan saja, sarapan juga bisa termasuk minuman sehat yang dapat dikonsumsi di pagi hari.

Memilih minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan sama pentingnya dengan makanan yang sehat yang tersaji dalam piring. Berikut deretan minuman yang dapat dikonsumsi di pagi hari saat sarapan.

1. Air Putih

Sarapan yang baik di pagi hari untuk diet
Sarapan yang baik di pagi hari untuk diet. (IST/ HELLOSEHAT)

Meskipun air tidak mengandung rasa atau nutrisi tertentu, air putih sangat membantu tubuh untuk berfungsi di pagi hari dan menjaga tubuh tetap berenergi. Air minum juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan otot.

Sehingga air putih merupakan minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan yang sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

2. Kopi

Minuman yang baik saat sarapan
Minuman yang baik saat sarapan. (IST/TRIBUN)

Kopi adalah salah satu minuman terbaik untuk memulai hari. Kafeinnya yang tinggi terbukti bisa menaikkan mood, tingkat kewaspadaan dan kinerja mental. Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak.

Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati. Tapi selalu ingat untuk membatasi asupannya jika tak ingin mendapat efek samping berlebihan.

3. Teh Hijau

Minuman yang baik saat sarapan pagi
Minuman yang baik saat sarapan pagi. (IST/NET)

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat. Hampir sama dengan kopi, teh hijau mengandung kafein, yang meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, dan metabolisme.

BACA JUGA: Manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut masih kosong

Teh hijau mungkin sangat membantu melawan diabetes. Sebuah ulasan dari 17 studi menemukan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin.

4. Jus Buah atau Smoothies

Makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi
Makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi . (IST/HEALTHDETIK)

5. Susu

Sarapan yang baik
Sarapan yang baik. (IST/FIMELA)

BACA JUGA: 8 cara alami untuk mencerahkan wajah yang kusam

Susu kaya akan kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk menjaga kekuatan tulang. Selain itu susu memiliki fungsi penting seperti transmisi saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Sekaligus mengatur tekanan darah, yang dibutuhkan oleh otot tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *