Siapa disini yang suka dengan tempe bacem? pasti semua orang menyukai makanan yang bercitarasa manis itu, atau bahkan diantara kalian ada yang tahu cara membuat tempe bacem yang enak dan lezat dirumah.

Sebenarnya dari mana sih asal bacem itu? Dan apa arti dari kata bacem yang sebenarnya? hingga bisa dikaitkan dengan tempe bacem.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata membacem berarti merendam (tahu, tempe atau bahan makanan lainnya) dengan bumbu dan merebusnya dalam tempat yang tertutup sampai airnya habis.

Teknik memasak ini telah dikenal luas di khasanah kuliner Nusantara. Berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Jawa, yang memiliki hidangan yang dibuat dengan teknik di bacem.

Mengapa Jawa? Karena bumbu bacem didominasi oleh gula, sedangkan gula yang rasanya manis identik dengan masakan Jawa.

Selain itu, bacem juga memakai sedikit rempah, hanya ketumbar. Karena ketumbar harganya tidak mahal. Dan hanya ketumbar yang ada di jalur Pantura.

Dan kini pun baceman menjadi salah satu makanan favorit khas Indonesia. Biasanya baceman identik dengan baceman tempe yang dominan manis dan sedikit rasa gurih.

Kunci kelezatan baceman yang enak tentunya terdapat pada cara membuat tempe bacem dengan bumbu yang meresap sempurna ke dalamnya.

Selain itu ada tips lain yang bisa Anda lakukan di rumah agar baceman tempe yang Anda buat terasa lebih enak dan lezat yakni dengan:

Mengganti kecap manis

Rasa manis dari baceman biasanya datang dari kecap manis. Tapi coba ganti kecap manis dengan gula merah dan air kelapa saat membuat baceman.

Gula merah akan membuat warna baceman lebih coklat mengilat. Penggunaan air kelapa juga bisa menambah cita rasa legit dan gurih baceman.

Tutup panci saat memasak

Saat merebus baceman dengan bumbunya, jangan lupa menutup panci. Hal ini dilakukan untuk menghindari aroma baceman keluar. Selain itu juga akan membuat bumbu lebih meresap dan baceman pun akan lebih cepat matang.

Gunakan api kecil

Penggunaan api juga sangat berpengaruh pada hasil baceman, usahakan menggunakan api kecil saat merebus bacemam. Api kecil akan membuat bumbu lebih meresap dibanding memakai api besar. Dan jangan lupa balik tempe sesekali agar bumbu meresap secara merata.

Direndam dalam sisa air rebusan

Cara ini bisa dilakukan jika Anda ingin menyetok baceman untuk esok hari, rendam tempe di dalam sisa air rebusan semalam. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.

Nah, jika Anda sedang bingung ingin memasak apa hari ini, tentunya akan muncul diantaranya bahan makanan tempe bacem bukan?

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat tempe bacem manis dan ingin mencobanya dirumah, Dibawah ini bahan-bahan dan cara membuat tempe bacem yang sederhana namun enak tanpa menggunakan kecap.

Cara membuat tempe bacem sederhana

Bahan-bahan

3 buah tempe ukuran sedang

4 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdm ketumbar

1 sdm garam

2 sdm kecap

1 ruas lengkuas geprek

1 batang serai geprek

3 lembar daun salam

200 gram gula merah

1000 ml air kelapa

Cara membuat tempe bacem manis gurih

Langkah pertama dalam kiat membuat tempe bacem adalah potong tempe menjadi beberapa bagian dan jangan terlalu kecil agar tidak hancur ketika dimasak dan jangan terlalu besar agar bumbu meresap. Cukup potong dengan ukuran sedang.

Selanjutnya, haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, serta garam.

Langkah ketiga dalam resep tempe bacem adalah meletakkan tempe ke dalam wajan/panci, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama rempah lainnya. Berilah air kelapa serta gula merah yang sudah diserut.

Nyalakan apinya dan masaklah dengan api volume sedang kurang lebih selama 30 menit.

Setelah air hampir menyusut, masukkan kecap serta aduklah sekali saja agar tempe tidak hancur. Cicipi rasanya. Apabila kurang manis, tambahkan lagi gula merahnya. Apabila sudah pas, matikan apinya dan tunggu sampai tempe dingin.

BACA JUGA: Cara membuat pisang nugget enak dan lezat

Sajikan tempe bacem yang sudah matang tersebut secara menarik dan nikmatilah untuk lauk.

Nah itulah resep dan cara membuat tempe bacem manis yang mudah, sehingga bisa Anda lakukan di rumah kapan saja. simple bukan? Selamat mencoba!