Tampilan prima tak hanya melibatkan wajah bersih, tapi juga rambut kuat dan sehat. Rambut rontok acap kali dianggap hal biasa. Penyebab rambut rontok biasanya disebabkan oleh faktor genetik serta terapi pengobatan tertentu.

Rambut rontok merupakan hal yang sangat mengganggu. Terlebih ketika kita baru menyadari bahwa rambut kita rontok saat melihat banyaknya gumpalan rambut di kamar tidur atau kamar mandi.

Setiap orang, tanpa terkecuali, juga pasti pernah mengalami kerontokan rambut. Secara umum, rambut rontok merupakan keadaan hilangnya rambut dari kepala atau badan. Tapi apa sebenarnya yang menjadi penyebab rambut rontok?

Rambut rontok biasanya memiliki banyak penyebab termasuk alopecia androgenetic (merupakan tanda-tanda rambut rontok dan penipisan rambut yang paling umum terjadi pada manusia), infeksi jamur, trauma (misalnya, karena trikotilomania), radioterapi, kemoterapi, kekurangan gizi (misalnya, kekurangan zat besi) dan penyakit autoimunitas seperti alopecia areata (merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok).

Tahukah Anda, manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai rambut per hari? Meskipun terdengar menyeramkan, kerontokan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan penipisan rambut (atau bahkan kebotakan).

Pasalnya, kamu memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut di kepala dan helai rambut baru bertumbuh pada waktu bersamaan menggantikan rambut yang rontok.

Namun terkadang, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh serta penyakit tertentu, apa saja sih diantaranya? Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah yang mungkin sedang Anda alami.

Penyebab rambut rontok

Stress

Tak bisa dipungkiri, setiap hari pasti ada saja masalah yang bikin stres. Saat seperti ini, penting bagi Anda untuk memahami cara mengontrol stres yang baik sehingga dapat mengatasi emosi dengan baik.

Apa hubungannya dengan rambut yang rontok? Faktanya, hormon yang seimbang akan terganggu oleh stres dan menurunkan peredaran darah di kepala sehingga rambut kekurangan nutrisi dan menyebabkan kerontokan pada rambut. Jadi, usahakan agar dapat mengendalikan stres dengan baik.

Mencuci rambut menggunakan air panas

Kebiasaan Anda mencuci rambut dengan air panas dapat menimbulkan masalah rambut lho. Air panas bisa menyebabkan dehidrasi pada batang rambut yang membuatnya jadi rapuh dan mudah patah. Tak hanya itu saja, bahkan bisa mengurangi minyak alami pada rambut juga membuat kulit jadi kering dan rusak. Jadi, usahakan untuk membilas rambut dengan air hangat atau dingin ya.

Polusi

Apakah Anda tahu? polusi bisa bikin rambut jadi kasar dan rusak karena partikel udara dan debu yang 80x lebih kecil dari folikel rambut akan menempel di permukaan rambut hingga menyebabkan rontok.

Aktivitas luar ruangan

Aktivitas luar ruangan membuat rambut rentan terpapar polusi dan sinar matahari. Sinar UVA dari matahari dapat menyebabkan perubahan pigmen pada rambut dan menjadikannya berubah warna.
Tidak hanya itu, bahkan sinar matahari dapat mempengaruhi keratin rambut yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau dan bebas rontok. Jadi, usahakan untuk proteksi rambut saat harus beraktivitas di luar ruangan seperti mengandalkan penggunaan topi yang bisa jadi solusi.

Terlalu kencang mengikat rambut

Mengikat rambut adalah cara untuk menata rambut yang sering diaplikasikan. Trik ini digunakan untuk tampil lebih ringkas dan terkadang jadi penyelamat kala bad hair daymelanda.

Tapi kamu tahu gak, mengikat rambut terlalu kencang bisa jadi penyebab rambut rontok terus menerus lho. Ya, ikatan tersebut akan membuat akar rambut tertarik dan membuatnya jadi rontok. Jadi, usahakanlah agar mengikat dengan longgar dan tidak lebih dari dua jam.

BACA JUGA: Tips memanjangkan rambut secara alami

Diet yang tidak seimbang

Ya, selain perawatan dari luar, salah satu penyebab rambut rontok berlebihan bisa jadi karena asupan nutrisi yang tidak seimbang, seperti menjalani diet secara berlebihan.

Akibatnya, tubuh dan rambut kekurangan nutrisi yang jadi penyebab rambut rontok berlebihan. Alhasil, bukan tubuh ideal yang didapat melainkan tubuh rentan akan penyakit yang bisa merugikan Anda nantinya, lho!

Yuk, jaga kesehatan rambut Anda mulai dari sekarang agar penyebab rambut rontok berlebihan tidak terjadi pada diri Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here