Mata merupakan organ manusia yang bereaksi terhadap cahaya dan memiliki beberapa kegunaan. Oleh karena itu kita harus rajin merawatnya dengan menggunakan tips menjaga kesehatan mata yang baik dan benar.

Perawatan mata sangat perlu dilakukan. Tips menjaga kesehatan mata harus dipahami dan dipraktikan oleh setiap orang baik yang memiliki permasalahan mata maupun yang hanya sekadar merawat kesehatan mata.

Dari sekian banyaknya aktivitas, mata selalu kita gunakan. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Banyak cara merawat mata dengan baik. Tapi yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur.

Coba kita bayangkan, setiap saat kita bekerja berjam-jam di depan komputer, atau menonton televisi, membaca buku, dan banyak sekali aktivitas lainnya. Kita tidak menyadari betapa beratnya mata kita telah bekerja.

Mata merupakan bagian terpenting dari panca indera. Meski Anda cukup banyak waktu untuk tidak menonton televisi, tidak membaca buku atau tidak berlama-lama di depan komputer tetap saja mata kita butuh istirahat.

Nah, jika anda belum tahu bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat, berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mata dengan secara alami dan sederhana sebagai berikut:

Tips menjaga kesehatan mata secara alami

Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Jangan langsung melihat cahaya terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Kenakan kacamata di saat yang tepat

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Hindari duduk terlalu lama didepan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah

Olahraga mata

Sama seperti berolahraga membantu Anda tetap sehat, berolahraga mata akan memperbaiki penglihatan Anda. Olahraga mata akan memperbaiki penglihatan Anda dan melemaskannya.

Anda harus mulai dan menyelesaikan latihan mata Anda, gosok telapak tangan untuk memanaskannya, kemudian menempatkannya di atas mata selama 10 detik.

Hidrasi mata

Anda harus minum air putih jika merasa mata sudah lelah, buram dan kering. Air akan melembapkan tubuh dan menjaga kesehatan mata Anda. Sambil mencuci muka, isi air di mulut dan percikan mata dengan air. Hal ini akan membantu Anda untuk menyegarkan diri.

BACA JUGA: Tips memanjangkan rambut secara alami

Itulah tips menjaga kesehatan mata dengan alami dan sederhana. Ingat ya lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin peduli dengan kesehatan mata Anda.