Gizi buruk mempunyai dampak tidak baik pada anak, karena gizi buruk merupakan unsur yang sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Dengan gizi yang baik, tubuh akan selalu sehat sehingga anak dapat menjalani aktivitasnya dengan baik. Lantas, untuk menghindari gizi buruk tersebut, yuk kenali penyebab gizi buruk pada anak.

Gizi pada anak memang harus sudah terpenuhi sejak masih bayi, selain sangat penting bagi pertumbuhan, gizi juga sangatlah baik bagi perkembangan otaknya. Disini orangtua harus sangatlah paham mengenai kebutuhan gizi, agar sang anak tak mengalami gizi yang buruk.

Malnutrasi atau gizi buruk yaitu suatu kondisi yang diakibatkan kekurangan gizi. Anak kurang gizi pada umumnya akan mengalami kekurangan vitamin dan mineral, terutama zat besi, zinc, vitamin A, dan yodium. Namun, gizi buruk juga juga bisa terjadi dengan kelebihan gizi.

Hal ini disebabkan bisa saja karena si anak mempunyai berat badan yang lebih atau obesitas dari konsumsi kalori yang berlebihan, akan tetapi tak mendapatkan cukup vitamin dan mineral pada saat yang bersamaan. Itu karena makanan yang memicu gizi buruk, seperti gorengan dan makanan manis, cenderung tinggi kalori, dan lemak tetapi dengan nutrisi yang rendah.

Agar para ibu bisa mengenalinya, berikut ini beberapa penyebab gizi buruk yang terjadi pada anak:

Penyebab gizi buruk pada anak

Jarak usia kakak dan adik

Jarak antara usia si kakak dan juga adiknya yang terlalu dekat menjadi salah satu yang memengaruhi gizi pada anak. Hal ini terjadi karena perhatian ibu untuk kakak akan tersita dengan keberadaan adiknya sehingga kakak cenderung tak terurus dan tak diperhatikan makanannya. Oleh sebab itu, akhirnya si kakak pun menjadi kurang gizi.

Mudah sekali infeksi

Penyebab gizi buruk juga bisa terjadi pada anak yang sudah pandai dalam berjalan karena akan mudah sekali mengalami infeksi, tak hanya itu ia pun sangat rentan sekali tertular oleh berbagai penyakit.

Kebersihan lingkungan

Lingkungan yang kebersihannya kurang terjaga menjadi salah satu yang bisa menyebabkan anak menjadi mudah sakit. Akibat sakit-sakitan tersebut, maka sang anak akan menjadi kurang gizi.

Kurang pengetahuan mengenai gizi

Kurangnya pengetahuan akan gizi juga bisa menjadi penyebab gizi buruk anak, lho! Oleh karena itu, orangtua harus bisa memberikan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup di dalamnya.

Tak harus mahal dan mewah, para orangtua juga bisa memberikan anaknya makanan yang murah, namun dengan kualitas yang baik. Maka orangtua sangatlah diwajibkan untuk lebih pintar memilih makanan untuk sang anak.

Kondisi ekonomi

Tak sedikit orang yang mempunyai kondisi ekonomi yang kurang cukup atau bisa dikatakan sulit. Faktor ini sedikit banyak bisa memengaruhi karena jika anak menjadi kurang makan, sehingga sudah dipastikan jika mereka akan mengalami gizi yang kekurangan.

Penyakit bawaan

Selain karena makanan, penyebab gizi buruk pada bayi pun bisa disebabkan karena adanya penyakit bawaan yang memaksa anak harus dirawat. Misalnya penyakit jantung dan paru-paru bawaan sejak lahir.

Masalah kesehatan mental

Jika anak mempunyai kondisi seperti depresi, bulimia, dan anoreksida, bisa menyebabkan anak menjadi kurang gizi. Anak dengan kondisi kesehatan mental tersebut, tak bisa meengikuti kebiasaan makan dengan benar. Jika dibiarkan saja, kondisi ini akan mengakibatkan anak menjadi terjangkit gizi buruk.

Masalah sosial dan mobilitas

Jika Anda salah satu orangtua yang tak bisa keluar rumah untuk membeli makanan atau tak pernah menyiapkan makanan di rumah, maka anak akan mengalami gizi buruk. Dengan tak ada makanan di rumah, tentu akan menjadikan anak menjadi kurang nutrisi yang sangat penting bagi tubuhnya.

Kurang aktivitas fisik

Penyebab gizi buruk pada anak juga bisa terjadi jika ia tak melakukan aktivitas dengan cukup. Sebab, kurangnya aktivitas fisik akan memperlambat proses pencernaannya, sehingga akan mengakibatkan sang anak menjadi kelebihan berat badan atau obesitas.

Gangguan pencernaan dan kondisi lambung

Jika tubuh anak tak bisa menyerap nutrisi dengan baik, maka ia berisiko mengalami gizi buruk. Gangguan pencernaan mulai dari penyakit Crohn, diare atau muntah, dapat mengakibatkan nutrisi penting menjadi hilang.

BACA JUGA: Penyebab mimisan pada anak-anak maupun orang dewasa

Tak sampai disitu saja, kondisi lambung yang bermasalah seperti maag kronis, akan menimbulkan anak kesulitan dalam makan, hingga akhirnya mengalami gizi yang buruk.

Nah, itu dia penyebab gizi buruk yang bisa terjadi pada anak-anak. Untuk menghindari terjadinya gizi buruk, berikanlah anak Anda asupan makanan yang bergizi. Namun ingat, gizi yang Anda berikan tak boleh kurang ataupun lebih, sehingga akan seimbang.