Di zaman sekarang ini, tak sedikit wanita yang wajahnya selalu memakai makeup saat mereka akan pergi. entah itu acara yang formal maupun nonformal. Akan tetapi, para wanita sering sekali mengeluhkan makeup yang mudah luntur. Lantas adakah tips makeup tahan lama?

Pada dasarnya, memang tak semua jenis kulit dapat diaplikasikan makeup yang bisa tahan dengan lama. Apalagi jika jenis kulit wajah berminyak. Pasalnya, produksi minyak yang berlebih pada wajah akan mengakibatkan makeup menjadi tak tahan lama, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih sering touch up.

Nah, jika Anda salah satu diantara yang mempunyai wajah berminyak, berikut ini tips makeup tahan lama sehingga Anda tak perlu khawatir makeup akan luntur, yakni:

Tips makeup agar tahan lama

Mengompres wajah menggunakan air dingin guna menjadikan pori-pori tertutup

Tips makeup tahan lama yang pertama yakni dengan mengompres wajah menggunakan air dingin atau es batu. Hal ini sangat bermanfaat dalam menutup pori-pori yang terbuka agar minyak alami wajah tak merusak makeup.

Tak hanya itu, es batu juga mampu mengurangi keriput yang terdapat pada wajah, sehingga menjadikan kulit Anda terlihat lebih halus dan menyingkirkan jerawat.

Pastikan wajah sudah lembap

Jika Anda telah mengompres wajah menggunakan es batu, cara yang selanjutnya dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan moisturizer atau krim pelembap wajah. Meskipun Anda mempunyai wajah berminyak, akan tetapi langkah ini sangatlah penting karena kulit yang tak diberi pelembab akan terus memproduksi sebum atau minyak wajah.

Produk moisturizer yang digunakan sangatlah disarankan mempunyai bahan dasar air seperti gel atau lotion, jika Anda memilih yang di dalamnya pun mengandung minyak justru akan menjadikan wajah semakin terlihat oily atau berminyak.

Memakai eyecream

Tips makeup tahan lama untuk kulit berminyak lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan memastikan area bawah mata Anda tidak kering. Oleh karena itu, jangan lupa sebelum Anda menggunakan makeup, alangkah baiknya Anda menggunakan eyecream terlebih dahulu pada kulit di sekitar mata.

Menggunakan primer

Tips makeup tahan lama seharian yang wajib Anda gunakan yakni primer, meskipun alat makeup yang satu ini biasanya sering sekali diabaikan oleh para wanita. Akan tetapi, primer sangatlah membantu agar menjadikan riasan Anda menjadi tampak lebih halus, dan flawless pastinya.

Dengan menggunakan alas makeup satu ini, foundation akan jauh lebih menempel dan tahan lama. Untuk daerah yang harus Anda gunakan primer yakni T-zone, seperti dahi, hidung dan dagu. Karena daerah tersebut biasanya yang rentan sekali berminyak.

Jangan gunakan bedak terlalu berlebih

Bedak mungkin ampuh menjadikan wajah terhindar dari kilau akibat minyak yang berlebih pada wajah. Akan tetapi, penggunaan bedak yang terlalu berlebih juga tidaklah disarankan karena justru akan merangsang pori-pori wajah mengeluarkan minyak yang lebih banyak.

Oleh karena itu, gunakan bedak yang mempunyai formula matte dan transparan sewajarnya saja pada daerah yang akan terlihat berkilau.

Jangan menggunakan concealer sebagai base eye shadow

Tips makeup tahan lama selanjutnya yakni dengan menggunakan concealer biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada wajah yang tak bisa teratasi dengan foundation seperti lingkaran hitam di bawah mata, bekas jerawat, kemerahan di wajah, dan lainnya.

BACA JUGA: Tips memilih makeup yang sesuai untuk kulit berjerawat

Selain itu, concealer juga biasanya selalu digunakan sebagai base eye shadow. Akan tetapi hal tersebut tak disarankan untuk Anda yang mempunyai wajah berminyak, karena penggunaan concealer hanya akan menjadikan tampilan eye shadow Anda menjadi retak dan mudah hilang.

Semprotkan setting spray setelah makeup selesai

Tips makeup tahan lama untuk wajah berminyak yang terakhir yakni dengan menggunakan setting spray yang dilakukan di akhir makeup. Namun, tak sedikit orang juga yang gemar menggunakan setting spray setelah mengaplikasikan foundation lantaran membuat riasan menjadi lebih lengket, tahan lama dan tak mudah luntur.

Nah, itu dia beberapa tips agar makeup bertahanlama meskipun Anda mempunyai wajah yang berminyak. Semoga bermanfaat!