Agar lebih menambah keindahan pada mata, biasanya para wanita menambahkan eyeliner untuk mepertegas matanya. Namun, meski sering digunakan oleh sebagian wanita, ternyata cara pemakaiannya itu tak selalu cepat. Karena masih ada saja yang melakukan kesalahan memakai eyeliner tersebut.

Eyeliner merupakan bagian dari make up yang tak kalah pentingnya dalam membutuhkan teknik yang sangat fokus. Penggunaan eyeliner yang salah justru akan membuat seluruh penampilanmu menjadi tampak lebih buruk.

Apalagi jika dilakukan oleh yang baru saja memakainya, sangat tak mudah mengaplikasikan eyeliner ini. Namun, jika dengan latihan yang dilakukan secara telaten, Anda pun tentu akan mulai terbiasa menggunakannya.

Setiap bentuk dan cara mengaplikasikannya akan memberikan kesan yang berbeda, agar riasan Anda sempurna dan tak terlihat berantakan, maka hindarilah berbagai kesalahan memakai eyeliner berikut ini:

Kesalahan memakai eyeliner

Memakainya di seluruh mata

Kesalahan memakai eyeliner yang biasa digunakan sebagian wanita biasanya memakaikannya pada keseluruhan mata, yakni mata atas dan bawah. Cara ini justru akan membuat mata Anda terlihat lebih kecil dan aneh.

Nah, yang harus Anda lakukan disini, gunakanlah eyeliner hanya dibagian ujung mata saja dan jangan lupa hindari menggunakannya dibawah mata keseluruhan. Cara ini dipercayai dapat meemberikan efek mata yang leebih besar dan segar. Jika ingin menggunakan di bawah mata, maka gunakan waterliner khusus bawah mata.

Ada celah diantara bulu mata dan garis mata

Kesalahan yang selanjutnya sangat umum terjadi pada para pemula yang masih belum terbiasa dalam menggambar garis eyeliner, pasti akan terdapat garis, gap, atau celah diantara bulu mata dan eyeliner. Hal ini bukanlah riasan yang sempurna yang seharusnya.

Seharusnya Anda menarik kelopak mata Anda ke atas lalu isi dengan eyeliner, dan gunakan eyelineer pensil lalu gambar disepanjang garis bulu mata sedekat yang Anda mampu.

Pensil yang tumpul

Kesalahan memakai eyeliner selanjutnya yakni Anda menggunakan pensil eyeliner yang tumpul yang justru akan menjadi masalah dalam membuat garis yang sempurna. Sebaiknya hindari hal ini agar Anda juga mudah memulaskanya pada mata.

Yang harus Anda lakukan sebelum Anda menggunakan eyeliner yakni selalu meraut pensil eyeliner Anda sebelum menggunakannya agar Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Karena pensil yang tajam akan mempermudah Anda dalam menggunakannya.

Meletakkan eyeliner cair di area yang salah

Kesalahan Anda dalan memakai eyeliner cair sebagai eyeliner pensil dengan mengaplikasikannya di bawah garis bulu mata Anda.

Yang harus Anda lakukan dalam menggunakan eyeliner cair yang sangat tebal ini, Anda tidak boleh meengaplikasikannya di bagian bawah garis bulu mata Anda. Hal ini akan membuat efek smudge (luber). Jika Anda ingin memakai eyeliner di bawah garis bulu mata, maka gunakanlah eyeliner jenis pensil.

Menarik bagian ujung mata

Kesalahan memakai eyeliner lainnya biasanya sebagian wanita menarik ujung matanya. Hal ini justru akan membuat permukaan kelopak mata menjadi terlihat lebih datar dan terasa mudah diaplikasikan. Namun bagaimana dengan hasilnya?

Untuk Anda yang ingin menggunakan eyeliner, jangan menarik area mata, ya! Karena kulit yang terdapat di sekitar mata sangat sensitif dan mampu membuat kerutan. Biasakanlah memakai eyeliner tanpa harus menarik mata dengan cara mendongakkan kepala dan melihat ke bawah juga berkaca.

Salah menggunakan jenis eyeliner

Kesalahan yang selanjutnya Anda sering lakukan yakni hanya mengandalkan pada satu jenis eyeliner saja dalam melakukan berbagai bentuk eyeliner yang akan Anda gunakan.

Disini seharusnya Anda tak menggunakan semua jenis eyeliner dengan jenis yang sama. Karena jika Anda mempunyai eyeliner jenis pensil, ini cocok Anda gunakan untuk sehari-hari saja, sedangkan gel eyeliner akan memberikan tampilan yang lebih glamor, dan eyeliner cair untuk membentuk cat eyes atau wing liner.

Melentikkan bulu mata setelah memakai eyeliner

Kesalahan memakai eyeliner selanjutnya Anda biasanya langsung melentikkan bulu mata dengan lasches curler. Hal ini justru akan menyebabkan mata Anda menjadi berantakan karena eyeliner yang Anda gunakan belum kering sempurna.

Oleh karena itu Anda harus melentikkan bulu mata terlebih dahulu, barulah Anda dapat menggunakan eyeliner.

Tidak menggunakan eyeliner berwarna nude atau putih

Kesalahan Anda dalam menggunakan eyeliner yang terakhir yaitu Anda memilih warna hitam untuk mengaplikasikannya pada seluruh mata bagian atas dan bawah.

BACA JUGA: Begini cara membersihkan kuas make up tanpa pake ribet

Seharusnya jika Anda ingin menggunakan eyeliner untuk mata bagian bawah, Anda sangat disarankan menggunakan pensil eyeliner yang berwarna nude atau putih. Karena dengan menggunakan kedua waran tersebut, akan membuat mata Anda jauh lebih segar dan besar.

Nah itulah beberapa kesalahan memakai eyeliner yang harus Anda hindari agar mendapatkan hasil baik dan maksimal. Selamat mencoba!