Apakah Anda pernah mengalami mimisan? Mungkin hampir setiap orang pernah mengalami mimisan setidaknya sekali seumur hidupnya. Saat Anda mimisan atau orang lain di sekitar Anda mimisan, mungkin Anda menyangka penyebab mimisan ialah karena kepanasan.

Mimisan sebenarnya bisa terjadi apabila ada salah satu pembuluh dara di lapisan dalam hidung pecah. Kejadian in pun bisa dialami oleh siapa saja, dan biasanya bukanlah masalah yang begitu serius.

Dengan penanganan yang tepat mimisan dapat dihentikan dan tidak berkepanjangan. Walau bukan termasuk dalam masalah kesehatan yang serius, kita harus mengetahui apa saja penyebab mimisan.

Tujuannya, untuk menghindari atau setidaknya mengurangi kejadian mimisan pada diri kita sendiri. Umumnya mimisan terjadi pada orang yang kelelahan.

Namun ada juga penyebab mimisan lain. Seperti kebiasaan mengupil yang terlalu sering, atau juga masalah internal tubuh yang berkaitan dengan kesehatan. Berikut ini beberapa penyebab mimisan yang harus Anda ketahui untuk mencegah mimisan pada diri kita:

Penyebab mimisan tiba-tiba

Bersin yang berulang

Salah satu penyebab mimisan yang sebenarnya umum terjadi namun jarang diketahui ialah bersin yang keras dan berulang. Bersin merupakan salah satu reaksi tubuh dapat menanggapi iritasi dalam hidung maupun tenggorokan.

Iritasi yang terjadi dalam hidung ini bisa menyebabkan pembuluh darah hidung pecah atau berdarah, sehingga ketika kita bersin dengan keras dan terus menerus, akan mengeluarkan darah dari hidung.

Mengupil

Kebiasaan ini mungkin pernah dilakukan oleh siapa saja. Wajar bagi kita apabila kita mengupil karena merasakan sesuatu yang mengganjal di dalam hidung.

Namun, yang berbahaya, ketika mengupil menjadi sebuah kebiasaan yang terlalu sering dilakukan sehingga melukai bagian dalam hidung dan berujung ke mimisan.

Benda asing di dalam hidung

Hampir sama dengan mengupil, penyebab mimisan yang satu ini disebabkan oleh adanya benda asing yang berada dan tersangkut di dalam hidung.

Penyebab mimisan ini paling sering dialami oleh anak kecil yang gemar memasukkan sesuatu ke dalam lubang hidungnya. Untuk mengatasi mimisan karena benda asing ini, kita harus mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam hidung terlebih dahulu.

Iritasi kimia

Iritasi kimia bisa menjadi penyebab mimisan, seperti penggunaan produk kesehatan yang mengandung bahan kimia tertentu, obat nasal yang tidak cocok, atau bahan kimia lain yang dapat melukai pembuluh darah pada hidung.

Reaksi alergi

Mimisan juga bisa menjadi pertanda reaksi alergi yang diberikan tubuh. Reaksi alergi ialah saat di mana sistem imun dalam tubuh tidak bisa melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Selain menunjukkan reaksi berupa mimisan, tubuh juga bisa menunjukkan rekasi alergi ini dengan gatal atau bintik merah pada kulit.

Reaksi alergi yang dapat menyebabkan mimisan, biasanya berkaitan dengan bau, sehingga hidung tidak dapat menerima bau tersebut dan menyebabkan pembuluh darah hidung bereaksi.

Kondisi udara yang dingin

Hampir mirip dengan kasus penyebab mimisan karena reaksi alergi. Kondisi udara yang dingin juga dapat menyebabkan mimisan.

Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh tidak mampu beradaptasi dengan suhu di sekitar tubuh, sehingga membuat pembuluh darah bereaksi dengan mengeluarkan darah melalui hidung.

Infeksi saluran pernafasan

Penyebab mimisan yang satu ini biasa terjadi apabila organ pernapasan bagian atas mengalami infeksi. Misalnya saja bagian dalam hidung yang terinfeksi bakteri atau virus, sehingga membuat pembuluh darah dalam hidung terluka dan berdarah.

Cedera hidung

Ketika hidung terbentur sesuatu yang keras, dan pembuluh darah dalam hidung terluka, maka sangat wajar apabila terjadi mimisan. Untuk mengatasi mimisan karena cedera hidung ini, bisa dilakukan dengan menyumbat lubang hidung supaya darah tidak terus mengalir.

Untuk kasus penyebab mimisan ini tidak bisa dihindarkan karena, kecelakaan yang mengakibatkan cedera hidung tidak dapat diprediksi kapan akan datang.

Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi apabila kondisi kesehatan jantung bermasalah atau terjadi masalah pada pembuluh darah dan mempengaruhi saluran peredaran darah di dalam tubuh.

Karena mimisan juga disebabkan oleh masalah pembuluh darah, tekanan darah yang tinggi tentu akan mempengaruhi aliran darah di dalam hidung dan membuat kita mimisan.

Gangguan pendarahan

Masih berkaitan dengan aliran dalam tubuh, yang mana aliran tersebut mengalami masalah maupun gangguan, maka akan menyebabkan banyak hal terjadi pada tubuh, salah satunya ialah mimisan.

Penyebab mimisan yang satu ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan, dan harus segera ditangani dengan baik.

BACA JUGA: Penyebab perut kembung dan mengeras

Nah itulah beberapa penyebab Anda mengalami mimisan yang mungkin Anda tak tahu. Namun ingat, jika darah terus mengalir lebih dari 20 menit dan tindakan yang telah Anda lakukan belum memberikan hasil, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk diberikan penanganan medis lebih lanjut.

Selain itu, apabila Anda kesulitan untuk bernapas, kehilangan banyak darah akibat mimisan, menelan banyak darah hingga muntah, dan mimisan terjadi akibat kecelakaan serius, sebaiknya Anda juga berobat ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here