Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah telah melampaui kadar normal sehingga nantinya akan menyebabkan pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Tentu Anda tak mau bukan mengalami hal tersebut? Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda melakukan berbagai cara menurunkan kolesterol.

Masalah kolesterol yang tinggi juga dapat menjadi salah satu pemicu terkenanya penyakit jantung, dan biasanya terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut. Namun hal tersebut ternyata justru salah, karena pada dasarnya seseorang yang masih berusia muda pun bisa saja memiliki kolesterol yang tinggi dan rawan akan berbagai penyakit.

Sangat menyeramkan bukan? Agar kolesterol tinggi yang sangat berakibat fatal bagi kesehatan tersebut tak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda segera menanganinya dengan melakukan beberapa cara menurunkan kolesterol di bawah ini.

Cara menurunkan kolesterol yang tinggi

Menghindari asap rokok

Tak sedikit orang yang mengira jika kolesterol yang tinggi hanya disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang tinggi akan lemak saja. Padahal, dalam realitanya ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kolesterol yang menjadi meningkat tersebut. Salah satu contoh, yakni asap rokok yang sering diisap oleh para laki-laki pada saat waktu senggang.

Pasalnya, para laki-laki yang memang sudah kecanduan dalam menghirup asap rokok. Diantara mereka mengaku jika sehari saja tak menghisap rokok, di dalam mulutnya akan terjadi sensasi yang asam atau sulit untuk berkonsentrasi dalam hal apapun. Padahal, kandungan beracun yang ada pada rokok justru akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah, dan membuat plak semakin menumpuk, sekaligus akan meningkatkan risiko terkena aterosklerosis.

Harus Anda ketahui juga, jika tak hanya perokok aktif saja yang sangat rentan memiliki kolesterol tinggi, namun juga akan mengancam perokok pasif karena lingkungannya telah terkontaminasi oleh asap dari si perokok.

Mengontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol berikutnya yakni dengan menjaga agar berat badan Anda tetap terkontrol dan ideal. Karena seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu pemicu meningkatnya kadar kolesetrol pada tubuh. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk melakukan diet sehat agar bert badan Anda menjadi berkurang, demi kolesterol yang juga akan menurun.

Olahraga dengan rutin

Selain menjaga berat badan tetap ideal, Anda juga harus rutin dalam melakukan olahraga, ya. Karena tak hanya bermanfaat untuk tubuh yang akan menjadi lebih bugar, olahraga juga bisa membuat kolesterol Anda menjadi turun.

Memperbanyak makan sayuran dan juga buah

Agar kolesterol dalam darah menurun, Anda juga harus memperbanyak mengonsumsi sayur dan juga buah. Karena kandungan serat yang terdapat pada sayur dan juga buah dipercayai bisa membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Setiap harinya usahakan untuk Anda mengonsumsi sayur dan buah sekitar kurang lebih 500 gram.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kansungan omega-3

Cara menurunkan kolesterol tinggi lainnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 di dalamnya. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut sangat bisa membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya yaitu ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Memilih makanan yang rendah lemak

Jika Anda mengalami masalah kolesterol yang tinggi, pilihlah makanan yang kadar lemak di dalamnya sangat rendah. Anda pun bisa mengonsumsi seperti ikan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari makanan yang tinggi akan lemak seperti goreng-gorengan, ya.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, yakni alpukat, ubi jalar, brokoli, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Jika Anda seseorang yang tak mau ribet, Anda pun bisa mengganti makanan-makanan tadi dengan mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang di dalamnya mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan sangat mampu dalam menurunkan kadar kolesetrol jahat dan kolesterol secara total di dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol total dan juga trigliserida dalam darah.

BACA JUGA: 7 Makanan rendah kolesterol yang sehat dan nikmat

Akan lebih baik lagi apabila produk minuman yang Anda minum tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang akan membantu Anda dalam membakar kolesterol dalam tubuh menjadi sebuah energi.

Itu dia beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan mulai saat ini, namun tentu saja dengan tak menghentikan pengobatan Anda kepada dokter, ya! Dan jangan lupa pula agar selalu rutin memeriksakan kadar kolesetrol Anda agar selalu terkontrol dengan baik.