Kini bukan hanya orang tua saja yang bisa terserang kolseterol tinggi. Namun, anak muda di usia produktif pun sangat memungkinkan. Tingginya kolesterol di usia muda dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu Anda harus mengontrol pola makanan rendah kolesterol.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak memakan makanan yang tinggi lemak, jarang olahraga, hingga memiliki kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor kuat penyebab tingginya kolesterol di usia muda. Padahal, jika terus dibiarkan hal ini sangat akan berbahaya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Biasanya untuk dapat mengatasi kolesterol tinggi, dokter menyarankan Anda untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan rendah lemak trans. Selain itu juga, Anda akan diminta untuk menghindari semua jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan diganti dengan makanan rendah kolesterol. Tak hanya itu, Anda juga akan dianjurkan untuk menghindari penggunaan minyak, gula, dan garam berlebih.

Ini karena selain kolesterol, asupan minyak, gula, dan garam yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan dampak kesehatan lain. Misalnya obesitas, penyakit jantung, diabetes, ginjal, darah tinggi, dan serangkaian penyakit berbahaya lainnya.

Memotong konsumsi makanan yang tinggi kadar kolesterol bisa membuat risiko terkena penyakit menurun. Anda belum tahu makanan apa saja yang rendah kolesterol? Inilah beberapa makanan rendah kolesterol yang dapat Anda konsumsi mulai saat ini.

Makanan rendah kolesterol

Popcorn

Makanan rendah kolesterol yang pertama yakni camilan khas saat nonton film seperti popcorn dapat menjadi pilihan camilan rendah kolesterol. Menurut American Heart Association, popcorn berasal dari biji jagung utuh yang mengandung serat tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Popcorn dapat menjadi camilan sehat dan tepat jika diolah dengan cara yang benar. Alih-alih memakai mentega, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dan sedikit keju parmesan untuk membuat popcorn lebih lezat namun tetap sehat untuk Anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang tepat kalau Anda ingin menurunkan kolesterol. Jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung HDL atau kolesterol baik adalah kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan HDL. Akan tetapi ingat, kacang juga mengandung kalori yang tinggi.

Maka itu, cukup konsumsi setidaknya 30 gram kacang, atau setara dengan 24 kacang almond atau 14 kacang kenari, untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap stabil.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk mengendalikan kadar kolesterol, sayur-sayuran merupakan makanan rendah kolesterol yang mengandung rendah lemak, natrium, dan kalori. Artinya, dengan memperbanyak makan sayur dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung.

Jadi, Anda tidak perlu beralih ke diet vegetarian hanya untuk menurunkan kolesterol Anda. Cukup pastikan Anda mengonsumsi sayuran dalam berbagai warna supaya mendapatkan beragam vitamin dan mineral.

Keripik kentang

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, Anda memang dianjurkan untuk membatasi keripik kentang atau berbagai gorengan lainnya yang mengandung garam dan kolesterol tinggi. Namun, bukan berarti Anda lantas tak bisa makan keripik kentang selama-lamanya, lho!

Ya, Anda bisa membuat sendiri keripik kentang yang sehat dan aman untuk kolesterol Anda. Pada dasarnya, kentang mengandung rendah kalori dan tinggi serat, kalium, serta mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Maka itu, buatlah keripik kentang versi Anda sendiri dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun.

Oatmeal

Jangan hanya menganggap patmeal sebagai sarapan saja, Anda juga bisa menyajikan oatmeal sebagai menu camilan yang sehat lho!

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol dan memindahkannya ke sistem pencernaan tanpa diserap oleh tubuh. Selain itu, serat dapat memicu produksi asam empedu yang dapat membantu menurunkan kolesterol baik (LDL). Maka itu, oatmeal bisa menjadi salah satu camilan rendah kolesterol yang patut Anda coba.

Buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga dapat menjadi “obat” penurun kolesterol Anda. Misalnya saja, buah apel, stroberi, anggur, dan buah jeruk mengandung pektin, sejenis serat yang dapat menurunkan kadar LDL.

Tidak hanya itu, buah-buahan juga mengandung kalium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Alhasil, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

BACA JUGA: Makanan pencegah kanker serviks bagi wanita

Roti gandum

Makanan rendah kolesterol yang terakhir yakni roti gandum. Kristi King, RDN, MPH, ahli gizi asal Houston mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa roti gandum utuh sangat baik untuk camilan penurun kolesterol. Ini karena gandum utuh mengandung sejumlah serat dan protein yang bermanfaat untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

Setiap satu iris roti gandum mengandung dua gram protein dan dua gram serat yang baik untuk pencernaan. Anda juga bisa menambahkan roti gandum dengan sedikit keju cheddar yang bermanfaat sebagai probiotik untuk kesehatan usus.

Nah itulah beberapa jenis makanan rendah kolesterol yang bisa dikonsumsi mulai saat ini, semoga bisa bermanfaat untuk banyak orang, termasuk Anda. Selamat mencoba!