Penyakit kanker memang jadi momok setiap orang. Wajar saja, dari beratus tahun sejak dikenalnya dunia medis, kanker seolah jadi penyakit yang tidak ada satu obat untuk menyembuhkan layaknya penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itu kita harus mencegahnya dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan angka kematian terbesar di dunia dan bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, terdapat beberapa jenis kanker yang berisiko lebih tinggi dialami oleh perempuan, yakni kanker payudara dan serviks.

Kedua jenis kanker ini merupakan salah satu pembunuh utama bagi perempuan di seluruh dunia. Di banyak negara, termasuk Indonesia, kanker serviks dan kanker payudara menempati peringkat teratas penyebab kematian pada wanita.

Namun pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak ilmu pengetahuan ada untuk membawa manusia dari jaman kegelapan menuju jaman terang benderang. Buktinya dengan ilmu pengetahuan umat manusia mampu eksis sampai sekarang dengan menciptakan penemuan-penemuan luar biasa agar dapat menyesuaikan diri dengan alam yang terus berubah.

Salah satu yang terpenting adalah pengetahuan akan manfaat makanan, diantaranya adalah makanan pencegah kanker serviks.

Berikut ini beberapa makanan pencegah kanker serviks yang Anda harus ketahui untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker serivks.

Makanan pencegah kanker serviks

Bawang putih

Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang jarang mengonsumsi bawang putih cenderung berpotensi terhadap berbagai jenis kanker, terutama di organ pencernaan seperti kerongkongan, perut, dan usus besar.

Namun, para ahli belum mengetahui secara pasti, berapa banyak bawang putih yang perlu dikonsumsi guna sebagai makanan pencegah kanker serviks.

Kacang polong

Buah dan sayuran tertentu dan makanan nabati lainnya mendapat pengakuan karena menjadi sumber antioksidan yang baik, namun kacang sering kali dilupakan. Beberapa kacang, terutama kacang merah dan pinto, adalah sumber antioksidan yang luar biasa dan harus disertakan dalam diet anti-kanker Anda.

Anggur

Kulit anggur merah memiliki kandungan antioksidan terkenal yang disebut resveratrol. Jus anggur dan anggur merah juga mengandung antioksidan ini.

Menurut National Cancer Institute, resveratrol mungkin berguna mencegah kanker dari awal dan penyebarannya. Studi laboratorium menemukan bahwa hal itu membatasi pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, termasuk kanker serviks. Pada pria, konsumsi anggur merah dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan selada merupakan sumber antioksidan yang baik, mengandung betakaroten dan lutein. Anda juga akan menemukan nutrisi ini dalam sayuran yang lebih tradisional, seperti sawi, dan kangkung.

American Institute for Cancer Research merilis, beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa bahan kimia dalam makanan ini dapat membatasi pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Biji-bijian

Menurut American Institute for Cancer Research, biji-bijian mengandung banyak komponen yang bisa menurunkan risiko kanker, termasuk serat dan antioksidan.

Sebuah studi besar yang melibatkan hampir setengah juta orang, menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak biji-bijian dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

Ceri

Ceri mengandung alkohol perillyl (POH), yang ternyata efektif dalam menghancurkan berbagai sel kanker secara in vitro dan in vivo. Saat membeli ceri, lebih baik memilih buah yang tumbuh secara organik bila memungkinkan, karena ceri yang tumbuh secara konvensional sering mengandung pestisida tingkat tinggi dan senyawa kimia lainnya oleh karena itu ceri merupakan salah satu makanan pencegah kanker serviks.

Lobak

Lobak bisa dijadikan sebagai makanan pencegah kanker serviks karena mengandung glucosinolates dan phytochemicals. Beberapa peneliti menemukan, glucosinolates dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Brokoli

Brokoli salah satu makanan terbaik yang dapat Anda makan jika mencari makanan pencegah kanker serviks. Manfaat brokoli yang luar biasa ini lantaran kandungan senyawa luar biasa yang telah terbukti dapat menghilangkan racun karsinogenik, mencegah mutasi DNA, menginduksi apoptosis sel kanker, mencegah perkembangan tumor jinak ke tumor ganas, dan membantu mencegah penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya.

BACA JUGA: Makanan yang baik untuk asam lambung naik

Kunyit

Kunyit, bumbu yang berwarna kuning, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati berbagai kondisi penyakit. Dalam beberapa tahun terakhir, pengobatan barat mulai memberi perhatian pada tanaman yang luar biasa ini.

Peneliti telah mengidentifikasi sejumlah sifat antikanker dalam kunyit yang dapat membuatnya efektif melawan berbagai jenis kanker dan menjadikannya sebagai salah satu makanan pencegah kanker serviks.

Nah itulah beberapa jenis makanan pencegah kanker serviksyang sangat direkomendasikan bagi Anda pembaca kami yang setia. Semoga bisa menambah wawasan kita semua tentang manfaat beberapa makanan pada kesehatan.