Memilih makanan yang baik untuk asam lambung akut terkadang cukup membingungkan. Pasalnya, jika salah memilih makanan, produksi asam lambung dapat meningkat dan memperparah keluhan akibat penyakit asam lambung yang diderita.

Salah memilih makanan yang baik untuk asam lambung termasuk buah-buahan, dapat membuat asam lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan dan buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat. Penyakit yang menimpa organ lambung ini dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Untuk meringankan dan mencegah munculnya gejala, penderita penyakit asam lambung harus menerapkan pola makan yang baik, termasuk dengan memilih makanan yang dikonsumsi dengan bijak, guna mencegah naiknya asam lambung.

Oleh karena itu sangat penting bagi penderita asam lambung untuk bijak dalam memilih makanan yang baik untuk asam lambung agar proses pencernaan juga lancar. Gejala asam lambung bisa bervariasi, lho.

Nah, sejumlah makanan dan minuman yang tinggi lemak dan mengandung asam dapat meningkatkan asam lambung, lho. Selain itu, makanan seperti cokelat, keju, alpukat, dan cabai (makanan pedas) juga bisa meningkatkan asam lambung. Minuman seperti alkohol, soda, minuman berkafein, serta susu tinggi lemak juga dapat memicu penyakit asam lambung.

Banyak sekali ya pantangan yang harus diikuti, agar dapat terhindar dari asam lambung tanpa kekurangan nutrisi, berikut diantaranya makanan yang baik untuk asam lambung yang sedang naik.

Makanan yang baik untuk asam lambung naik

Yogurt

Selain enak dan menyegarkan, yogurt juga bisa menjadi pilihan Anda yang memiliki masalah asam lambung. Sebuah penelitian American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan dengan menambahkan seporsi yogurt yang mengandung probiotik dapat meredakan asam lambung, lho. Bakteri baik yang terdapat dalam yogurt juga dipercaya ampuh untuk meredakan penyebaran bakteri H. pylori di dalam lambung.

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini, sejak zaman dahulu memiliki kandungan anti peradangan dan antibakteri yang bagus untuk membasmi bakteri H. pylori penyebab asam lambung.

Memakan 1-2 siung bawang putih secara mentah dipercaya sebagai obat alami yang ampuh meredakan asam lambung, lho. Selain baik untuk lambung, penyedap rasa alami ini juga dipercaya mampu menahan laju pertumbuhan sel kanker.

Brokoli

Sayuran ini mengandung senyawa sulphoraphane yang ampuh untuk “membasmi” bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) penyebab asam lambung, lho. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumi cabang brokoli muda, karena terbukti memiliki kandungan sulphoraphane hingga 50 kali lebih banyak dari brokoli yang sudah tua.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti peradangan alami, dan ini adalah pengobat alami untuk rasa panas dalam perut dan masalah gastrointestinal lainnya. Anda bisa menambahkan jahe parut atau irisan ke resep atau minuman teh jahe untuk mengurangi gejala asam lambung.

Oatmeal

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal adalah sarapan favorit setiap orang karena mengandung gandum utuh sebagai sumber serat yang sangat baik.

Oatmeal bisa menyerap asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung. Anda bisa memilih pilihan serat lainnya seperti roti whole grain dan nasi gandum utuh.

Buah noncitrus

Kalau yang ini jelas ya, buah-buahan mengandung asam seperti jeruk, apel, buah beri, persik, dan pepaya dapat meningkatkan asam lambung. Makanya, sebaiknya Anda menggantinya dengan buah noncitrus seperti melon, pisang, apel, dan pir yang kaya antioksidan dan aman untuk lambung

Rempah alami

Indonesia sempat dijajah karena memiliki harta yang sangat berharga pada saat itu, yaitu rempah-rempah. Nah, selain sebagai penambah rasa, beberapa rempah alami seperti Licorice (akar manis), Fedel (adas), dan bunga lawang juga bagus untuk meredakan asam lambung, lho.

BACA JUGA: Makanan sehat untuk jantung bocor

Akar manis dikenal memiliki senyawa glycyrrhizic untuk meredakan nyeri pada lambung. Selain itu, senyawa ini juga dikenal dengan kandungan anti-radang, anti-diabetik, anti-oksidan, anti-tumor, dan anti-bakteri. Wow, jarang dikenal namun banyak manfaat, ya!

Nah itulah beberapa makanan yang baik untuk asam lambung Anda. Namun ingat, hanya diri Anda sendiri yang bisa mengatur asupan makanan Anda. Jadi, semuanya tergantung pada diri Anda sendiri. Semoga bermanfaat!