Melupakan masa lalu bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi jika kita mempunyai masa lalu yang sangat buruk hingga membuat kita menjadi takut untuk melangkah ke masa depan.

Namun perlu kita ingat, tentu hidup tak selamanya harus mengingat masa lalu bukan? Yuk, kita bangkit dengan melakukan beberapa cara melupakan masa lalu yang buruk tersebut.

Dalam kehidupan masa lalu memang tak selamanya berakhir dengan indah, tentu masa lalu pun akan memberikan kenangan yang buruk atau bahkan meninggalkan trauma yang sangat mendalam bagi yang melaluinya.

Masa lalu yang buruk akan memberikan dampak buruk terhadap pikiran, dan bisa saja mengakibatkan stres yang berkepanjangan.

Meski melupakan masa lalu tidaklah mudah, namun tak ada salahnya jika kamu mencoba beberapa cara melupakan masa lalu yang buruk berikut ini deh.

Cara melupakan masa lalu yang buruk

Selalu berfikir positif

Cara melupakan masa lalu yang buruk pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan selalu berfikir positif dalam hal apa saja.

Karena dengan berfikir positif dapat membantu kamu dalam melupakan semua masa lalu buruk yang pernah kamu alami.

Agar tak berdampak buruk padamu, kamu harus bisa melawannya dengan berfikir positif dan selalu yakin jika semua hal buruk akan menemui sisi positifnya.

Dengan demikian, kamu pun akan mendapatkan sebuah pelajaran yang bisa menjadi motivasi kamu agar tak jatuh di dalam lubang yang sama.

Selalu bersyukur dan mengikhlaskan segala hal yang pernah terjadi

Rasa ikhlas juga merupakan hal yang sangat perlu kamu lakukan agar bisa melupakan masa lalumu. Karena dengan mengikhlaskan segala hal buruk yang terjadi di masa lalu, kamu bisa memaafkan diri sendiri dan menerima jika hal tersebut memang sudah menjadi bagian dari masa lalu yang tak seharusnya kamu ingat lagi.

Menyesalinya pun tak disalahkan, namun kamu jangan terus-menerus hidup dalam sebuah penyesalan tersebut. Karena hal itu tak akan pernah bisa mengubah segalanya.

Dan jangan lupa pula untuk selalu bersyukur terhadap kondisimu saat ini karena mungkin di luar sana bisa saja ada yang keadannya jauh lebih buruk darimu.

Selalu percaya jika masa depan yang indah sedang menantimu

Yakinkan dalam hidupmu jika masa depan yang jauh lebih indah sedang menanti di kehidupan barumu selanjutnya. Jika kamu masih terus menerus terjebak di dalam masa lalu yang selalu kamu anggap buruk terus menerus, bagaimana kamu bisa menjalani hidup selanjutnya.

Jadi, selalu yakinlah jika kamu bisa bangkit dan akan memulai kehidupan baru yang jauh lebih indah.

Curahkan semua masalah yang masih mengganjal di pikiran dan hatimu

Cara melupakan masa lalu yang buruk selanjutnya yaitu dengan mencurahkan segala hal yang masih mengganjal dalam pikiran dan juga hatimu. Dengan melakukan hal tersebut, tentu jiwa dan juga pikiranmu akan merasa tenang.

Namun ingat, ceritakan semua masalahmu itu hanya kepada orang-orang terdekatmu yang sudah kamu percaya, ya. Jika tidak, ceritakan semua masalahmu itu dalam berdoa kepadaNya.

Melakukan kegiatan-kegiatan positif

Cara ampuh melupakan masa lalumu kali ini kamu dianjurkan melakukan berbagai kegiatan yang positif. Jika kamu orang yang mudah teringat dengan kejadin atau momen masa lalu, cara ini sangatlah baik untuk kamu lakukan.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengalihkan semua beban yang ada dalam fikiranmu.

BACA JUGA: Tips dan cara hidup bahagia yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang

Nah untruk kamu yang pernah mengalami masa lalu yang sangat buruk hingga membuat kamu menjadi trauma dan takut untuk melangkah ke masa depan, semoga dengan cara-cara diatas dan memotivasi kamu, ok!