Saat datang bulan, sebagian perempuan mungkin akan merasakan berbagai rasa tidak nyaman, mulai dari suasana hati yang naik turun hingga kram perut yang mengganggu. Rasa tidak nyaman tersebut seringkali diperburuk dengan kecemasan akibat mitos menstruasi yang justru belum terbukti kebenarannya.

Secara turun temurun, kita kerap disuguhkan dengan beragam pantangan yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi. Padahal, mitos menstruasi biasanya hanya didasarkan pada kepercayaan yang beredar di masyarakat, tanpa ada pembuktian secara ilmiahnya.

Nah, sampai saat ini juga masih banyak sekali mitos menstruasi yang masih banyak diyakini oleh banyak perempuan Indonesia yang menyebabkan khawatir. Berikut ini beberapa mitosnya:

Mitos- mitos menstruasi

Tidak boleh mencuci rambut

Mitos menstruasi yang beredar mengatakan jika mencuci rambut saat menstruasi tidak baik untuk dilakukan. Hal ini tidak terbukti. Tidak keramas justru malah dapat mengganggu kenyamanan dan kebersihan diri.

Mandi dan mencuci rambut justru akan membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman selama Anda menstruasi lho.

Tidak boleh olahraga

Saat menstruasi tubuh memang akan cenderung mudah lelah, tapi hal ini bukan alasan untuk membuat Anda tidak berolahraga.

Faktanya, melakukan olahraga saat menstruasi justru dapat membuat suasana hati (mood) menjadi lebih baik dan mencegah Anda mengalami kram perut. Beberapa olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi yakni jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

Tidak boleh berenang

Mitos menstruasi lain yang mungkin tidak asing adalah tidak boleh berenang, karena darah menstruasi akan mengotori kolam renang.

Faktanya, Anda tetap bisa berenang saat menstruasi tanpa mengotori kolam renang. Kalau khawatir, Anda bisa menggunakan tampon terlebih dahulu sebelum berenang, sehingga Anda bisa lebih tenang berenang tanpa mengotori kolam renang.

Berhubungan seksual saat menstruasi tidak menyebabkan hamil

Sebagian perempuan menganggap berhubungan seksual saat menstruasi tidak bisa menyebabkan hamil.

Faktanya, berhubungan seksual saat menstruasi juga bisa menyebabkan hamil. Hal ini terjadi karena sperma dapat bertahan hidup selama beberapa hari dalam tubuh wanita, sehingga ketika menstruasi berakhir, sperma dapat segera bergerak menuju sel telur.

Menstruasi selalu datang tepat waktu

Mungkin Anda sering dengar kalau menstruasi harus selalu datang tepat waktu setiap bulan. Hal inilah yang mungkin akan membuat seorang perempuan khawatir jika menstruasinya datang terlambat atau terlalu cepat.

Faktanya, menstruasi mungkin saja tidak selalu datang tepat waktu setiap bulan, sebab siklus menstruasi memang bisa bervariasi antara 21-35 hari. Cepat atau lambatnya siklus haid bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan berat badan, emosi, atau obat yang dikonsumsi.

Menstruasi merupakan saatnya untuk membuang ‘darah kotor’

Darah menstruasi sering kali disebut sebagai ”darah kotor”. Hal inilah yang kemudian membuat menstruasi dianggap sebagai salah satu cara tubuh membuang racun dari dalam tubuh.

Faktanya, darah yang keluar saat menstruasi bukanlah ‘darah kotor’, melainkan campuran dari darah, jaringan rahim, lendir, dan sedikit bakteri.

Minum dingin menunda datangnya menstruasi

Banyak orang percaya jika mengonsumsi minuman dingin saat menstruasi akan menunda datangnya si tamu bulanan, karena darah haid akan membeku “kedinginan” dan dinding rahim mengeras. Faktanya, minuman dingin tidak berpengaruh apapun pada kelancaran atau terhambatnya menstruasi seseorang.

Pasalnya menstruasi berhubungan langsung dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minum dan makan berhubungan dengan sistem pencernaan. Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minuman yang Anda konsumsi dengan adanya gangguan pada haid karena sistem pencernaan dan sistem reproduksi terpisah dan tidak ada hubungannya satu sama lain.

Perlu diketahui jika pada dasarnya ada tiga penyebab yang membuat menstruasi seseorang tidak lancar. Pertama, masalah pada dinding rahim. Kedua, masalah hormonal dari indung telur sehingga tidak haid. Sedangkan yang terakhir, masalah dari hormonal otak seperti stres, olahraga yang berlebihan dan lain sebaginya. Jadi, air dingin bukan menjadi penyebab siklus menstruasi terhambat.

Minum soda mempercepat menstruasi

Mitos menstruasi yang satu ini pada dasarnya sama dengan soal larangan minum air dingin saat menstruasi. Jadi, mitos soal minum soda bisa memperlancar menstruasi sampai saat ini tidak bisa dibuktikan kebenaran secara ilmiah.

Hal ini disebabkan makanan dan minuman yang Anda konsumsi tidak mempengaruhi jalannya menstruasi menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Karena pada dasarnya makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang akan berjalan masuk ke lambung dan usus. Sedangkan menstruasi sendiri itu terjadi di rahim atau saluran reproduksi. Jadi, tidak ada hubungannya antara lambung dengan saluran reproduksi.

BACA JUGA: Manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut masih kosong

Nah, mulai sekarang, jangan langsung percaya saat kamu mendengar mitos tentang menstruasi. Jika mendengar informasi tentang menstruasi yang masih diragukan faktanya, kamu bisa memastikan dulu hal tersebut ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here