Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani tubuh dan jiwa yang lelah setelah melakukan berbagai macam aktivitas seharian sehingga menjadikan tubuh menjadi kelelahan. Nah, salah satu yang bisa mengatasinya yaitu melakukan body spa. Lantas, apakah Anda tahu manfaat body spa apa saja?

Body spa merupakan sebuah perawatan yang dilakukan untuk kesehatan kulit dan alternatif relaksasi tubuh. Perawatan dengan melakukan body spa ini dikerjakan dengan teknik memijat eksfoliasi kulit menggunakan produk kecantikan untuk kulit.

Jika Anda belum mengetahui apa saja manfaat dari body spa, ini dia beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan untuk kecantikan kulit dan kesehatan mental.

Manfaat body spa untuk kesehatan dan kecantikan

Relaksasi

Tak sedikit orang memilih body spa untuk kebutuhan relaksasi agar bisa menghilangkan stres, kepenatan, dan kelelahan. Dengan teknik pijat yang halus, lembut, akan tetapi dengan tekanan kuat di area bahu, leher, kaki, dan punggung dengan alami akan melepaskan ketegangan dan kelelahan tubuh.

Anda pun bisa meminta pijatan menggunakan lulur khusus beraroma terapi guna membuat Anda menjadi lebih rileks, tenang, dan nyaman sembari melepaskan otot-otot, sendi, dan tubuh yang kaku. Ini juga akan menghasilkan khasiat dalam melepaskan diri Anda dari tekanan dan menjadikan pikiran menjadi lebih jernih.

Merelaksasi pikiran dan tubuh

Jika Anda mempunyai aktivitas yang berat pada setiap harinya, Sangatlah dianjurkan bagi Anda meluangkan waktu untuk melakukan body spa pada akhir pekan agar membantu merelaksasi pikiran dan tubuh Anda.

Manfaat body spa yaitu untuk perawatan kulit sekaligus perawatan tubuh dan juga pikiran. Secara langsung, body spa akan menjadikan Anda merasa tenang, nyaman, ringan, dan pikiran jernih.

Jika Anda mempunyai gejala stres dan depresi, sebaiknya Anda segera mencoba body spa agar dapat mengatasi kesehatan mental yang terjadi pada Anda.

Merawat kecantikan kulit

Body spa dilakukan dengan melakukan pijatan menggunakan lulur kulit atau scrub khusus yang pada umumnya mengandung beragam vitamin yang sangat baik bagi kulit, salah satunya vitamin D, C, E, dan K.

Manfaat spa juga bisa Anda dapatkan untuk membersihkan, mencerahkan, melembapkan, dan menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

Pijatan yang lembut pada suhu yang hangat tertentu akan membuat pori-pori kulit mengeluarkan racun, bakteri, kulit mati, atau sebum yang terperangkap.

Teknik eksfoliasi ini pun mampu membersihkan semua kotoran dan racun di kulit dengan perawatan lanjut yang akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan pada kulit.

Mampu mengatasi lemak tubuh

Meski manfaat body spa yang satu ini belum ada penelitian secara ilmiah mengenai perawatan spa yang mampu menurunkan berat badan, akan tetapi beberapa teori mengenai ini terdapat dari beberapa orang yang melakukan perawatan ini dengan teratur.

Perawatan spa menggunakan uap panas untuk membuka pori-pori akan membantu tubuh Anda dalam membakar kalori dengan tak langsung. Lantas, spa dengan menggunakan cara deep tissue massage atau pijatan dengan tekanan kuat di beberapa titik dipercayai mampu memecahkan lemak.

Kendati demikian, cara mengatasi timbunan lemak yang paling efektif yaitu dengan mengatur pola makan, ruting mengonsumsi sayuran dan buah, mengurangi asupan kalori, dan rajin berolahraga.

Mengatasi nyeri dan pegal

Aktivitasi yang sangat sibuk di setiap harinya akan menjadikan tubuh Anda menjadi pegal dan nyeri, terutama pada bagian punggung dan kaki, sehingga rasa nyeri kronis di seluruh tubuh.

Teknik pijatan lembut dengan tekanan agak kuat dikombinasikan pula dengan sauna uap herbal akan melepaskan ketegangan dan kekakuan di seluruh tubuh.

Mengatasi gangguan tidur

Manfaat body spa selanjutnya yaitu dapat membantu Anda mengatasi gangguan tidur. Pijatan dan perawatan menggunakan uap air hangat akan membantu Anda agar bisa melancarkan aliran darah, menjaga detak jantung, dan melegakan perasaan Anda sehingga secara langsung berkontribusi untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah melakukan body spa, tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan sehingga akan menjadikan tidur yang lebih nyenyak dan istirahat yang cukup. Karena dengan tidur yang cukup sangatlah berguna dalam pemeliharaan kesehatan dan mencegah tubuh kelelahan.

Mengatasi sakit kepala

Salah satu pemicu sakit kepala yakni karena adanya pengaruh stres yang berlebihan. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan body spa yang termasuk dalam paket pijatan kepala, tangan, sauna air hangat, atau perawatan lain dengan aromaterapi herbal.

BACA JUGA: Cara menghilangkan komedo membandel secara cepat dan alami

Manfaat body spa ini akan membantu Anda meredakan otot-otot yang tegang pada kepala, dan tekanan yang terjadi pada tubuh bagian lainnya yang akan menimbulkan sakit kepala.

Meskipun belum ada penelitian secara ilmiah, beberapa orang yang rutin melakukan spa mempercayai jika hal tersebut memang mampu mengatasi sakit kepala dan membuat Anda menjadi lebih rileks.

Demikian beragam manfaat body spa yang tak hanya berguna bagi kesehatan kulit, akan tetapi baik pula untuk kesehatan mental dan tubuh Anda.