Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang cukup digemari oleh sebagian orang. Tak hanya mempunyai rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai masakan, ternyata manfaat jamur kuping juga baik untuk tubuh, lho!

Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur yang cukup populer menjadi bahan makanan di Indonesia, jenis jamur kuping yang populer merupakan jamur kuping merah yang mempunyai nama latin Auricularia auricula.

Tak hanya jamur kuping merah saja, ada pula jenis jamur kuping yang sangat mirip bentuknya yakni jamur kuping hitam atau yang mempunyai nama latin Auricularia polytricha.

Nama jamur kuping sendiri diambil dari bentuknya yang disebut-sebut mempunyai kemiripan dengan telinga manusia. Jamur ini mempunyai tekstur yang kenyal jika ditemukan dalam keadaan yang masih segar. Akan tetapi jika dikeringkan, jamur kuping akan menjadi keras.

Jamur kuping banyak dikembangbiakkan di Indonesia, akan tetapi kini jamur ini dapat kita temukan tumbuh liar di alam. Jamur kuping biasanya tumbuh pada pohon kayu yang telah lapuk atau lembab, dan pada sisa-sisa tanaman. Jamur kuping biasa disebut juga dengan wood ear, tree ear, cloud ear, atau jew’s fungi dalam Bahasa Inggris.

Menurut data yang dihimpun dari United States Departement of Agriculture, jamur kuping mempunyai beragam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Jenis vitamin yang terkandung dalam jamur kuping diantaranya, vitamin B1. vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitain B12, vitamin B9 atau asam folat, dan vitamin C.

Sedangkan mineral yang terkandung pada jamur kuping antara lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, sodium, dan zinc. Berikut ini adalah beragam manfaat jamur kuping untuk kesehatan:

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Jamur kuping mempunyai manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kolesterol, hal ini yang akan menjadikan jamur kuping dipercayai mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, jamur kuping pun sangat kaya akan kandungan antioksidan sehingga akan mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya beragam penyakit.

Melancarkan pencernaan

Manfaat jamur kuping juga bisa Anda dapatkan untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena pada jamur kuping mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan serat menjadi salah satu nutrisi yang paling baik untuk melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi satu porsi jamur kuping setiap harinya mampu memenuhi sampai 50% kebutuhan harian yang tubuh butuhkan.

Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya melancarkan pencernaan, jamur kuping juga mempunyai manfaat dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah.

Akan tetapi, manfaat yang satu ini baru dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan saja, dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar bisa membuktikan efektivitasnya.

Akan tetapi dengan khasiat jamur kuping ini akan meningkatkan sirkulasi darah, sebenarnya hal itu menandakan jika jamur kuping mempunyai efek positif pada kadar kolesterol dalam darah.

Baik untuk menurunkan berat badan’

Manfaat jamur jamur kuping hitam selanjutnya yakni dapat Anda jadikan sebagai salah satu menu diet agar dapat menurunkan berat badan. Selain karena mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Jamur kuping juga termasuk pada makanan dengan kalori yang rendah sehingga sangat baik untu Anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Akan tetapi proes diet tersebut harus pula diimbangi dengan pola makan yang baik dan olahraga yang rutin, ya.

Aman dikonsumsi penderita diabetes

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes sangatlah diharuskan melakukan diet ketat. Jamur kuping bisa menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dan kandungan gula yang rendah menjadi alasan mengapa jamur kuping sangat baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Mencegah anemia

Salah satu penyebab anemia yakni karena kurangnya asupan zat besi, yang merupakan mieneral penting dalam pembentukan sel darah. Satu porsi jamur kuping akan memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 9-21% dari kebutuhan harian.

Tak hanya mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, cara pencegahan anemia juga bisa Anda lakukan dengan cara mencegah konsumsi makanan atau minuman yang mampu menghambat pada penyerapan zat besi.

BACA JUGA: Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh

Misalnya meninggalkan kebiasaan minum teh saat makan karena teh akan menjadi penghambat pada penyerapan zat besi.

Melancarkan sirkulasi darah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika salah satu manfaat jamur kuping yakni akan melancarkan sirkulasi darah. Jamur kuping pun akan bekerja sebagai antioksidan atau pengencer darah dan penghambat pembekuan darah. Lancarnya aliran darah sangat penting dalam mencegah terjadinya berbagai komplikasi dan penyakit.

Nah itulah beberapa manfaat jamur kuping yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Akan tetapi, Anda hal tersebut juga harus dibarengi dengan asupan makanan bergizi lainnya dan menerapkan pola hidup yang sehat, ya!