Bau kaki memang terkadang membuat kepercayaan diri menjadi menurun. Bau atau aroma yang keluar dari tubuh kita memang tak bisa diprediksi. Berbagai cara menghilangkan bau kaki dapat kita cari dari berbagai sumber.

Setiap hari tentu kamu menginginkan penampilan yang sempurna, dengan menggunakan sepatu yang keren dan juga dandanan yang rapih. Namun apa jadinya jika dirusak dengan bau yang tak sedap? Tentu membuat sia-sia usaha penampilanmu.

Apalagi biasanya, orang-orang segan untuk memberitahukan apabila kamu mengalami bau kaki. Untuk menghindari hal itu kamu perlu tahu seluk-beluk bau kaki dan bagaimana cara menghilangkan bau kaki di sepatu tersebut.

Secara medis, masalah bau kaki dikenal juga dengan sebutan bromodosis. Bromodosis merupakan kondisi di mana kaki memproduksi keringat berlebihan dan menjadi lembap, terutama saat memakai sepatu, sehingga muncul aroma yang tak sedap.

Seperti halnya telapak tangan, telapak kaki juga memiliki kelenjar keringat yang berfungsi umtuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh, misalnya ketika cuca sedang panas atau sedang melakukan olahraga.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kaki berkeringat secara berlebihan. Umumnya masalah bau kaki muncul karena keringat yang menempel pada kaus kaki atau sepatu tak dikeringkan maupun diganti selama lebih dari satu hari.

Namun, pada beberapa orang, masalah bau kaki disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Misalnya seperti faktor-faktor berikut.

Keringat berlebih

Ketika kaki Anda memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya, kelembapan, dan kondisi yang hangat bisa memproduksi makanan yang banyak bagi bakteri yang berada pada kulit kaki Anda.

Bakteri itulah yang akan menghasilkan bau yang tak sedap dari kaki Anda dengan mengurangi keringat dan sel kulit mati kaki Anda.

Sepatu tidak istirahat

Sama seperti kaus kaki Anda, sepatu juga tidak seharusnya lembap dan hangat. Jika hal itu terjadi cobalah untuk tak menggunakan sepatu yang sama pada setiap harinya.

Tentu hal itu menjadi sangat sulit bagi mereka yang tak memiliki banyak sepatu atau berada dalam pekerjaan yang mengharuskan sepatu tertentu. Kebersihan dan higienitas kaki menjadi jauh lebih penting jika Anda harus memakai sepatu yang sama.

Stres

Bagi siapa saja yang sedang mengangalami stres atau tertekan pasti akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Keringat akibat stres itu juga ternyata terbentuk dari bahan yang berbeda dengan keringat yang terjadi jika tubuh dalam keadaan panas dan diproduksi oleh kelenjar yang berbeda.

Dan juga biasanya akan menimbulkan bau yang tak sedap. Persiapkan kaus kaki ekstra saat Anda tahu akan menghadiri hari yang penuh tekanan.

Hormon

Perubahan tingkat hormon juga bisa merubah produksi keringat dan bau tubuh Anda secara keseluruhan, begitu juga dengan wanita hamil, wanita menopause.
Bahkan para remaja dengan jerawat berlebih akibat hormon juga akan menyadari ada sedikit bau tidak sedap pada kaki mereka. Walaupun kondisi ini tidak dialami oleh wanita dan remaja secara keseluruhan.

Infeksi

Athlete’s foot merupakan salah satu ketakutan terbesar bagi para olahragawan. Di atas semua itu, jamur yang terdapat pada kaki juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Banyak para olahragawan yang salah kaprah, berpikir bahwa gatal yang terdapat di antara jari kaki karena lembap bisa diselesaikan oleh obat antijamur. Nyatanya, hal tersebut justru memperburuk kondisi yang ada.

Jika Anda salah satu yang bermasalah dengan bau kaki, sebaiknya segera mencari cara menghilangkan bau kaki yang membandel. Agar Anda bisa kembali tampi dengan percaya diri dan juga bau kaki Anda yang menyengat itu tak mengganggu orang-orang lain disekitar Anda. Langkah cara menghilangkan bau kaki alami yang menyengat sebagai berikut.

Cara menghilangkan bau kaki alami dengan merendam kaki menggunakan :

Garam

Cara menghilangkan bau kaki dengan garam memang telah lama diketahui orang. Fungsi Garam adalah untuk mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi karena itu juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki.

Obat kumur

Kedengarannya aneh menggunakan obat kumur sebagai cara menghilangkan bau kaki. Sebabnya adalah karena obat kumur memang digunakan untuk membasmi bakteri. Karena itulah obat kumur bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Baking soda

Baking soda atau soda kue telah terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri. Baking soda juga sering digunakan sebagai perawatan kecantikan dan lain-lainnya. Sebab itu, baking soda juga ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Lemon

Lemon selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh.

Lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh karena di dalam lemon terdapat kandungan anti-bakterial yang mampu membasmi bakteri penyebab bau pada kaki Anda.

Hal yang sangat mudah tentunya untuk Anda lakukan di rumah.

Sudah tahu kan, sekarang cara menghilangkan bau kaki? Sekarang kamu tak usah malu dan tak percaya diri lagi saat melepas sepatu di tempat umum karena sudah tak akan berbau lagi. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here