Menangis memang diidentikkan dengan bayi ataupun anak kecil, tapi bukan berarti orang dewasa tidak pernah menangis. Anda pasti pernah menangis, entah di kamar ataupun di kamar mandi. Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak manfaat menangis lho!

Sejak pertama kali menghirup napas di dunia manusia pati menangis. Bahkan, orangtua yang melihat kehadiran kita juga menyambut dengan tangis penuh bahagia. Lalu, mengapa setelah dewasa kita harus menahan tangis?

Secara fisiologi, air mata terbagi atas tiga jenis yaitu air mata basal, refleks, dan emosi. Air mata basal berfungsi melumasi, mememelihara, dan melindungi mata. Lalu, air mata releks berfungsi melindungi mata dari iritan seperti angin, asap, atau bawang. Jenis ketiga adalah air mata yang berasal dari emosi yang dihasilkan individu.

Menangis sering dikaitkan dengan sifat cengeng. Pada kenyataannya, semua orang dapat menangis sebagai respons fisik dari emosi yang dirasakan.

Namun tahukah Anda jika menagis bukan hanya sekedar ungkapan emosi? Lebih dari itu, sangat banyak sekali manfaat menangis bagi kesehatan psikis ataupun fisik. Mau tau apa saja manfaatnya? Berikut manfaat menangis bagi kesehatan Anda.

Manfaat menangis untuk kesehatan

Melepaskan ketegangan

Manfaat menangis yang utama adalah meredakan ketegangan yang Anda rasakan. Alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan pria adalah karena wanita akan terus meredakan ketegangan melalui menangis.

Pada kenyataannya adalah sebagian orang-orang ingin menangis tapi lebih sering menahannya. Guna menghilangkan rasa tegang, akan lebih baik jika Anda menangis.

Membersihkan kotoran mata

Meski hal ini terdengar aneh, faktanya menangis memang mampu membersihkan kotoran mata. Membiarkan air mata mengalir akan menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci mata dari luar. Air mata juga dapat berfungsi untuk menjaga mata tetap segar dan tidak kekeringan.

Melindungi mata dari bakteri

Ketika Anda bepergian ke tempat umum atau sedang mengendarai motor, maka mata Anda sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu Anda untuk melindungi mata dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim, suatu larutan enzim yang terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut.

Melegakan perasaan

Manfaat menangis lainnya adalah mengurangi emosi yang sedang Anda rasakan. Menangis membantu Anda untuk membiarkan emosi pergi dan juga bisa digunakan sebagai bentuk pengekspresikan diri.

Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Setelah Anda selesai menangis dan membiarkan semua emosi Anda pergi, Anda akan merasa lebih baik. Manfaat menangis yang utama adalah untuk membuat Anda merasa lebih baik dan merasa lega.

Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresinya, dan membuat mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Mengurangi stress

Seperti penjelasan sebelumnya, air mata yang berasal dari emosional, hormon stres akan turut dikeluarkan saat sedang menangis. Tak hanya itu, sebuah studi mengungkapkan manfaat menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik.

BACA JUGA: Manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Meningkatkan kreativitas

Selain terkait kesehatan, manfaat menangis ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas. Jika Anda melihat kehidupan musisi, artis, atau penyair, semua pasti pernah menghasilkan sesuatu yang kreatif yang dipicu dari aktivitas menangis.

Membuka diri kepada dunia dalam bentuk kreatif dan membiarkan orang lain tahu tentang apa yang Anda hadapi, mungkin membuat Anda sadar bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak orang lain yang memiliki masalah serupa dan bisa mendapatkan inspirasi dari Anda.

Nah itu dia beberapa manfaat menangis yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Terlepas dari beberapa manfaatnya, akan tetapi menangis adalah aktivitas yang tidak boleh berlangsung terus menerus ya!