Mantan artis cilik yang kini merambah dunia stand up Joshua Suherman resmi dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke polisi atas dugaan penghinaan agama yang dilakukannya, Selasa (9/1).

Laporan yang disampaikan oleh Ketua FUIB Rahmat Himran itu tercatat di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan nomor LP/30/I/2018/Bareskrim tertanggal 9 Januari 2018.

Rahmat selaku ketua FUIB menuturkan jika pihaknya telah resmi melaporkan tindak kriminal pelecehan dan penghinaan agama yang dilakukan oleh Joshua Suherman.

Rahmat Himran menyatakan bahwa Joshua telah melakukan tindak pidana penghinaan agama saat membawakan materi stand up comedy yang kemudian diunggah ke media sosial Youtube.

Menurutnya, Joshua telah menghina agama dengan menyebut Anisa Rahma lebih terkenal dibandingkan dengan Cherly Juno, mantan personel girl band Cherrybelle akibat perbedaan agama yang mereka anut.

Selain itu, Joshua juga telah melakukan penghinaan agama dengan menyatakan bahwa ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan di Indonesia meskipun dengan susah payah, yakni mayoritas.

“Dia kemudian membandingkan Islam dengan mayoritas-mayoritas yang tidak dapat dikalahkan, sehingga memunculkan isu SARA dalam hal ini. Kami enggak mau itu terjadi, dengan upaya meredam untuk hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Rahmat.

Rahmat juga menyatakan jika pihaknya membawa barang bukti dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh Joshua, antara lain video serta kecaman sejumlah pengguna internet di berbagai media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan juga Youtube.

Rahmat mengatakan Joshua Suherman diduga telah melanggar Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156a KUHP.

Dalam kariernya, Joshua Suherman sendiri dikenal sebagai penyanyi cilik di era 1990-an. Sosok pria asal Surabaya itu jadi terkenal sebagai penyanyi cilik dengan lagunya yang hits di antaranya Diobok-obok dan Cit cit cuit.

Joshua yang kini telah beranjak dewasa itupun dikenal sebagai pembawa acara, aktor, sekaligus komika.