Meski memiliki rasa yang sangat segar pada tenggorokan saat diminum, namun apakah kalian tahu jika faktanya minuman bersoda tersebut bukanlah minuman yang baik untuk dikonsumsi setiap harinya. Kini, kalian tentu menjadi penasaran bukan apa saja sih bahaya minuman soda itu?

Nah, sebelum menjelaskan apa saja bahaya soda, perlu Anda ketahui jika kandungan minuman bersoda umumnya mengandung pengawet, pewarna dan juga pemanis buatan.

Beberapa penelitian pun menjelaskan beberapa kaitan jika Anda mengonsumsi minuman bersoda dengan beerbagai masalah kesehatan. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dengan jangka waktu yang sering. Agar Anda lebih wasapada, ini dia beberapa bahaya minuman soda yang harus Anda ketahui, antara lain:

Bahaya minuman soda bagi kesehatan tubuh

Membahayakan ginjal

Sebuah penelitian menyatakan jika mengonsumsi minuman bersoda dalam sehari lebih dari 2 kali itu akan membuat terjadinya kerusakan pada organ ginjal Anda. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan dalam minuman soda yang terdiri dari pemanis dan pewarna buatan, kafein dan juga asam fosfat.

Meningkatkan risiko diabetes

Bagi para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula yang berlebih. Hal ini karena hormon insulin yang terdapat pada tubuhnya tak cukup, bahkan tak sanggup untuk mengubah zat gula menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat sehingga dapat membahayakan.

Ingat, diabetes pun merupakan salah satu penyakit yang akan memicu timbulnya penyakit lain datang, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner.

Berisiko terkena obesitas

Bahaya minuman soda selanjutnya yang akan mengancam Anda yakni meningkatnya risiko untuk Anda terkena obesitas. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang kaya akan kalori. Kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya pada orang dewasa, namun juga terhadap anak-anak pun sangatlah berisiko terkena obesitas.

Menyebabkan pubertas sejak dini

Sebuah studi di Harvard Medical School kepada 5.583 anak perempuan yang masih berumur 9 sampai 14 tahun menemukan, jika diantara mereka yang meminum satu setengah kaleng minuman soda dalam setiap harinya akan menyebabkan menstruasi pertama yang datang lebih awal dibandingkan dengan perempuan lain yang tidak meminum soda.

Menyebabkan kelahiran secara prematur

Tak hanya terjadi pada orang normal saja, namun bahaya minuman soda untuk ibu hamil pun ternyata sangat berisiko, lho! Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan, jika wanita yang tengah hamil rutin mengonsumsi minuman yang mengandung soda sangatlah rentan bagi mereka melahirkan secara prematur.

Menyebabkan kerusakan hati

Fungsi hati dalam tubuh yakni untuk menghasilkan protein, membantu dalam proses pencernaan agar menjadi lancar dan juga menghancurkan setiap racun yang berada dalam darah. Oleh karena itu, jangan sampai hati Anda mengalami gangguan.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika bahaya minuman soda dapat menyebabkan penyakit hati, terutama pada mereeka yang minum dua kaleng dalam setiap harinya.

Tukak lambung

Tukak lambung ulkus peptikum yaitu luka yang muncul di dinding lambut yang timbul karena terkikisnya lapisan pada dinding lambung. Sementara itu, bahaya soda ini akan menimbulkan rasa sakit maag hingga membuat iritasi yang menjadi tambah parah.

Meningkatkan asam lambung

Penyakit asam lambung yaitu kondisi yang biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri pada ulu hati atau adanya sensasi teerbakar pada dada yang berakibat pada naiknya asam lambung menuju esofagus. Selain di dada, sensasi pana juga akan dirasakan pada perut yang akan berpotensi menjadi bahaya jika sering terjadi.

Gas ekstra pada minuman berkarbonasi bisa mengakibatkan tekanan di perut Anda lebih banyak, meningkatkan kemungkinan perut Anda akan memuntahkan isinya ke atas.

Menyebabkan gigi rusak

Bahaya minuman soda untuk anak maupun orang dewasa bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi. Pada umumnya, dalam minuman soda terkandung kadar gula yang cukup tinggi yakni karena adanya fruktosa dan juga glukosa. Kedua zat tersebut mampu meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang.

Selain mengandung gula, bahaya soda pun dapat menyebabkan kerusakan enemial akibat kandungan asamnya. Untuk mengurangi risiko kerusakan gigi tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan menggosok gigi secara teratur dan meminumnya dengan menggunakan sedotan.

Adanya gangguan pada otak

Pemanis buatan seperti aspartame yang mengandung fenilanin biasanya akan ditambahkan pada setiap minuman yang mengandung soda. Zat ini akan berisiko menyebabkan terjadinya kerusakan otak, sehingga Anda akan mengalami kejang-kejang dan masalah kesehatan lainnya pada mereka yang mengalami gangguan genetik fenilketonuria.

BACA JUGA: Bahaya minum kopi jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan

Itu dia beberapa bahaya minuman soda yang bisa kapan saja menyerang tubuh jika Anda mengonsumsinya secara berlebih. Jika Anda yang sering sekali ingin mengonsumsi minuman soda dan tak bisa menghentikan kebiasaan tersebut, Anda bisa mengonsumsi minuman soda diet.

Karena soda diet ini realit aman dikonsumsi karena kadar pemanis buatannya dianggap tak membahayakan bagi kesehatan. Namun, minuman ini bukanlah minuman ini pun juga tak baik untuk Anda konsumsi tiap hari, ya!