Buah durian memang menjadi salah satu buah musiman yang tak setiap waktu dapat kita jumpai. Dengan aroma yang tajam dan rasa yang sungguh lezat tentu membuat buah ini menjadi incaran banyak orang. Namun, apakah kalian tahu dibalik kulitnya yang tajam terdapat beragam manfaat buah durian untuk kesehatan?

Durian sendiri merupakan nama tumbuhan tropis yang pada awalnya berasal dari wilayah Asia Tenggara. Mengapa dinamai durian karena diambil dari ciri khas buah ini yang memang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.

Karena terkenal dengan aroma dan cita rasanya yang khas, buah ini pun sampai mempunyai julukkan raja dari segala buah. Dibalik semua hal yang berkaitan dengan buah ini, terdapat beragam manfaat buah durian bagi kesehatan jika Anda mengonsumsinya masih dalam batas yang wajar.

Untuk para penggemar setia buah ini, yuk simak dulu beberapa manfaat buah durian bagu tubuh berikut ini:

Manfaat buah durian untuk kesehatan

Menjadi sumber energi yang baik

Dalam buah durian diketahui mengandung tiga jenis gula alami, yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang bermanfaat dalam memberikan Anda tambahan energi yang baik jika Anda mengonsumsinya.

Tak hanya itu, dalam 100 gram buah durian akan memberikan kurang lebih 21% dari kebutuhan karbohidrat harian Anda, karena di dalam buah durian sangat kaya akan karbohidrat, sehingga dapat membantu Anda dalam mengisi kembali tingkat energi.

Melancarkan pencernaan

Buah durian dikenal dengan seratnya yang tinggi. Dan menjadikan manfaat buah durian ini bisa menjauhkan Anda dari masalah pencernaan seperti sembelit, sehinga dapat meningkatkan kekuatan pencernaan. Kehadiran thiamin dan niasin di dalamnhya berfungsi juga dalam meningkatkan nafsu makan serta daya pencernaan.

Menjaga kesehatan janin dalam kandungan

Manfaat buah durian untuk ibu hamil dapat dirasakan karena durian mengandung folat yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil.

Folat ddipercayai dapat membantu dalam pertumbuhan jaringan janin sehingga dapat melindunginya dari berbagai gangguan perkembangan yang akan terjadi pada otak dan juga tulang belakang janin. Namun ingat, tetap selalu berkonsultasi pada dokter, ya.

Melawan depresi

Kaya akan vitamin B6 di dalamnya yang dapat membantu Anda dalam melawan depresi. Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi yang paling penring dalam meproduksi serotin, hormon yang dipercayai bisa mengatasi depresi, cemas, susah tidur, dan memperbaiki mood Anda yang sedang berubah-rubah.

Mencegah terjadinya penuaan

Manfaat buah durian untuk wajah bisa kamu rasakan dalam mencegah penuaan dini yang dapat terjadi kapan saja. Durian Dalam buah durian terdapat vitamin C sehingga dapat mengatasi berbagai stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, dan memperlambat proses penuaan.

Mempertahankan tingkat tekanan darah

Durian merupakan salah satu sumber postatium yang bagus dan sangatlah diperlukan dalam menjaga kadar natrium tubuh agar selalu utuh. Asupan buah ini dengan teratur dapat mencegah hipertensi dan kondisi medis tertentu.

Dalam buah durian pula sangatlah kaya akan kalium, dan karena kalium juga merupakan salah satu bagian intergal dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh, sehingga kadar kalium akan menentukan tekanan darah dalam tubuh.

Mencegah terjangkitnya penyakit jantung

Manfaat buah durian bagi kesehatan lainnya dapat Anda rasakan dari serat yang terdapat pada buah durian bisa mengurangi jumlah kolesterol yang ada di dalam darah dengan membuang kolesterol jahat tersebut dari tubuh. Adanya organosulfur akan membantu dalam mengatur enzim inflamasi.

Oleh karena itu, buah durian ini juga sangat beerperan penting dalam menjauhkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Dengan beberapa senyawa dalam durian yang bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis.

Membantu berhenti merokok

Untuk Anda yang tengah menjalankan program berhenti merokok, manfaat buah durian yang mengandung vitamin B6, B12, kalium dan juga magnesium ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu tubuh Anda dalam bertahan dari efek sakau nikotin.

BACA JUGA: Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh

Demikianlah beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda dapatkan. Namun selalu Anda ingat, tetap mengonsumsi buah tersebut dalam batas yang wajar, ya. Karena jika Anda mengonsumsinya secara berlebih, bukan tidak mungkin Anda justru akan mendapatkan efek sampingnya.