Kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan mungkin Anda pun termasuk salah ke dalam salah satunya.

Sudah banyak sekali ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap minuman yang memiliki ciri khas rasa pahit ini, baik itu dari segi manfaat ataupun dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh. Lantas bahaya apa yang mengintai jika kopi dikonsumsi secara rutin dan berlebihan?

Banyak studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti Liver, Parkinson, dan Demensia.

Tapi ternyata, selain membawa manfaat yang cukup melimpah, meminum kopi secara rutin setiap hari juga bisa mendatangkan berbagai efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Mau tau apa saja dampak buruk dari bahaya minum kopi secara rutin dan berlebihan? Simak pemaparan lengkap Hageuy.com berikut ini.

Bahaya minum kopi secara rutin dan berlebihan

Aktivitas terganggu

Selain digemari karena cita rasanya yang khas, banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Sayangnya, bahaya minum kopi setiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan. Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari.

Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan. Kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein.

Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

Mengancam kesehatan lambung

Coba Anda ingat-ingat kembali, rasa apa yang muncul setelah Anda minum kopi? Mulut Anda kemungkinan akan terasa asam. Ya, kopi memiliki rasa asam sehingga sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki luka atau masalah di lambung.

Jika Anda punya kebiasaan ngopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung.

Bahaya minum kopi setiap hari akibatnya yakni cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus.

Meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang tertentu

Salah satu bahaya dari minum kopi secara rutin adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Dalam studi tersebut, dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

Masalah pada gigi dan gusi

Selain lambung, bahaya dari ngopi setiap hari juga menyerang gigi dan gusi. Kopi yang biasanya diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam. Keduanya dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan.

BACA JUGA: 6 Efek samping dari penggunaan lensa kontak yang salah

Selain itu, kopi juga menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan gigi, masalah gigi dan gusi bisa terjadi.

Sakit kepala

Bahaya minum kopi yang terlalu banyak juga akan menimbulkan sakit kepala. Jadi, bagi yang tidak terbiasa atau kondisi tubuhnya tidak mendukung, minumlah kopi secukupnya saja.

Darah tinggi

Sebuah studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, mengatakan bahwa kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

Asam lambung meningkat

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.

Jadi, bagaimana? Masih ingin mengonsumsi kopi setiap hari setelah mengetahui beberapa bahaya minum kopi. Anda boleh saja punya kebiasaan ngopi, namun perhatikan juga cara sehat menikmatinya supaya dapat meminimalisir efek buruk yang ditimbulkan.