Di tengah maraknya berbagai jenis air minum dalam kemasan, sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih produk yang paling aman dan sehat bagi tubuh. Oleh karena itu, sebelum membeli air minum dalam kemasan, alangkah baiknya lakukan tips memilih air minum dalam kemasan terlebih dahulu.

Salah satu bekal yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang yakni air minum dalam kemasan. Biasanya, minuman dalam kemasan biasa dicari oleh orang yang tengah berada di dalam perjalanan.

Mengingat ada banyak sekali macam merek minuman kemasan yang bisa kita beli kapan saja. Namun, senaiknya sebelum kita membelinya, alangkah baiknya Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih air minum kemasan yang baik dan aman untuk kesehatan pada saat dikonsumsi.

Air minum sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia, salah satunya dapat menghilangkan rasa haus. Hal ini pula bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan tetap menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Keberadaan cairan yang baik tentu akan membuat berbagai organ, sistem, dan jaringan tubuh mampu berkerja dengan sangat baik sehingga tubuh pun akan terasa lebih bugar dan segar pastinya.

Nah, jika Anda masih merasa bingung dalam memilih minuman dalam kemasan. Berikut ini beberapa tips memilih air minum dalam kemasan yang dapat Anda lakukan mulai dari saat ini diantaranya:

Tips memilih air minum dalam kemasan

Cek sumber airnya

Tips memilih air minum dalam kemasan yang paling penting yakni dengan mengecek sumber air minum dalam kemasan yang akan kita beli.

Menurut Dr. Joseph Mercola, Anggota American Collage Nutrition, menyatakan jika mata air pegunungan merupakan sumber air yang ideal dan baik untuk Anda minum. Pasalnya, mata iar pegunungan menjadi salah satu air tersehat dengan berbagai kandungan alami yang berada di dalamnya.

Selain itu, pH air yang diambil dari sumber yang alami pun juga menjadi seimbang dan tepat untuk tubuh, karena tak terlalu asam atau basa. Dengan begitu, minum air dari mata air alami tak hanya akan membuat kebutuhan cairan Anda terpenuhi namun juga membuat Anda akan tetap sehat.

Cek warna airnya

Tips memilih air minum dalam kemasan yang selanjutnya yakni dengan memastikan air minum yang akan dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih. Jika Anda melihat warna kecokelatan pada air dalam kemasan yang dibeli, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, dinyatakan jika air yang diminum haruslah berwarna jernih dan tak berwarna sama sekali. Pasalnya, hal itu menjadikan salah satu tanda jika tak ada mikroorganisme pembawa penyakit dan bahan kimia berbahaya untuk tubuh di dalam air.

Cek bau dan rasa air nya

Point terpenting selanjutnya dalam memilih air minum dalam kemasan yaitu dengan pilihlah yang tidak berbau dan berasa. Pasalnya air yang sehat adalah air yang rasanya tawar saat diminum dan tanpa rasa aneh lainnya serta tak memiliki bau apapun.

Cek kemasannya

Tips memilih air minum dalam kemasan terpenting lainnya yang jiga tak boleh Anda abaikan yakni pada saat tengah membeli air minum ialah dengan memeriksa terlebih dahulu kemasannya. Karena kemasan menjadi salah satu tanda penting sebuah produk yang Anda beli masih terjamin dan terjaga keasliannya.

Pilih merek yanmg sudah terdaftar dan terpercaya

Ada banyak sekali merek air minum yang dapat kita beli di pasaran, namun tentunya tetap pastikan untuk memilih merek yang sudah terpercaya atau setidaknya yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan. Biasanya, hal ini ditandai dengan adanya kode MD no atau ML no. Selain itu, kita juga bisa mengecek label dari BPOM atau SNI. Jika sudah memiliki tanda-tanda ini, maka air minum dalam kemasan tersebut sudah bisa dipastikan aman dan sehat untuk Anda konsumsi.

Cobalah untuk mengocok air minum kemasan

Tips memilih air minum dalam kemasan yang satu ini memang terlihat sebagai hal yang tak perlu untuk dilakukan. Namun, banyak pakar yang justru menyarankan untuk Anda mengocok terlebih dahulu air minum kemasan yang akan Anda beli. Lalu setelahnya, Anda bisa mengarahkan botol itu ke sumber cahaya untuk memastikan apakah ada sejenis serat tipis berwarna putih yang ada di dalam air atau tidak.

Jika ternyata setelah dikocok tampak ada serat, hal ini bisa menandakan jika air minum dalam kemasan tersebut sudah terkontaminasi dan mengalami penurunan kualitas. Sebaiknya pilih botol air lainnya yang tak memiliki serat tipis tersebut.

Cek penempatan air minum kemasan yang dijual

Jika air kemasan yang dijajakan berada di posisi luar ruangan dan berpotensi terpapar sinar matahari secara langsung, sebaiknya Anda tak memilihnya. Hal ini disebabkan oleh panas dari sinar matahari yang bisa saja membuat perubahan pada bahan pelastik yang digunakan sebagai kemasan air mineral akan mengubag komposisinya.

BACA JUGA: Tips memanjangkan rambut secara alami

Selain itu juga, pastikan untuk tidak memilih air minum kemasan yang ditempatkan dekat dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya misalnya pestisida.

Cek tanggal kasaluwarsa terlebih dahulu

Tips memilih air minum dalam kemasan yang terakhir yakni dengan selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa dari produk yang mereka jual, bukan berarti kita bisa membelinya secara sembarangan, ya! Kita harus selalu mengecek tanggal kadaluwarsa dari berbagai produk makanan atau minuman yang kita beli, termasuk air minum kemasan.

Nah itu dia beberapa tips memilih air minum dalam kemasan yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang agar Anda pun bisa mendapatkan manfaat terbaik dari air minum dalam kemasan yang telah Anda beli. Semoga bermanfaat!