Mengonsumsi menu sarapan sehat di pagi hari akan membuahkan banyak dampak baik untuk kesehatan. Belum terbiasa memulai hari tanpa sarapan? Coba ubah kebiasaan lama tersebut dengan sarapan, tubuh Anda akan menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi berbagai aktivitas sehari-hari.

Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol.

Namun sarapan sering kali diabaikan, padahal sarapan sangatlah penting untuk kesehatan. Sarapan tidak hanya membantu melengkapi nutrisi, tapi juga membuat Anda lebih bertenaga dalam memulai aktivitas. Sealain itu, sarapan juga mencegah Anda untuk mengonsumsi terlalu banyak makanan pada jam-jam selanjutnya. Bingung ingin saparan apa? Coba beberapa menu sarapan sehat berikut ini!

Menu sarapan haruslah praktis karena kebanyakan orang hanya memiliki waktu sedikit untuk menyiapkannya. Meskipun memilih makanan yang mudah dibuat, tentunya menu sarapan harus tetap sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Supaya tidak bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, berikut adalah berbagai menu yang bisa menjadi pilihan Anda!

Macam-macam menu sarapan sehat

Sereal dan susu rendah lemak

Sereal adalah salah satu menu sarapan yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Penyajiannya yang praktis membuat kita tidak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan sarapan. Sayangnya banyak pernyataan yang beredar dan menyatakan jika sereal bukan termasuk ke dalam menu sarapan sehat.

Pada dasarnya sehat atau tidaknya sereal bergantung pada komposisi dan penyajiannya. Pilihlah produk sereal yang rendah gula, selain itu sajikanlah sereal dengan susu rendah lemak, sehingga lebih sehat.

Pancake oatmeal

Selain sereal, pancake juga termasuk ke dalam makanan yang umum disajikan untuk sarapan. Salah satu jenis pancake yang bisa dijadikan menu sarapan adalah pancake dengan bahan dasar oatmeal. Pembuatan pancake oatmeal sama seperti pancake biasa, bedanya adalah bahan utama terigu diganti dengan oatmeal.

Pancake oatmeal juga tidak membutuhkan telur, sehingga dapat dikonsumsi oleh vegan. Sajikan pancake dengan madu dan buah-buahan agar lebih sehat. Hindari topping pancake dengan kalori yang tinggi.

Oatmeal buah dan susu rendah lemak

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan sehat, tapi bisa juga menjadi makanan yang tidak sehat jika terlalu banyak mencampurkan bahan makanan yang kurang tepat ke dalamnya. Oatmeal yang sehat idealnya dibuat dengan menggunakan susu rendah lemak dan dapat disajikan bersama dengan buah-buahan.

Smoothies pisang

Jika menginginkan minuman yang sehat dan mengenyangkan, smoothies pisang bisa menjadi salah satu menu pilihan yang bisa Anda makan saat sarapan. Cara membuat smoothies pisang juga sangat mudah. Hanya mencampurkan pisang dengan plain yogurt untuk diblender. Anda bisa juga mencampurkan bahan selain strawberry, alpukat, mangga, atau bahkan sayuran untuk menambah cita rasa.

Roti gandung panggang

Menu sarapan sehat dan peraktis selanjutnya yakni roti panggang. Roti gandum dapat menjadi pilihan ideal karena kalorinya lebih rendah dan nutrisinya tidak kalah dengan jenis roti lainnya. Bagian atas roti bisa Anda sajikan sesuai selera. Beberapa topping yang dapat menjadi pilihan adalah seperti telur, alpukat, selai kacang, hingga Greek yogurt.

Keju dan buah-buahan

Bosan mengonsumsi buah-buahan saja untuk sarapan? Anda bisa menyajikan buah-buahan bersama dengan keju cheddar untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda. Potong-potong buah apel dan 50 gram keju cheddar, sajikan diatas piring. Tambahkan kacang kenari kering untuk mendapatkan tambahan protein.

Salad buah atau sayur

Salad buah atau salad sayur juga merupakan menu sarapan sehat yang bisa Anda coba. Tinggi atau tidaknya kalori pada salad bergantung pada dressing yang Anda pilih. Jika menggunakan dressing keju dan mayonaise tentunya kalorinya akan tinggi jika Anda menggunakan dressingnya dalam jumlah banyak.

Dressing yang lebih sehat dan rendah kalori adalah seperti minyak zaitun dan perasan lemon. Semua dressing pada dasarnya baik digunakan, yang terpenting adalah jumlah kalori per hari yang Anda konsumsi telah diperhitungkan.

Greek yogurt

Banyak orang yang masih bingung perbedaan Greek yogurt dan yogurt biasa. Greek yogurt melalui proses penyaringan yang membuat teksturnya berubah menjadi lebih kental dari yogurt biasa. Yogurt jenis ini juga dianggap memiliki keunggulan, terutama dari segi protein dibandingkan yogurt biasa.

Yogurt sangat baik untuk menjadi menu sarapan karena probiotik yang satu ini dapat bekerja lebih baik jika dikonsumsi saat perut kosong. Anda bisa menyantap Greek yogurt dengan buah seperti pisang atau apel.

Waaffle selai kacang

Menu sarapan populer lainnya adalah waffle. Topping apa yang paling Anda sering gunakan untuk waffle? Apakah ice cream dan sirup cokelat? Waffle bisa disajikan dengan apa saja, tapi jika menginginkan yang lebih sehat, coba tambahkan selai kacang di atas waffle yang Anda santap di pagi hari.

Selain kacang akan menyumbang lebih banyak serat dan protein yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memulai berbagai aktivitas.

Scramble egg

Scramble egg atau biasa disebut juga dengan telur orak-arik adalah olahan telur yang paling lezat untuk dijadikan menu sarapan. Campurkan telur dengan sayur-sayuran sehingga lebih kaya nutrisi. Buat scramble egg menggunakan wajan anti lengket sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak minyak ketika memasaknya.

BACA JUGA: 7 Makanan rendah kolesterol yang sehat dan nikmat

Nah, mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari pola hidup sehat. Oleh karena itu, pertahankan pola makan seperti ini. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan juga berat badan Anda. Semoga bermanfaat!