Rambut dapat mengalami kerusakan akibat sinar matahari, penggunaan cat dan alat pengering rambut, hingga cara menyisir yang salah. Beberapa orang bahkan baru menyadari kerusakan pada rambutnya ketika sudah parah. Guna mencegah dampak lebih lanjut, Anda perlu mengenali apa saja tanda rambut rusak dan cara mengujinya.

Cara merawat rambut yang kurang tepat, seperti menggunakan sampo yang tidak cocok, terlalu sering keramas, atau memanaskan rambut dengan alat bisa membuat rambut rusak.

Kerusakan pada rambut dapat dideteksi melalui beberapa aspek, diantaranya berdasarkan warna, kelembapan, kelenturan, serta kekuatan rambut. Berikut ini adalah beberapa tanda rambut rusak yang perlu Anda waspadai diantaranya:

Tanda-tanda rambut rusak

Tes penyerapan air

Tanda rambut rusak yang pertama yakni rambut akan lebih mudah menyerap air karena helainya telah patah. Cabutlah masing-masing sehelai rambut dari kepala bagian atas, samping, dan belakang, lalu jatuhkan ke permukaan air. Jika rambut tenggelam, artinya rambut telah rusak.

Tes porositas

Tes ini menentukan kondisi lapisan kutikula. Caranya, jepit beberapa helai rambut di antara jari tengah dan telunjuk, lalu susuri dari pangkal hingga ujungnya. Jika rambut terasa kasar dan tidak seragam, ini adalah tanda rambut Anda telah rusak.

Tes tarik

Tes ini untuk menentukan kelenturan rambut. Basahi 3 helai rambut Anda, jepit ujungnya dengan ibu jari dan telunjuk, lalu tarik perlahan. Jika rambut tidak bisa memanjang (meregang), atau bahkan langsung putus, artinya rambut Anda telah rusak.

Tes ketebalan rambut (khusus rambut yang bisa dikuncir)

Anda bisa mengetahui apakah rambut Anda telah menipis dengan tes ini. Caranya, kuncirlah rambut Anda dengan ikat rambut. Jika Anda perlu 3 kali atau lebih mengikat (sedangkan dulunya 1-2 sudah cukup), artinya rambut Anda mulai menipis.

Rambut memiliki struktur tidak rata

Rambut yang rusak pasti memiliki struktur rambut yang bisa dikatakan ‘amburadul’. Rambut yang rusak parah pastinya telah merusak rambut dari dalam, dengan mengambil nutrisi rambut, menghambat pertumbuhan rambut, menghambat produksi minyak dan vitamin rambut dan lain sebagainya.

Ketika rambut telah rusak dari dalam, tentunya juga akan terlihat kerusakannya dari bentuk fisik (bagian luar rambut). Seperti misalnya, rambut tiba-tiba menjadi ikal (dari yang awalnya lurus), menjadi lebih kering dan lain sebagainya.

Anda dapat memperbaiki struktur tidak merata pada masalah rambut dengan mulai menutrisi rambut dari dalam terlebih dahulu. Yakni dengan memberikan vitamin rambut dan asupan yang cukup untuk rambut agar dapat tumbuh kuat dan sehat.

Untuk pengobatan dari luar, Anda dapat melakukannya dengan sering menggunakan masker rambut alami (yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya) dan menghindari penggunaan alat pemanas rambut (seperti hair dryer, blower, catok, dan lain sebagainya) yang dapat merusak rambut lebih parah.

Rambut seperti bercabang

Ada beberapa tanda rambut rusak parah, dan salah satunya ialah munculnya atau terdapatnya penyebab rambut bercabang. Rambut bercabang adalah sebenarnya merupakan folikel rambut mati yang tidak bisa tumbuh lagi.

Sehingga akan ada rambut baru yang akan tumbuh menggantikannya, itulah mengapa terlihat seperti bercabang. Namun jangan berpikir bahwa masalah ini sepele.

Hindari pemakaian alat pemanas rambut untuk sementara. Gunakan shampoo yang sesuai untuk rambut kering, rusak dan bercabang. Penggunaan shampo yang cocok akan membantu mengatasi permasalahan rambut Anda secara khusus. Cobalah memotong rambut setiap kali tumbuh rambut yang bercabang.

Membiarkan rambut bercabang akan memperhambat pertumbuhan rambut yang lainnya. Ubah gaya rambut yang sesuai dan sering merawat rambut Anda baik dengan melakukan terapi sendiri di rumah maupun dengan pergi ke salon atau tempat perawatan rambut.

Rambut menjadi kering

Rambut yang kering menandakan bahwa rambut Anda juga telah rusak parah. Rambut kering menunjukkan bahwa hormon produksi minyak pada rambut sedang tidak bekerja secara optimal.

Hormon tidak bekerja seperti biasanya, sehingga rambut kekurangan kadar minyak. Hal itulah yang menyebabkan rambut menjadi kering. Pada dasarnya, penyebab dari rambut kering ini sendiri terdapat berbagai macam.

Rambut memiliki warna yang kusam dan memerah

Terpapar pada sinar terik matahari tidak hanya mengakibatkan rambut menjadi cara merawat rambut kering dan mengembang, namun juga berwarna kusam dan bahkan berwarna merah. Jika perlu, gunakan pula krim pelindung panas untuk rambut sehingga rambut Anda akan terlindungi dari sinar terik matahari untuk sementara.

Anda juga dapat mengembalikan rambut normal Anda dengan sering menggunakan masker rambut alami secara rutin. Masker rambut alami ini dapat menghilangkan rambut Anda yang berwarna kusam dan mengembalikan rambut Anda pada kondisi yang semula. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut alami: alpukat, minyak zaitun, mentega, telur dan lainnya.

BACA JUGA: Penyebab rambut rontok yang sering dianggap sepele

Demikian itulah beberapa ulasan tentang tanda rambut rusak yang sangat parah. Rambut rusak adalah salah satu masalah yang paling sering muncul, tapi sulit ditangani. Tanpa perawatan yang tepat, rambut rusak dapat menimbulkan masalah lebih lanjut seperti rontok hingga kebotakan.

Sebelum tanda rambut rusak mulai muncul, cobalah lihat kembali cara Anda merawat rambut selama ini. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan yang dapat merusak rambut dan cobalah mencari teknik perawatan yang tepat sesuai tipe rambut Anda.