Membersihkan wajah merupakan salah satu ritual yang sebaiknya Anda biasakan untuk dilakukan setiap hari. Cara membersihkan wajah yang benar selain bisa membuat wajah Anda menjadi bersih dari kotoran menempel, tentu saja bermanfaat juga untuk menjadikan kulit terasa segar dan tidak kusam.

Akan tetapi, sudah kah Anda mencuci wajah dengan benar? Karena seperti yang kita ketahui, jika tidak merawat kulit muka dengan baik sejak dini maka akan berpotensi buruk bagi kulit dan mnegalami deretan masalah kulit seperti flek hitam, jerawat, komedo, kusam, dan masalah kulit lainnya.

Oleh karena itu jika Anda malas untuk membersihkan muka setelah melakukan aktivitas dengan paparan polusi atau sinar matahari, masalah kulit pun akan bisa saja menghadapi.

Nah, agar Anda terhindar dari masalah-masalah kulit yang tentunya akan mengganggu, alangkah baiknya mulai saat ini Anda menerapkan cara membersihkan wajah dengan benar seperti berikut ini.

Cara membersihkan wajah dengan baik dan benar

Kenali jenis wajah

Cara membersihkan wajah dengan benar yang pertama adalah dengan mengetahui jenis kulit Anda. Setelah sudah mengetahui jenis kulit Anda, barulah Anda bisa memilih produk yang tepat untuk membersihkan wajah. Keburuhan produk untuk kulit berminyak, tentu saja berbeda dengan kulit kering, begitu juga dengan kulit sensitif.

Kulit berminyak biasanya direkomendasikan untuk memilih produk pembersih wajah yang oil-free, namun terdapat pendapat bahwa kulit berminyak masih boleh menggunakan produk mengandung minyak, asalkan minyaknya adalah jenis minyak alami seperti olive oil, almond oil, dan juga grapeseed oil.

Kulit kering yang teksturnya kasar dan rentan tergadap iriatasi disarankan untuk menghindari produk yang mengandung alkohol, begitu juga dengan jenis kulit sensitif.

Hapus makeup dengan bersih

Persoalan umum selanjutnya yang membuat cara membersihkan wajah Anda jadi percuma adalah kebiasaan menghapus make up dengan kurang bersih. Sisa-sisa make up di wajah sangat mungkin menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan kulit kusam hingga masalah jerawat.

Pastikan Anda selalu memiliki persediaan make up remover,milk cleanser, atau pun micellar water yang ampuh membersihkan make up di wajah. Jangan lupa juga untuk memilih produk pembersih yang sesuai dengan karakter kulit Anda.

Gosok wajah dengan lembut

Jika Anda perlu berusaha keras untuk menghapus make up di wajah, itu tandanya Anda belum memilih pembersih yang tepat. Menggosok wajah terlalu keras justru bisa merusak kulit Anda dan sangat mungkin memicu timbulnya garis halus dan keriput di wajah. Jadi pilihlah produk yang memungkinkan Anda dapat membersihkan wajah dengan selembut mungkin.

Menggosok wajah dengan lembut juga berlaku ketika Anda selesai mencuci muka. Jangan gosok wajah dengan handuk tetapi tempelkan perlahan handuk ke wajah untuk mengeringkan wajah Anda.

Bersihkan wajah dua kali sehari

Setelah membersihkan wajah dari make up, Anda kemudian baru akan masuk ke tahap mencuci wajah dengan sabun, lalu dilanjutkan dengan penggunaan toner. Cara membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka yang kemudian diikuti dengan toner sebaiknya Anda lakukan dua kali sehari. Satu kali di pagi hari sebelum menggunakan make up dan malah hari setelah menggunakan make up.

Membersihkan wajah dua kali sehari sudah merupakan jumlah paling ideal untuk mendapatkan wajah yang bersih maksimal. Pasalnya jika Anda melakukannya terlalu sering, Anda juga bisa membuat kulit Anda menjadi terlalu kering dan rentan terhadap iritasi.

Perhatikan suhu air yang digunakan

Terdapat anjuran untuk mencuci wajah dengan air hangat, tapi di sisi lain terdapat juga anjuran untuk mencuci wajah dengan air dingin. Keduanya tidak salah, namun tidak juga benar sepenuhnya. Anda bisa menggunakan air sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa air hangat mampu untuk membuka pori-pori wajah, sedangkan air dingin mampu untuk menutup pori-pori wajah. Air hangat cocok untuk digunakan sebelum Anda menggunakan masker atau pun produk skin care, agar kandungan yang dibutuhkan dapat menyerap pada kulit.

Sedangkan air dingin cocok untuk membasuh wajah di akhir jika Anda sudah selesai melakukan segala rangakain perawatan wajah.

Gunakan masker dan scrub wajah seperlunya

Proses exfoliating memang dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati dan juga sisa kotoran dalampori-pori, tapi Anda tidak harus memasukkan penggunaan masker dan scrub wajah ke dalam skin care routine Anda.

BACA JUGA: Cara menghilangkan tai lalat di wajah dengan mudah

Penggunaan masker cukup Anda lakukan maksimal 3 kali seminggu, sedangkan scrub cukup digunakan 1 minggu sekali saja. Jangan lupa juga untuk memilih masker dan juga scrub dari bahan alami yang lebih aman untuk wajah Anda.

Jadi, apakah cara membersihkan wajah Anda sudah benar selama ini? Jika belum, segera perbaiki cara Anda agar bisa mendapatkan wajah yang cantik mulus dan tak kusam lagi. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here