Anda tipe orang yang makan menggunakan tangan atau sendok? Kebiasaan ini mungkin telah menjadi budaya di masyarakat Indonesia. Khususnya beberapa daerah. Banyak orang yang percaya menggunakan tangan saat makan, membuat makanan terasa sedap. Selain itu, percayalah ada beberapa manfaat makan pakai tangan bagi kesehatan.

Setiap jari merupakan perpanjangan dari lima elemen. Anak-anak pada usia balita akan mengisap ibu jari karena ini adalah cara alami untuk membantu pencernaan.

Selain itu, jari telunjuk merujuk pada udara, jari manis merujuk bumi, jari tengah adalah api, dan jari kelingking adalah air. Ketidakseimbangan setiap elemen ini benar-benar dapat menyebabkan banyak penyakit atau gangguan dalam tubuh.

Ketika kita makan, jari dan jempol akan bersama-sama menjaga keseimbangan. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, cobalah makan dengan tangan karena ujung jari adalah memiliki sensasi saraf dalam tubuh.

Berikut ini ada beberapa manfaat makan pakai tangan bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya sebagai berikut:

Manfaat makan pakai tangan

Mencegah diabetes

Sebuah studi mengungkapkan, jika orang dengan diabetes tipe 2 cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan. Makan dengan bantuan sendok dan garpu berkorelasi membuat makan lebih cepat, sebuha kebiasaan yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Kondisi meningkatkan risiko terhadap perkembangan diabetes tipe.

Membuat makan lebih lambat

Manfaat makan pakai tangan bisa membuan Anda makan lebih lambat, sehingga proses pencernaan makanan dapat bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan Anda menjadi lebih sadar akan proses mencerna makan dan merangsang semua indra yang ada di tubuh.

Selain itu, manfaat makan pakai tangan akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik, karena ketika tangan menyentuh makanan, saraf di ujung jari terangsang dan mengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh untuk melepaskan cairan pencernaan. Hal inilah yang memungkinkan makanan terasa lebih enak saat makan dengan tangan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat makan pakai tangan berikutnya adalah kemampuannya meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Seperti halnya olahraga, manfaat makan pakai tangan kanan atau kiri adalah semacam latihan otot.

Meningkatkan rasa kenyang

Sebuah penelitian mengungkapkan, makan menggunakan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding makan menggunakan sendok atau garpu. Selain itu, penelitian itu juga mengungkapkan, ketika Anda makan pakai tangan sambil membaca koran atau menonton TV, Anda cenderung tidak cepat lapar dan lebih memilih untuk mengonsumsi camilan.

Membangkitkan emosi dan gairah

Manfaat makan pakai tangan lainnya adalah meningkatkan gairah dan emosi. Hal ini berkaitan karena makan pakai tangan memiliki kaitan dengan mudra (posisi tangan) yang merupakan dasar untuk yoga dan meditasi. Menurut sebuah tradisi, jari-jari tangan mewakili lima elemen: api, udara, air, surga, dan bumi.

Kelima elemen ini dipercaya dapat memengaruhi makanan dengan membersihkannya dari getaran negatif. Oleh karena itulah, manfaat makan pakai tangan menjadi pengalaman indrawi yang bisa membangkitkan emosi dan gairah.

Selain itu, ujung-ujung saraf di ujung jari juga dapat merangsang pencernaan. Merasakan makanan Anda menjadi cara memberi sinyal pada perut bahwa Anda akan makan. Dengan begitu, Anda menjadi lebih sadar mengenai tekstur, aroma dan rasa.

Pada akhirnya, makan pakai tangan dapat membantu Anda untuk membangun hubungan dengan apa yang Anda makan dengan penuh kesadaran.

Lebih higienis

Meski hal ini banyak bertentangan dengan apa yang dipercayai masyarakat pada umumnya, makan pakai tangan ternyata lebih higienis dibanding makan menggunakan peralatan makanan.

Makan pakai tangan jauh lebih higienis daripada dengan alat makan karena peralatan makanan hanya dicuci satu kali, sementara Anda bisa mencuci tangan beberapa kali dalam sehari.

Ketika Anda makan dengan tangan, bakteri baik yang ada di tangan dipertahankan dan tubuh mendapatkan perlindungan dari bakteri berbahaya. Tentu saja, penting bagi Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk memastikan bahwa tangan tetap bersih dan higienis.

Pada akhirnya, seseorang yang terbiasa makan menggunakan tangan akan selalu mencuci tangan sebelum menikmati makanan. Kebiasaan ini secara langsung akan menjaga kehigienisan tangan dibanding peralatan makanan yang akan Anda gunakan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagaimana peralatan makanan tersebut dicuci.

Menjadi sensor suhu

Jika Anda makan menggunakan bantuan sendok atau garpu, maka secara alam bawah sadar Anda akan langsung memasukan makanan ke dalam mulut tanpa merasakan suhu atau teksturnya.

Oleh karena itulah, manfaatnya adalah mencegah rasa terbakar pada mulut atau lidah. Ketika Anda makan dengan tangan, ujung saraf di jari akan merasakan suhu makanan terlebih dahulu, sehingga mencegah rasa terbakar pada rongga mulut.

BACA JUGA: Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

Kondisi ini juga memicu pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu Anda mencicipi makanan dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa manfaat makan pakai tangan yang sebenarnya tidak banyak diketahui. Semoga kini Anda bisa menerapkan makan pakai tangan dalam kehidupan sehari-hari dan mulai merasakan manfaatnya sehingga Anda bisa hidup lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here