Selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan keluarga di rumah, lho! Apalagi jika dimakan mentah. Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk ke dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceace), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merang.

Bagi sebagian orang, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih dapat menambahkan cita rasa yang khas pada masakan.

Namun ternyata, manfaat bawang putih rupanya tidak hanya untuk peningkat aroma dan cita rasa saja, akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Bawang putih sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat dan pastinya memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sayang Anda lewatkan.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL).

Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

Meningkat imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik.

BACA JUGA: Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh untuk di rumah

Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

Itu dia beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan. Bawang putih memang memiliki aroma yang sangat tajam. Namun, Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here