Nyamuk memang menjadi salah satu masalah besar bagi manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat benjol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam jenis penyakit seperti DBD (demam berdarah dengue) dan malaria. Namun tahukah kamu ada tanaman pengusir nyamuk lho!

Saat memasuki musim penghujan biasanya akan banyak gerombolan nyamuk yang akan bertamu ke rumah-rumah tanpa permisi. Keberadaan nyamuk ini tentu akan sangat mengganggu, terlebih saat kita akan tidur, pasti tidak sedikit orang yang akan kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk.

Banyak orang yang menggunakan obat berbahan kimia untuk mengusir nyamuk, padahal obat tersebut bisa berpotensi mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Namun tanpa Ada sadari, untuk mengatasi hal itu Anda bisa menggunakan cara yang alami yakni memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan rumah Anda.

Sama halnya dengan tanaman tahan panas matahari, jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk memang menyimpan alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lainnya seprti lalat, tidak menyukainya. Kebanyakan karena aroma yang dihasilkan begitu menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Ada banyak sekali tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yang bisa Anda pelihara di dalam ataupun luar rumah. Diantaranya mungkin sudah familiar di telinga Anda, namun ada juga yang tidak. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa nama tanaman pengusir nyamuk sebagai berikut:

Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh

Kayu putih

Jika Anda mempunyai halaman rumah yang kosong, coba tanami dengan kayu putih. Kayu putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman tanpa gangguan dari nyamuk.

Kayu putih bisa ditanam di dalam sebuah pot dan diletakkan di dalam ruangan. Tanaman kayu putih ini akan bekerja seharian untuk menyangkal nyamuk dengan mengeluarkan aroma yang khas.

Cengkeh

Cengkeh merupakan bumbu rempah yang juga dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Cengkeh mempunyai tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma yang cukup harum, namun tidak disukai oleh nyamuk.

Aroma yang cukup khas dari cengkeh tersebut ternyata memang disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh dijadikan bahan dasar pembuatan rokok kretek yang ada di Indonesia.

Bunga kamboja

Kamboja memang identik dengan bunga yang keramat karena pertumbuhannya yang kerap dijumpai di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam. Terlepas dari anggapan mistis dari masyarakat, kamboja termasuk tanaman tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum.

Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata disukai oelh manusia, namun tidak bagi nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pengusir nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi terhadap bunga kamboja.

Akar wangi

Jika tadi ada serai wangi, sekarang ada juga akar wangi. Rumput akar wangi merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Yang pasti, akar wangi termasuk jenis tanaman pengusir nyamuk demam berdarah alami yang ternyata sudah lama juga dijadikan parfum dan losion untuk memberi perlindungan bagi kulit dari gigitan nyamuk.

Kecombrang

Kecombrang dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak. Biasanya sebagai campuran bumbu sayur atau sup. Selain dijadikan bahan makanan, kecombrang juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang teras asam sehingga para nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

Serai wangi

Sereh atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

Daun selasih

Tanaman untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu Anda sudah familiar dengan nama selasih, bukan? Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum (disebut juga daun basil) merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan.

Selain memperindah ruangan, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda. Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.

Bunga lavender

Baik pecinta tanaman ataupun bukan, pasti sudah tidak asing dengan bunga yang cantik ini. Lavender merupakan tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah bernama nyamuk yang bersemayam di rumah Anda. Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi sebab bunga lavender telah banyak dijadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk.

BACA JUGA: Manfaat bunga saffron untuk program diet

Bawang putih

Rempah yang dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia, bawang putih, juga merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

Itulah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk alami paling ampuh di dalam rumah yang bisa Anda tanam mulai saat ini. Semoga bermanfaat!