in

7 Cara alami mengatasi susah BAB atau sembelit

Pernahkah anda mengalami sembelit?. Saat mengalami sembelit menimbulkan rasa kurang nyaman pada tubuh kita. Mengapa demikian, karena sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar dalam waktu yang lama.

Sembelit dapat disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit. Misalnya Anda kekurangan cairan, diet kurang serat, kurangnya aktivitas fisik, atau efek samping pengobatan.

Akibatnya tidur menjadi tidak nyenyak, menyempitnya ikat pinggang, bahkan bisa timbul jerawat pada keesokan hari nya.

Bagaimana sih cara nya mengatasi masalah sembelit?

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah perut Anda hari ini dan untuk pencegahan pada esok hari.

Cara mengatasi sembelit

Mengkonsumsi banyak serat

Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat memang bisa membuat buang air besar terasa sakit dan keras. Makanan berserat bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi sembelit yang anda alami.

Makanan berserat mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan usus, karena dapat mempermudah pergerakan usus dan lebih mudah dicerna.

Namun, hal tersebut juga bisa memperburuk kondisi sembelit, tergantung dengan kadar air dalam asupan ddan jenis serat yang anda konsumsi.

Serat yang bisa anda konsumsi ada 2 macam, yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Serat larut, serat ini bisa ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel dalam tubuh yang dapat melunakan feses yang keras.

Serat tidak larut, serat ini dapat ditemukkan juga pada gandum, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Banyak minum air

Minum enam sampai 8 gelas air setiap hari untuk melunakan feses. Cairan tidak hanya didapatkan dari air minum saja, anda juga bisa mengonsumsi makanan berkuah untuk mengisi kekosongan cairan di tubuh Anda.

Cara lainnya, coba minum air soda atau air berkarbonasi. Menurut beberapa penelitian minuman bersoda dipercaya dapat membuat sembelit mereda sekaligus bisa menghidrasi tubuh.

Akan tetapi, pilih yang tanpa gula alias bukan soft drink, ya. Soft drink malah bisa membuat sembelit jadi makin parah

Mempunyai jadwal waktu ke toilet

Jika pada pagi hari saat anda bangun tidur lalu terus mandi, ambil sarapan dan memakannya dalam perjalanan Anda ke kantor memang baik untuk produktivitas, tetapi tidak untuk pencernaan Anda.

Makan di pagi hari seperti membangunkan usus besar Anda, dan toilet umum biasanya tidak kondusif memenuhi ketenangan yang Anda butuhkan saat BAB.

Duduk/jongkok saat BAB usahakan jangan tegang

Pasti anda pernah untuk Mencoba “memaksanya” keluar, namun ternyata itu tidak akan meringankan sembelit Anda, bahkan bisa membuatnya semakin buruk.

Anda justru membuat diri Anda berisiko terkena wasir atau tonjolan pada jaringan rektum, juga dikenal sebagai prolaps rektum. Jika Anda tetap tidak bisa “mengeluarkannya” setelah 15 menit, berhentilah dan tinggalkan toilet.

Minum kopi

Minum secangkir kopi berkafein ternyata dapat merangsang pergerakan usus, itu menurut penelitian dari inggris dan berbagai laporan anekdot yang ada.

Sementara para pakar, masih berdebat bagaimana kopi bisa bekerja seperi itu, secangkir kopi java perlu dicoba jika Anda tidak memiliki masalah dengan kafein.

Mencoba obat pencahar alami

Jika Anda merasa tidak nyaman karena sembelit, padahal Anda sedang menjalani aktivitas sehari-sehari, Anda bisa mencoba mengonsumsi pencahar alami, seperti susu, atau jus prune,” kata Dr Wilson. “Terkadang bahkan, secangkir kaldu hangat bisa membantu pencernaan Anda bergerak lebih cepat.”

Berolahraga

Para ahli tidak sepenuhnya yakin mengapa, tetapi latihan akan merangsang fungsi usus.

Berjalan, berenang, atau melakukan latihan aerobik lain selama 30 menit tiga kali seminggu cukup untuk mengatasi sembelit. Tetapi ingat, Anda harus tetap terhidrasi.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi sembelit untuk Anda.

Jika cara-cara di atas tidak bisa membuat gangguan pencernaan teratasi, terutama jika sudah lebih dari 3 minggu, segera periksakan diri ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *