in

Lenovo siap hadirkan ZUK Z1 dengan Cyanogen OS di India

Lenovo Siap Hadirkan ZUK Z1 dengan Cyanogen OS di India

Kawan pastinya sudah tahu bahwa Lenovo bakal segera menghadirkan ponsel high-end andalan mereka, ZUK Z1 di India dalam waktu dekat ini. Rupanya, baru saja Lenovo yang diwakili oleh Anuj Sharma selaku Product Marketing perusahaan ini memberikan konfirmasi, bahwa ponsel ZUK Z1 yang hadir di India ini akan menggunakan OS Cyanogen sebagai OS bawaan.

Sebenarnya ini bukanlah hal aneh loh, jika ZUK Z1 menawarkan OS Cyanogen. Soalnya, saat diperkenalkan pada debut internasionalnya dulu, ponsel ini juga hadir dengan dukungan Cyanogen OS. Yang jadi perhatian di sini adalah keberanian Lenovo untuk bersaing di pasar India, mengingat perkembangan Cyanogen OS di India juga cukup pesat.

Tahun 2014 lalu misalnya, salah satu vendor lokal ternama di India, Micromax dengan sub brand mereka ‘Yu Televentures’ diketahui telah menjalin kerja sama dengan pihak Cyanogen dalam menghadirkan OS custom tersebut secara eksklusif di India. Bahkan mereka juga sudah meluncurkan sebuah smartphone bertenaga Cyanogen OS.

Nah, menanggapi kabar kurang sedap ini pihak Lenovo juga tidak tinggal diam. Mereka tidak mau dikatakan sebagai penyerobot jatah orang. Lenovo berdalih, bahwa langkah mereka memasukkan ZUK Z1 berisi Cyanogen OS ke India tidak lain karena kontrak antara Yu dan Cyanogen telah berakhir.

“Kami sudah tahu mengenai kesepakata tersebut, karena kami juga telah dikabari pihak Cyanogen sebelumnya. Tapi sekarang Tim Cyanogen sudah bilang OK, makanya kita berani ‘masuk’ ujar Sharman dalam sebuah wawancara.

Selain menawarkan pengalaman Cyanogen OS, Lenovo ZUK Z1 ini juga akan hadir dengan variaan 64GB di India. Berbicara lebih jauh mengenai OS Cyanogen yang akan dipakai, rupanya adalah OS Cyanogen 12.1 yang dibangun berdasarkan software Android 5.1 Lollipop.

Sebelum ini, ada pula kabar lain yang mengatakan bahwa nantinya Lenovo bakal memakai nama berbeda untuk ZUK Z1 di India. Yakni dengan nama Lenovo Z1. Namun kabar ini masih rumor belaka dan belum dikonfirmasi oleh pihak manapun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *