Pada saat kita memulai menjalin hubungan baru dengan seseorang, kamu tentu akan jauh lebih mengenalnya lebih dalam lagi. Termasuk apa saja yang menjadi masa lalu pasangan. Akan tetapi tak sedikit pula yang tak bisa menyikapinya dengan cara menerima masa lalu pasangan dengan baik.

Masa lalu yang pasangan lalui bersama mantannya memang masih menjadi masalah terbesar dalam sebuah hubungan. Sehingga akan mengakibatkan hubungan dipenuhi dengan kecurigaan dan juga insecure.

Persoalan dari masa lalu ini pun bisa menyebabkan retaknya sebuah hubungan jika tak segera diselesaikan dengan bijak. Padahal, masa lalu memang hanyalah kenangan yang tak akan bisa di rubah.

Untuk kamu yang hingga saat ini belum bisa menerima dengan baik masa lalunya, berikut ini ada beberapa cara menerima masa lalu pasanganmu yang dapat kamu lakukan mulai saat ini.

Cara menerima masa lalu pasangan

Kamu harus menerima jika semua orang punya masa lalu

Cara menerima masa lalu pasangan yang pertama kamu harus memahami dan menerima jika semua orang pasti akan mempunyai masa lalu, termasuk kamu. Kamu tentu tak akan mungkin dapat berhubungan dengan orang yang tak mempunyai masa lalu, baik itu masa lalu yang baik maupun buruk.

Nah, jika kamu telah memahami jika semua orang memang mempunyai masa lalu, tentu pikiranmu akan menjadi terbuka. Dan sedikit demi sedikit kamu bisa menerima masa lalunya.

Jangan mencurigai pasangan

Entah pengalaman yang baik ataupun buruk, cerita mengenai orang-orang yang singgah di dalam masa lalu pasanganmu mungkin bisa sewaktu-waktu kamu ungkit. Kamu akan kesal saat mengetahui kenangan manisnya dengan mantan. Akan tetapi kamu pun insecure, pada saat kamu meengetaui pengalaman pahitnya di masa lalu.

Hingga kemudian dalam pikiranmu muncul sebuah pertanyaan bagaimana jika ternyata pasanganmu masih selalu mengingat masa lalunya. Agar pikiran itu tak lagi datang dan membuat kamu mencurigai pasangan, cara menerima masa lalu pasangan bisa kamu lakukan dengan meyakinkan pikiranmu jika itu hanya sebuah kenangannya di masa lampau, dan kini dia sudah bersamamu.

Meningkatkan kualitas pertemuan dan komunikasi diantara kalian

Cara menerima masa lalu pasangan bisa kamu lakukan dengan cara lebih meningkatkan kualitas pertemuan dan komunikasi antara kamu dan pasangan. Saat kalian tengah bertemu atau berkomunikasi, cobalah saling membahas apa yang menjadi kesukaan masing-masing dan berhenti terus menerus membahas masa lalu. Dengan demikian, ikatan diantara kalian tentu akan semakin erat.

Fokus pada masa depan

Setelah mengetahui cerita masa lalu pasangan, biasanya kamu akan menjadi menghindar dan bahkan sampai membenci orang yang pernah berhubungan dengan pasanganmu. Hal itu tak seharusnya kamu lakukan, karena justru kamu akan terlihat belum dewasa. Kamu hanya harus fokus pada masa depan kalian, tanpa harus mengungkitnya kembali.

Bisa menerima pasanganmu yang sekarang

Terkadang memang masa lalu bukan hanya soal mantan, melainkan sikap yang mungkin sulit kamu terima. Misalnya karena dia mempunyai masa lalu yang kelam, hingga membuatmu merasa khawatir ia akan mengulanginya. Namun, selalu kamu ingat jika semua orang bisa berubah dan belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Dengan cara menerima masa lalu pasangan, berarti kamu sudah mengambil satu langkah pencegahan atas hal serupa yang akan terulang lagi di masa depan. Tak hanya itu, kamu pun bisa membantunya untuk terus memperbaiki dirinya agar lebih baik dengan membuat kesepakatan di antara kalian.

BACA JUGA: 5 Cara paling simple untuk menguji kesetiaan pasangan

Pastikan dengan komitmen agar tak saling melanggar. Dengan begitu, apa pun masa lalunya, kalian tetap bisa menjalani hubungan dan berkembang karena saling memperbaiki.

Itulah beberapa cara menerima masa lalu pasangan, meski memang sulit namun kamu harus yakin bisa melakukannya. Jangan sampai kamu membiarkan cintamu kandas begitu saja hanya gara-gara kamu belum bisa menerima masa lalu pasangan. Mulailah saling menerima dan melengkapi agar hubungan yang kalian jalani tetap harmonis dan langgeng, ya!