Masuk angin merupakan salah satu kondisi yang dianggap menjadi penyakit dengan kemunculannya yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang.

Perut kembung karena terlalu banyak angin dan masuk ke dalam perut biasanya disebut-sebut menjadi penyebab masuk angin terjadi.

Namun, apakah kalian tahu jika ternyata masuk angin bukanlah sebuah penyakit? Karena hal ini tak ada istilahnya dalam bahasa kedokteran.

Gejala masuk angin yang sering ditimbulkan biasanya seperti meriang, pusing, dan lelah yang disertai sekujur tubuh terasa sakit.

Masuk angin biasanya menyerang dikarenakan badan yang terlalu capek, cuaca yang dingin, dan bisa juga terkait akan penyakit lainnya, misalnya influenza.

Lantas, apa lagi sih yang menjadi penyebab masuk angin terjadi pada seseorang? Berikut ini sejumlah kebiasaan dan kondisi yang akan memicu terjadinya masuk angin.

Penyebab masuk angin

Kurang tidur

Banyak sekali para pegawai yang biasanya menyelesaikan pekerjaannya sampai larut malam sehingga waktunya untuk beristirahat pun menjadi lebih sedikit.

Tak heran jika stamina tubuhnya pun menjadi menurun. Hal inilah yang akan mengakibatkan terganggunya sistem kekebalan tubuh dan kemampuannya melawan virus penyebab masuk angin datang.

Terlalu lama dalam ruangan ber-AC

Pada sebagian rumah atau kantor biasanya dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC. Agar dinginnya lebih terasa, ruangan selalu dikondisikan secara tertutup.

Akan tetapi, ini ternyata malah membuat kualitas udara di dalam ruangan semakin memburuk dan menjadi salah satu penyebab terjadinya masuk angin.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Dan Teculescu di Inggris, Italia, dan Skandinavia menyebutkan, jika seseorang terlalu lama di dalam ruang ber-AC dapat menyebabkan berbagai keluahan kesehatan yang akan terjadi.

Mulai dari penyakit berat, seperti terjadinya infeksi pernapasan, sampai yang ringan, seperti sakit kepala.

Kebanyak orang juga akan mengeluhkan sering bersin-bersin karena sensitif teerhadap sirkulasi udara yang buruk.

Sering terlambat makan

Padatnya kesibukan bisa menyebabkan seseorang melupakan makan. Padahal, kebiasaan buruk terlambat makan ini dapat membuat perut Anda menjadi mudah kembung dan menyimpan banyak gas di dalamnya.

Ini merupakan suatu kondisi yang sering dianggap sebagai pemicu masuk angin muncul.

Kehujanan

Saat kamu kehujanan hal itulah yang juga akan menjadi salah satu penyebab masuk angin dan perut kembung terjadi, kondisi ini pula yang akan menjadi gejala awal terjangkitnya suatu penyakit, seperti flu maupun influenza.

Meski anggapan jika kehujanan bisa menyebablan masuk angin belum sepenuhnya tepat, namun sebagian orang meyakini jika hal ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Makan yang terlalu cepat

Semakin cepat Anda makan, justru semakin banyak pula udara yang masuk ke dalam tubuh hingga akhirnya udara terkumpul dalam perut.

Inilah yang akan menjadikan Anda merasa jika perut Anda kembung dan dianggaplah hal itu sebagai masuk angin.

Pada saat sedang makan, perlu waktu kurang lebih 20 menit untuk perut bisa memberi tahu otak jika ternyata Anda telah kenyang, sehingga Anda biasa makan dengan cukup untuk membuat perut merasa kembung dan tak nyaman sebelum otak menerima pesannya.

Cuaca

Cuaca dingin pada saat musim penghujan biasanya dianggap menjadi salah satu penyebab masuk angin tiba-tiba.

Padahal, musim hujan lebih mudah mengembangkan virus flu. Nah, jika Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan yang terdapat banyak orang di dalamnya, sangat dipercayai bisa berisiko untuk terkena flu lebih tinggi dan akan menularkannya pada orang lain.

Tak hanya musim penghujan saja, musim kemarau juga akan menjadi penyebab gejala flu datang.

Ini diakibatkan udara kering bisa mengeringkan selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, sehingga hidung Anda pun akan tersumbat dan sakit tenggorokan.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini juga akan menyebabkan meningkatnya risiko masuk angin karena terserang flu dan penyakit lainnya.

BACA JUGA: Bahaya kerokan bagi kesehatan yang harus diwaspadai

Menghirup asap tembakau juga bisa mengiritasi lapisan tenggorokan Anda, sehingga gejala flu biasa akan malah menjadi lebih buruk.

Untuk itu, berhenti merokok menjadi salah satu langkah terbaik untuk mencegah penyebab masuk angin duduk.

Itu dia beberapa faktor penyebab masuk angin yang harus Anda hindari di musim panca roba ini.

Selalu menjaga kesehatan dan istirahat dengan cukup bisa menjadi salah satu langkah yang sangat efektif Anda lakukan untuk mencegah masuk angin menyerang.