Bicara mengenai orang tua, hati anak mana yang tak langsung akan merasakan rindu saat mendengarnya. Seiring bertambahnya usia, tentu kamu ingin memberikan banyak hal untuk membuat orang tua menjadi senang dan bahagia. Namun, tak sedikit pula yang merasa malu dan bingung harus dengan cara mengungkapkan rasa sayang yang seperti apa.

Seperti yang kita ketahui, bahwa orangtua merupakan sosok yang samat sangat berharga di dalam hidup, bagaimana tidak? Dia lah yang telah memberikan seluruh kasih sayangnya tanpa syarat apapun.

Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya seringkali diri ini akan merasa gengsi untuk mengungkapkan rasa sayang kepada mereka, rasanya bibir terasa menjadi kelu. Namun meski kita buka tipe yang ekspresif dalam mengungkapkan rasa kasih sayang kepada orang tua, berikut ini beberapa cara mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua yang dapat Anda lakukan.

Cara mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua

Memberi kado

Cara mengungkapkan kasih sayang kepada orang tua tak harus dengan kado yang berharga mahal, kado apapun itu dan untuk siapapun itu akan lebih menyenangkan apabila isi kado yang diberikan ternyata sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh penerimanya. Namun hal ini pun harus kamu perhatikan dengan isi kantong kamu, ya! Dengan kado yang sederhana pun orang tuamu akan tetap merasa diperhatikan oleh anak-anaknya.

Mengingat hari ulang tahunnya

Nah momen-momen seperti inilah yang sangat sering setiap anak lupakan. Padahal ini merupakan hal yang sangat sederhana untuk mengucapkan “selamat ulang tahun mah, pah” tapi karena kita merasa gengsi, atau lebih parahnya lagi kita sama sekali tak mengingatnya.

Oleh karena itu sangat penting bagi seorang anak untuk selalu mengingat hari ulang tahun kedua orang tuanya. Jika kamu merupakan salah satu orang yang sangat sibuk bahkan sampai melupakan ulang tahun sendiri, dengan membuat note di kalender mungkin akan sangat membantumu. Ini juga momen yang tepat untuk memberikan kado sebagai cara mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua.

Mengunjungi orang tua

Karena sibuk dengan bekerja di perantauan, sempatkah kamu memikirkan bagaimana orang tuamu akan merasa kesepian tanpa adanya anak-anak mereka? Meski ini sangat jarang diungkapakan oleh keduanya secara langsung tapi mereka sangat menanti kehadiranmu dan keluarga di kampung halaman.

Jadi bagaiamana pun kesibukanmu, jangan lupa sempatkanlah untuk kamu mengunjungi orang tua mu dalam beberapa kesempatan.

Jangan lupa untuk selalu mengubungi mereka

Ingat cara ini merupakan salah satu yang sangat wajib kamu lakukan. Dengan 2-3 menit menghubungi mereka, menanyakan bagaiamana kabarnya, apakah mereka merasa sehat dan baik-baik saja, hal itulah yang membuat mereka merasa diperhatikan. Jika ada waktu berlebih pun akan lebih baik dengan mendengarkan terlebih dahulu cerita yang akan mereka ceritakan padamu.

Mengajak mereka menginap di rumah

Cara mengungkapkan kasih sayang yang dapat kamu tunjukan kepada orang tua berikutnya yakni dengan mengajak kedua orang tuamu untuk menginap di rumah. Dan apabila kita memiliki beberapa saudara alangkah lebih baik jika kegiatan ini kalian jadwalkan.

Mungkin misalnya dua minggu sekali atau sebulan sekali, hal ini dilakukan agar orang tua menjadi lebih dekat denganmu dan juga cucu-cucunya apabila kita tak bisa menyempatkan waktu mengunjunginya.

Menyerahkan seberapapun hasil keringat kita

Hal ini sangat perlu kita lakukan karena mengingat seberapa kerasnya perjuangan orang tua dalam merawat dan juga memberikan pendidikan yang terbaik. Oleh karena itu sangat diperlukan sesekali untuk kita menyerahkan seberapapun hasil dari kerja keras kita untuk kedua orang tua, tak perlu semuanya karena tentu kamu pun akan memiliki kebutuhan tersendiri yang harus dipenuhi.

Merawat mereka ketika senja

Cara mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua terakhir inilah yang biasanya dianggap sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi jika kamu mempunyai jarak rumah yang cukup jauh dengan kedua orang tuamu. Namun seperti yang sudah dibahas diatas, kamu tentu bisa menyiasatinya dengan mengajak mereka untuk tinggal di rumahmu agar kamu dapat dengan mudah merawatnya.

BACA JUGA: 10 Panggilan sayang untuk pacar yang kekinian

Perlu kamu ingat, bahwa orang tua yang tekah menginjak usia senja tentu akan merasa senang sekali apabila masa senjanya mereka habiskan dengan anak dan cucunya tersayang. Dan bersama keluarga lah rasa kesepian di masa tua pun akan hilang.

Demikianlah berbagai cara untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang tuamu. Nah, dari cara-cara diatas, cara mana nih yang akan kamu dedikasikan kepada orang tua?