Sebagian besar masyarakat masih saja menganggap jika efek dari kurang tidur merupakan sesuatu yang tidak membahayakan, namun faktanya bahaya begadang ternyata memiliki konsekuensi yang besar dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Jam tidur yang dibutuhkan setiap orang sangatlah berbeda-beda tergantung pada usia masing-masingnya. Orang dewasa dikatakan telah dapat tidur dengan cukup jika jam tidurnya selama 7-9 jam per harinya, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10-13 jam setiap harinya. Oleh karena itu jika Anda sulit untuk menjalani tidur malam selama itu, Anda mungkin bisa mencoba cara lain dengan mencoba tidur bifasik.

Kurang tidur secara rutin dapat membuat Anda berisiko mengalami berbagai kondisi medis yang serius misalnya seperti obesitas, penyakit pada jantung, diabetes, dan masih banyak penyakit lainnya yang bisa kapan saja datang jika Anda terus menerus melakukan begadang.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih banyak lagi bahaya-bahaya begadang bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh

Menambahnya berat badan

Menurut penelitian menunjukkan, bahaya begadang setiap hari biasanya akan membuat seseorang yang kurang tidur cenderung akan lebih banyak makan camilan yang berkalori tinggi di malam hari. Selain itu, mereka pun cenderung akan mengonsumsi makanan dengan karbohidrat yang tinggi dengan porsi yang lebih besar.

Studi lain pun membuktikan jika orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap harinya cenderung akan mengalami kenaikan berat badan ditambah pula dengan peningkatan risiko obesitas dibandingkan dengan orang yang jam tidurnya tercukupi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang kurang tidur tentu akan ada kaitannya dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar. Bagi Anda yang berencana untuk menurunkan berat badan, tentu saja begadang bukanlah cara yang efektif untuk mewujudkannya.

Kulit terlihat lebih tua

Berbanding dengan hormon pertumbuhan yang telah dilepaskan dalam jumlah yang lebih sedikit pada saat melakukan begadang, kurang tidur akan membuat hormon koristol (hormon stres) dilepaskan dalam jumlah yang agak banyak. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, namun ternyata kolagen merupakan protein yang bisa menjadikan kulit Anda semakin kencang dan elastis.

Bahaya kurang tidur pun akan mengakibatkan mata Anda mengalami pembengkakan dan kulit akan menjadi lebih pucat tak berseri. Kebiasaan begadang yang berkepanjangan inilah yang dapat menyebabkan kurang tidur kronis. Sehingga berdampak timbulnya garis-garis penuaan halus di wajah sehingga menjadikan kulit Anda jauh lebih kusam dari biasanya.

Pelupa

Pada saat tidur, otak akan mengalami proses regenerasi sel yang sangat berguna untuk memperkuat ingatan Anda. Proses ini juga lah yang akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian otak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori dalam jangka panjang.

Nah, bahaya begadang inilah yang akan mengakibatkan menghambatnya semua proses ini dan meningkatkan rasa mengantuk, sehingga Anda menjadi pelupa dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik.

Agar tak mudah lupa, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan mengingat Anda, maka sangat disarankan untuk Anda menghentikan kebiasaan begadang. Terutama bagi Anda yang disibukkan dengan berbagai aktivitas yang cukup menguras pikiran seperti kerja, ataupun bersekolah.

Menurunkan kemampuan berpikir

Efek begadang lainnya yaitu akan mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan. Kesulitan fokus pun nantinya akan berdampak pada keselamatan saat Anda berkendara maupun bekerja.

Menurunkan libido

Libido yang menurun merupakan salah satu bahaya begadang bagi pria. Karena pada saat Anda kurang tidur, tubuh akan menjadi kelelahan, mengantuk, energi berkurang, meningkatkan ketegangan, dan pada akhirnya akan menjadi kurang berminat dalam masalah seks.

Depresi

Bergadang sama saja dengan memotong jam tidur Anda pada malam hari. Kebanyakan orang yang didiagnosis mengalami depresi dan kecemasan yaitu mereka yang tidurnya kurang dari enam jam di malam hari.

Risiko terkenanya penyakit kanker

Ternyata bahaya begadang bagi kesehatan juga sangat berkaitan dengan meningkatnya risiko terkena penyakit kanker. Penelitian menunjukkan jika mereka yang memiliki kebiasaan kurang tidur, atau sering bekerja shift di malam hari, memiliki risiko terkena penyakit kanker yang cukup tinggi. Belum diketahui pasti apa efek begadang terhadap kemunculan kanker tersebut, namun diduga kuat sangat berkaitan dengan stres dan kerusakan yang terjadi pada sel tubuh.

Meningkatkan risiko kematian

Sebuah studi menyatakan jika Anda tidur hanya dengan durasi selama lima jam saja, ternyata hal tersebut dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 12 persen. Peningkatan risiko ini berlaku untuk semua penyebab kematian, terutama kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

Menjadi tidak bijaksana

Bahaya begadang yang terakhir yaitu bisa memengaruhi interprestasi terhadap suatu peristiwa. Seseorang yang kurang tidur cenderung menilai situasi secara tidak akurat dan tidak bijak. Jika pekerjaan Anda membutuhkan nilai yang akurat, hal ini dapat menjadi masalah yang besar bagi Anda nantinya.

BACA JUGA: Bahaya minum kopi jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan

Nah itulah beberapa bahaya begadang bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan jika terlalu sering dilakukan. Setelah Anda mengetahui apa saja bahayanya, hal penting lainnya yang juga harus Anda ketahui yaitu Anda kini harus berpikir panjang lagi untuk memutuskan begadang.

Mulai saat ini usahakanlah untuk tidur minimak tujum jam setiap harinya. Dannjika terdapat gangguan-gangguan tidur yang membuat kualitas atau jam tidur Anda menjadi berkurang, ada baiknya segeralah berkonsultasi terhadap dokter agar Anda mendapatkan penanganan lebih lanjut.