Ada banyak sekali manfaat kuning telur bagi kesehatan tubuh kita. Beragam manfaat ini merupakan berkat kandungan nutrisi yang berada di dalamnya. Meski demikian, kuning telur kerap sekali dianggap sebagai penyebab tingginya kolesterol, dan alangkah baiknya Anda tak mengonsumsinya secara berlebihan.

Ada berbagai alasan mengapa tak sedikit orang yang gemar mengonsumsi telur, mulai dari kandungan nutrisinya yang sangat melimpah, harganya yang juga terjangkau, hingga dalam pengolahan yang bisa dibilang sangat mudah untuk menjadi sebuah aneka makanan yang sangat lezat.

Di dalam sebuah telur, terkandung 70-75 kalori. Sekitar 15 kalori berasal dari putih telur, dan sisanya 55 kalori dari kuning telur. Selain itu, kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol dan 4,5 mg lemak. Inilah yang membuat kuning telur ditakuti dan dihindari oleh kebanyakan orang.

Namun, tahukah Anda meskipun di dalam kuning telur mengandung kolesterol dan kalori yang cukup banyak, kuning telur sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kuning telur yaitu:

Manfaat kuning telur untuk kesehatan

Baik untuk tulang dan gigi

Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang, gigi, dan juga otot, serta membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D pada kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan dan juga dapat memperkuat tulang dan gigi.

Mengandung protein yang cukup tinggi

Kuning telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Dalam sebutir telur, terkandung sekitar 2,5 gram protein dalam bagian kuning telurnya.

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, serta menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak.

Baik untuk kesehatan rambut

Manfaat kuning telur untuk rambut sangat baik karena dapat Anda jadikan sebagai bahan masker rambut untuk memberikaan nutrisi pada rambut, melembapkan rambut yang kering, menguatkan rambut, dan mengurangi kerontokan.

Mencegah penyakit mata

Manfaat kuning untuk mata sangatlah berguna karena di dalamnya kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis nutrisi tersebut memliliki khasiat dapat membantu mencegah beragam penyakit mata, seperti katarak dan juga degenerasi makula.

Kaya akan vitamin yang sangat berlimpah

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan dengan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu B6, B-12, A, D, E, dan K. Vitamin tersebut hanya dapat ditemukan dalam kuning telur, dan tidak akan Anda temukan di putih telur.

Mengurangi risiko cacat tabung saraf

Manfaat kuning telur untuk kesehatan karena di dalam kuning telur mengandung kolin dan folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini sangat berperan penting dalam menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. Beberapa studi juga menyebutkan jika kolin dan folat dapat mengurangi kekambuhan gejala asma.

Mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis

Walau lemak telur tersimpan di bagian kuningnya, sebagaian lemak tersebut adalam lemak omega-3. Oleh karena itu, agar Anda mendapatkan manfaat kuning telur yang baik. Anda perlu memilih telur yang berlabel omega-3 yang baik untuk kinerja otak dan memori, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, asma, radang sendi, dan kanker.

BACA JUGA: Selain melezatkan masakan, ini dia 11 manfaat serai untuk kesehatan

Nah, itulah manfaat kuning telur yang sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Namun, meski banyak sekali manfaat kuning telur yang bisa kita dapatkan, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi kuning telur. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena kandungan kolesterol dalam kuning telur yang cukup tinggi.

Meski demikian, beberapa studi menyatakan bahwa konsumsi telur dalam batas wajar terlihat tidak meningkatkan kadar kolesterol secara drastis.