Manfaat serai untuk kesehatan sangatlah beragam karena sering sekali dikaitkan dengan kandungan nutrisi yang berada di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan menjadi semakin lezat, serai juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Agar Anda dapat mendapatkan manfaat serai, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung serai. Anda juga bisa menjadikan minyak serai sebagai aromaterapi yang sangat menenangkan.

Serai sendiri dipercaya akan beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda, jika Anda belum mengetahuinya berikut ini beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Manfaat serai untuk kesehatan

Mengatasi gigi yang berlubang

Mengkonsumsi teh serai ternyata bisa membantu Anda mengatasi infeksi pada mulut dan juga gigi yang berlubang, lho! Sebuah penelitian mengungkapkan jika zat antimikroba yang terkandung di dalam serai ternyata efektif untuk melawan bakteri yang berbahaya seperti Streptococcus mutans, yakni bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Melawan radikal bebas

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dalam serai mengandung beberapa antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada serai diantaranya yakni asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat serai bagi kesehatan lainnya yakni dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah Anda. Hal ini karena di dalam serai terkandung mineral yang bernama kalium.

Meringankan gejala sindrom pramentsruasi

Meski perlu di diteliti lebih lanjut mengenai kebenarannya, namun mengkonsumsi teh seraui dipercaya mampu mengatasi kram yang terjadi saat wanita sedang menstruasi dan juga kembung yang dialami oleh wanita saat sedang sindrom pramenstruasi atau premenstruation syindrome (PMS).

Mengatur fungsi otot

Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam serai sangat bermanfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf. Mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang mengandung serai juga sangat berguna dalam menjaga tulang agar tetap kuat.

Mengatasi kecemasan

Tidak hanya dikonsumsi, Manfaat serai juga bisa dijadikan sebagai aromaterapi untuk mengatasi kecemasan yang sedang Anda rasakan. Namun, mengenai  ini masih butuh diteliti lebih lanjut mengenai hal ini terkait dengan efektivitasnya.

Menurunkan berat badan

Meski perlu diteliti terlebih dahulu, teh serai kerap digunakan sebagai bahan pembantu untuk menurunkan berat badan. Namun ingat, jangan menjadikan teh serai sebagai satu-satunya penurun berat badan, ya! Karena hal ini bisa menimbulkan efek samping jika mengkonsumsinya secara berlebih.

Menjaga kolesterol

Manfaat serai juga dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Serai diyakini dapat mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik. Sebaliknya, serai juga mampu menaikkan kadar koleterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan.

Meskipun dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL naik, akan tetapi masih harus diuji kembali efektivitas daun serai pada pasien yang telah terlanjur memiliki penyakit kolesterol yang tinggi.

Membantu sistem pencernaan

Zat antimikroba yang terdapat di dalam serai mampu membantu fungsi usus dan pencernaan. Mengkonsumsi serai dengan teratur bisa melawan bakteri buruk dan parasit yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kontipasi, diare, kelebihan gas pada lambung.

Untuk kesehatan kulit

Serai dapat memurnikan darah dan juga melancarkan sirkulasi darah. Manfaat serai untuk wajah dipercaya dapat membantu Anda dalam mengatasi kulit yang berjerawat atau eczema. Selain itu, serai juga membuat kulit Anda semakin bercahaya secara alami.

Meredakan gejala flu

Manfaat serai yang berikutnya juga sangat baik untuk tubuh, karena dapat meredakan gejala flu yang sedang melanda pada diri Anda. Konsumsilah teh serai karena hal tersebut dapat menurunkan gejala flu seperti demam dan juga hidung tersumbat. Namun serai tak bisa menyembuhkan atau mengobati flu karena penyebabnya merupakan infeksi virus. Sehingga serai hanya bisa digunakan untuk obat pendampingnya saja.

BACA JUGA: Manfaat teh hijau bagi tubuh yang sangat beragam!

Banyak sekali bukan manfaat serai untuk kesehatan tubuh? Jadi mulai saat ini segeralah untuk mengkonsumsi serai, ya! karena selain manfaat diatas, ternyata serai juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa nyeri, bengkak, dan sakit kepala. Meski demikian namun Anda harus tetap melakukan penelitian lebih lanjut terlebih dahulu.