Berbagai varian teh hijau (green tea) kini menjadi sangat digemari oleh berbagai kalangan. Pasalnya kini teh hijau sudah menjadi tren untuk sebagian kalangan, misalnya saja pagi para pelaku diet untuk menurunkan berat badannya. Hal ini tentunya karena tak lepas dari beragam manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh.

Teh hijau sendiri kini memang dianggap menjadi salah satu minuman yang sangat sehat di dunia. Teh ini pun diketahui berasal dari tanaman Camellia sinensis. Daunnya tidak teroksidasi dan polifenol yang paling tinggi dibandingkan dengan teh-teh lainnya.

Antioksidan dan polifenol dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh diantaranya yakni menangkal efek buruk yang diakibatkan dari adanya radikal bebas, memberi efek anti kanker dan juga anti peradangan.

Jenis teh ini pula dipercaya banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Banyak pula penelitian yang membuktikan jika orang yang meminum teh hijau akan lebih baik kondisi kesehatannya daripada mereka yang sama sekali tidak mengonsumsinya.

Untuk Anda yang ingin mencoba mengkonsums teh hijau, berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau yang akan Anda dapatkan jika Anda meminumnya secara rutin.

Manfaat teh hijau bagi tubuh

Merawat kecantikan wajah

Studi yang dilakukan oleh Medical Collage of Georgia pada tahun 2003 menemukan sebuah fakta jika manfaat teh hijau untuk wajah disebut-sebut sangat efektif sekali dalam meningkatkan elastisitas kulit wajah, detoks alami, mengatasi inflamasi, dan bahkan dapat menghilangkan noda luka yang meenjadi membekas pada kulit waja Anda.

Menghilangkan kantung mata

Manfaat teh hijau untuk mata yakni salah satunya untuk menghilangkan kantung mata (Panda’s eye) yang tentunya akan sangat mengganggu terhadap penampilan Anda. Salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan Anda rutin mengkonsumsi daun teh hijau. Karena di dalam teh hijau ini terkandung zat tannin dan juga antidioksidan.

Mengatasi jerawat

Dalam teh hijau juga mengandung katekin, dimana zat tersebut amat sangat menghasilkan manfaat teh hijau untuk jerawat di wajah yang tentunya sangat mengganggu. Katekin adalah zat yang bersifat anti-bakteri, yang fungsinya dapat mengendalikan ketidakseimbangan yang terjadi pada hormon dan meredekan peradangan yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah.

Menghindari penuaan dini

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika teh hijau mengandung zat antioksidan yang bernama polifenol. Polifenol itu sendiri sangat mempunyai peran penting dalam menghalau radikal-radikal bebas yang akan menyerang bagian tubuh, dimana radikal bebas tersebut berpotensi untuk menciptakan kerusakab pada sel kulit, sehingga kulit Anda nantinya akan mengalami penuaan dengan cepat.

Membakar lemak

Untuk Anda yang tengah menjalankan progranm diet, teh hijau ini mungkin sudah tak akan asing lagi. Bahkan, teh hijau ini mungkin telah menjadi minuman rutin sehari-hari Anda.

Teh hijau sendiri memang sangat kerap dikaitkan dengan program penurunan berat badan. Manfaat teh hijau yang satu ini pun telah dibuktikan oleh penelitian.

Dikatakan jika dengan mengkonsumsi teh hijau sebelum Anda melakukan aktivitas olahraga ternyata sangat ampuh membakar lemak dalam tubuh 17 persen lebih banyak dibandingkan dengan yang tak meminum teh hijau sebelum melakukan olahraga.

Membatasi asupan kalori

Manfaat teh hijau yang bersangkutan dengan program penurunan berat badan lainnya yakni untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Ini disebabkan teh hijau dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga Anda dapat mengontrol asupan kalori, dimana kalori inilah yang sangat berperan dalam meningkatkan berat badan.

Memperlancar metabolisme tubuh

Pembakaran lemak yang sempurna sangat sekali membutuhkan metabolisme tubuh yang baik. Salah satu cara memperlancar metabolisme tubuh dengan cara yang alami yakni dengan mengkonsumsi teh hijau. Zat yang terkandung di dalam teh hijau ini pun membuatnya efektif dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak dapat terbakar dengan cepat.

Menjaga kesehetan gigi dan mulut

Teh hijau mengandung zat bernama katekin, dimana katekin ini dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.Sejumlah penelitian yang telah dilakukan menemukan fakta bahwa katekin efektif membasmi bakteri Streptococcus, yakni bakteri yang menyebabkan munculnya plak dan juga lubang pada gigi.

Mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan pada teh hijau juga menghasilkan manmfaat teh hijau untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Teh hijau ini sangat berkhasiat karena mengandung zat antioksidan yang memiliki tugas sebagai penanhkal radikal bebas, yang mana radikal bebas ini menjadi perusak sel tubuh yang akhirnya berujung pada timbulnya sel kanker.

Mencegah diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di negeri sakura, Jepang menunjukkan jika daun teh hijau memiliki khasiat teh hijau yang berguna untuk meminimalisir risiko terjadinya penyakit gula darah atau yang lebih sering disebut dengan diabetes.

Dikatakan dalam penelitian tersebut jika mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko terkena diabetes 42 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak meminumnya.

BACA JUGA: Cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan alami

Itu dia beberapa manfaat teh hijau yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Dengan meminum teh hijau dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang menyeramkan. Oleh sebab itu, mulai saat ini rutinlah untuk meminum teh hijau. Semoga bermanfaat!