Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata manfaat tomat juga sangat baik untuk kesehatan wajah Anda, lho! Karena tomat memiliki banyak sekali manfaat agar kulit wajah Anda tetap terjaga dan terawat.

Tomat merupakan bahan pokok yang pada umumnya dapat kita jumpai di setiap dapur rumah tangga. Namun tak banyak yang tahu jika manfaat tomat ternyata bisa untuk kecantikan, misalnya saja untyuk mengecilkan pori, mengurangi jerawat dan kemarahan, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, buah merah bulat ini memiliki sifat pendingin yang dapat menyembuhkan segala peradangan yang terjadi pada kulit akibat terbakar oleh matahari. Selain itu, tomat mengandung asam alami yang bisa mengendalikan produksi sebum pada kulit wajah yang berminyak.

Dikenal dengan banyak sekali manfaat untuk merawat segala jenis masalah kulit, jadi tak heran jika mengonsumsi dan menggunakan produk tomat akan membuat kulit Anda sehat dan cantik.

Nah, berikut ini manfaat tomat lainnya untuk wajah yang dapat Anda rasakan seperti:

Manfaat tomat untuk wajah

Membuat kulit bercahaya

Manfaat tomat untuk wajah sangat luar biasa jika Anda menggunakannya pada kulit wajah Anda. Caranya pun hanya dengan mengoleskan sari tomat atau langsung oleskan setengah buah pada kulit. Cara ini disebut-sebut akan meratakan warna kulit serta membuat kulit kembali bercahaya dan tampak lebih sehat berkat vitamin C yang terkandung di dalam tomat.

Mencegah penuaan dini

Manfaat lain dari tomat pada wajah Anda yakni membuat kulit Anda mampu menyerap oksigen dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Perawatan yang alami menggunakan tomat ini akan membuat kulit Anda semakin lebih terlihat muda dan sehat berseri pastinya.

Sebagai sunscreen alami

Berbagai penelitian menyebut jika buah tomat kaya akan antioksidan yang disebut iycopene. Antioksidan ini bekerja sebagai sunscreen alama sehingga dapat melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV yang merusak.

Meredakan stress

Biasanya ekstrak tomat juga sering digunakan sebagai minyak pijat untuk tubuh yang dapat melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Ekstrak tomat juga sering ditambahkan dalam produk krim mata yang berfungsi agar mata Anda terlihat lebih segar.

Melawan kerusakan sel

Mengonsumsi setidaknya 16 mg lycopene setiap hari bermanfaat dalam mengurangi jumlah radikal bebas yang berada dalam tubuh Anda sehingga kulit akan tampak jauh lebih muda. Tak hanya itu, manfaat tomat juga bisa untuk melawan kerusakan sel dan kemerahan yang terjadi pada kulit serta akan menjaga kelembapan dan mencegah garis-garis halus dan keriput.

Menghaluskan kulit

Campurkan sari tomat dengan untuk membuat pasta yang kental. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cara ini akan membuat kulit Anda menjadi halus dan bercahaya.

Mengecilkan pori-pori

Tambahkan empat tetes jus tomat ke dalam satu sendok makan air dan aplikasikan pada wajah Anda menggunakan sebuah bola kapas. Lalu kemudian pijat lembut kulit dengan campuran ini dan biarkan selama 15 menit. Aplikasikan racikan ini untuk mengecilkan pori-pori Anda yang membesar.

Astrigent sempurna

Sifat astrigent tomat membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk kulit wajah Anda. Caranya hanya dengan mencampurkan tomat dengan alpukat lalu kemudian ditumbuk, campuran ini berfungsi untuk menenangkan kulit dan membersihkannya secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil kulit yang bercahaya. Oleskan campuran ini pada wajah dan cucilah dengan air hangat setelah 20 hingga 30 menit.

Manfaat tomat yang satu ini mengandung penyerap minyak alami dan sifat astringen, sementara alpukat memberikan efek antiseptik dan pelembab pada kulit.

Melawan kerusakan sel

Mengonsumsi setidaknya 16 miligram likopen perharinya ternyata bisa mengurangi jumlah radikal bebas yang ada dalam tubuh dan membuat Anda menjadi lebih awet muda. Ini memerangi kerusakan sel dan kulit yang memerah dan juga dapat mempertahankan kelembapan, sehingga mencegah garis-garis halus dan kerutan. Sifat tomat ini juga menjadikan produk anti-penuaan yang luar biasa.

Pemutih alami

Manfaat tomat untuk wajah dipercaya sebagai bahan pemutih alami dan sangat membantu dalam memutihkan warna kulit.

Siapkan bahan yang terdiri dari 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh yoghurt dan 2 sendok teh jus tomat, campurkan semua bahan ini hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan di wajah dan leher, biarkan selama 20 menit. Oatmeal akan mengelupas kulit dengan lembut, sementara yoghurt dan tomat akan membantu membersihkan noda dan meningkatkan warna kulit.

BACA JUGA: Manfaat teh hijau bagi tubuh yang sangat beragam!

Nah agar memperoleh manfaat tomat diatas, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau digunakan sebagai masker. Konsumsi tomat juga dapat diolah bersama jenis makanan lain untuk mengoptimalkan manfaatnya. Jangan lupa juga konsultasikan pada dokter kulit untuk memastikan manfaatnya bagi kulit wajah.