Keringat berlebih tanpa pemicu yang jelas dapat membuat seseorang merasa terganggu, dan menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan dan segera mencari cara mengatasi keringat berlebih karena keringat yang berlebihan bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan Anda.

Berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Caranya dengan mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat.

Normalnya keringat keluar ketika tubuh melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan makanan pedas, demam, atau pada saat merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, takut, atau grogi. Lain halnya dengan keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya pemicu, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

Nah, apakah Anda salah satu tipe orang yang mudah sekali berkeringat? Atau mungkin punya masalah kesehatan tertentu seperti hyperhidrosis. Bisa juga Anda mudah gugup dan stres sehingga sering muncul keringat berlebih.

Apa pun alasannya, keringat berlebih memang sangat mengganggu dan bikin tidak percaya diri. Jangan khawatir, berikut adalah sepuluh cara mengatasi keringat berlebih secara ampuh, sebagai berikut:

Cara mengatasi keringat berlebih

Gunakan antiperpirant

Deodoran memang bisa menghilangkan bau badan tapi tidak akan bisa digunakan sebagai cara mengatasi keringat berlebih secara sepenuhnya. Untuk itu sebaiknya setelah mandi kalian menggunakan antiperspirant.

Antiperspirant bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan sekaligus menyumbat kelenjar keringat yang memproduksi keringat di ketiak. Jika masalah keringat kalian sudah parah, usahakan gunakan antiperspirant dengan kandungan aluminium chloride yang tinggi (setidaknya 13%).

Tunggu sejenak setelah mandi

Cara mengatasi keringat berlebih bisa Anda lakukan setelah mandi, dengan menunggu beberapa menit sebelum kalian memakai pakaian. Hal ini terutama penting untuk kalian yang tinggal di daerah dengan iklim yang lembab atau baru saja mandi menggunakan air panas.

Cukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak bisa mengurangi keringat berlebih karena bulu ketiak bisa membuat area tersebut menjadi lebih lembab. Tidak hanya mengurangi keringat berlebih, mencukur bulu ketiak juga bisa mengurangi bau badan.

Hindari makanan yang bikin keringatan

Makanan juga bisa mempengaruhi bagaimana tubuh kalian berkeringat. Beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu keringat berlebih antara lain bawang putih, makanan dengan banyak lemak, makanan pedas dan panas, es krim dan minuman beralkohol.

Konsumsi makanan yang bisa kurangi keringat

Beberapa makanan justru bisa mengurangi keringat berlebih dan menenangkan kelenjar keringat. Beberapa makanan dan minuman yang bisa kalian konsumsi untuk mengurangi keringat berlebih antara lain air putih, makanan tinggi kalsium, almond, pisang, buah dengan kandungan air tinggi, minyak zaitun dan teh hijau.

Jaga level hidrasi

Cara mengatasi keringat berlebih dengan meminum banyak air putih dan mengonsumsi buah atau sayur dengan kandungan air tinggi bisa membuat badan kalian menjadi lebih dingin dan mencegah keringat berlebih di ketiak.

Pakai pakaian yang longgar

Memakai pakaian yang ketat, terutama di bagian ketiak, bisa membuat kalian berkeringat lebih banyak dan menghasilkan noda keringat. Sebagai gantinya, gunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang sejuk dan bisa ‘bernapas’.

Hindari kafein

Jika ingin mengurangi keringat berlebih, sebaiknya hindari kopi, teh atau minuman panas lainnya yang mengandung kafein. Kafein bisa mendorong sistem saraf dan meningkatkan produksi keringat. Komponen kimia ini juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat, meningkatkan detak jantung dan membuat kelenjar keringat menjadi hiperaktif.

Berhenti merokok

Nikotin yang ada di rokok bisa meningkatkan temperatur tubuh, membuat jantung berdetak lebih kencang dan menyebabkan kelenjar keringat bekerja ekstra.

Pakai sabun antibakteri

Cara mengatasi keringat berlebih lainnya adalah dengan mandi setiap hari menggunakan sabun antibakteri. Bakteri merupakan biang kerok utama yang menyebabkan tubuh kalian berkeringat yang berujung pada bau badan. Setelah mandi, keringkan tubuh kalian menggunakan handuk dan jangan lupa gunakan antiperspirant.

BACA JUGA: Cara mengatasi sesak nafas yang bisa Anda lakukan di rumah

Semoga dengan cara-cara mengatasi keringat berlebih diatas dapat membantu Anda agar terbebas dari keringat yang berlebihan yang dapat mengganggu aktivitas Anda dan menurunkan kepercayaan diri pastinya.

Meski tidak semua keringat berlebih menandakan Anda memiliki penyakit yang berbahaya, namun jika disertai gejala lain dan atau semakin mengganggu Anda. Sangat sekali dianjurkan agar segera berkonsultasi dengan dokter, ya! Semoga bermanfaat!