Mneguapi wajah ternyata banyak manfaatnya lho. Perawatan rumahan yang sangat mudah ini hanya memerlukan baskom berisi air panas saja. Namun meski sederhana, ada banyak manfaat untuk wajah yang pasti Anda sukai. Lantas, apa saja manfaat menguapi wajah yang bisa di dapatkan?

Memang ada banyak perawatan kulit sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Salah satunya adalah steaming atau menguapi wajah.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggunakan air panas yang di tuangkan ke dalam baskom.

Namun, jangan letakkan baskom yang diisi air panas terlalu dekat dengan wajah Anda, ya! Kemudian, letakan handuk di atas kepala untuk mencegah kehilangan uap.

Banyak manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan cara ini. Mulai dari menghilangkan kotoran yang terjebak pada pori-pori kulit dan jerawat hingga meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan menghilangkan semua bintik juga tanda di kulit.

Berikut ini beberapa manfaat menguapi wajah menggunakan air panas yang bisa Anda rasakan.

Manfaat menguapi wajah

membesrsihkan pori-pori

Uap air panas yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori sehingga kotoran yang menyumbat bisa cepat terlepas.

Membuka pori-pori wajah sama dengan melembutkan komedo sehingga membuatnya lebih mudah untuk diangkat. Selain itu, membuka pori-pori juga memungkinkan sel kulit mati dan kotoran lain terlepas.

Dengan begitu, kecil kemungkinan pori-pori akan tersumbat hingga akhirnya menyebabkan jerawat. Manfaat menguapi wajah menggunakan air panas ini mungkin bisa menjadi alasan bagi orang yang kulitnya rentan berjerawat untuk menguapi wajah secara rutin.

Meningkatkan sirkulasi

Kombinasi uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran ini memberi nutrisi pada kulit dan membuat darah mengalir lebih lancar.

Ketika aliran darah lancar, oksigen yang diangkut bisa didistribusikan dengan baik ke seluruh tibuh. Saat sirkulasi meningkat, wajah akan terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Meluruhkan minyak yang terperangkap

Sebum adalah minyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebaceous yang ada di jaringan kulit. Minyak ini sebenarnya punya tugas penting yaitu melumasi kulit dan rambut.

Sayangnya, ketika terperangkap di bawah permukaan kulit, sebum jadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Hal ini membuat kulit wajah akhirnya ditumbuhi jerawat dan komedo.

Oleh karenanya, menguapi wajah punya manfaat penting untuk melepaskan minyak yang terperangkap di kulit.

Menghidrasi kulit

Manfaat menguapi wajah yang selanjutnya
mampu melembapkan kulit sehingga terhindar dari kekeringan. Bukan hanya dari uap airnya saja, wajah juga melembap karena uap bantu meningkatkan produksi minyak.

Minyak yang diproduksi inilah yang secara alami dapat melembapkan wajah. Namun tenang saja, minyak tak akan sampai menyumbat pori jika Anda bergegas untuk mencuci muka.

Membantu kulit menyerap produk lebih baik

Manfaat menguapi wajah lainnya yang mungkin tidak Anda duga yaitu memaksimalkan penyerapan produk perawatan. Uap air hangat yang diarahkan ke wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit.

Permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki membran untuk meloloskan sejumlah partikel yang menembus atau melaluinya. Ketika kemampuan ini meningkat, produk yang dioleskan di wajah otomatis akan terserap dengan baik sehingga manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

Meningkatkan produksi kolagen dan elastin

Aliran darah yang meningkat selama menguapi wajah ternyata bisa mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda. Pasalnya kolagen dan elastin di wajah akan meningkat produksinya.

Kolagen adalah salah satu protein pendukung utama kulit yang memberikan struktur dan kekuatan untuk kulit. Sementara elastin adalah protein yang membuat kulit mampu membentang ke struktur aslinya.

Menjadikan wajah menjadi bercahaya

Melalukan uap wajah menggunakan air panas juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah wajah. Ini meningkatkan aliran darah sehingga membawa lebih banyak oksigen untuk kulit. Sehingga wajah Anda lebih sehat dan bersinar.

BACA JUGA: Cara daftar Kredivo dengan mudah dan langsung acc

Nah itulah beberapa manfaat menguapi wajah yang dapat Anda rasakan. Selain itu, menguapi wajah juga mempunyai manfaat lain bagi tubuh yakni membuatnya menjadi lebih rileks. Biasanya sensasi ini didapatkan dengan maksimal ketika Anda menambahkan rempah-rempah atau minyak esensial ke dalamnya.