Masker alami yang terbuat dari putih telur biasanya mengandung banyak manfaat. Nah, apa saja manfaat masker putih telur buat kecantikan wajah ya?

Kini telur tak hanya sebagai bahan makanan yang kaya nutrisi untuk kesehatan. Putih telunya dapat digunakan untuk beragam masalah kulit wajah. Dalam sebutir telur, terdapat 3,6 gram protein. Komponen utama dari putih telur adalah protein.

Selain protein, putih telur juga disebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat kondisi kulit semakin baik. Meski belum teruji secara ilmiah, masker putih telur menjanjikan banyak khasiat yang baik bagi kulit.

Manfaat masker putih telur biasanya bisa dirasa saat dicampur dengan bahan-bahan alami juga. Misalnya putih telur dan madu, putih telur dan lemon, hingga putih telur dan kopi.

Nah, berikut ini beberapa manfaat masker putih telur untuk kecantikan wajah Anda.

Manfaat masker putih telur

Mengurangi kulit berminyak

Karena masker putih telur memiliki sifat yang mampu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori, putih telur sangat bagus untuk kulit yang terlalu berminyak. Lapisi wajah Anda dengan lapisan tipis putih telur dan biarkan mengering. Setelah kering, bersihkan masker putih telur hingga bersih.

Mencegah dan menghilangkan bekas jerawat

Jerawat muncul karena disebabkan oleh sekresi sebum yang berlebihan ke permukaan kulit. Karena putih telur mampu mengendalikan minyak, tentunya hal itu akan berguna untuk mencegah sekaligus membantu menghilangkan jerawat.

Hati-hati dalam mengaplikasikan masker putih telur pada kulit berjerawat, karena tindakan yang berlebihan pada jerawat justru akan memperburuk keadaan. Jangan gunakan sikat, sebagai gantinya gunakan ujung jari bersih untuk mengaplikasikan putih telur.

Mengurangi kantung mata

Manfaat masker putih telur ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Oleskan putih telur dengan kuas kecil di sekitar area mata. Tunggu kering lalu bilas hingga bersih. Setelah melakukan perawatan, ada baiknya Anda gunakan pelembap

Gunakan masker putih telur ini seminggu sekali, namun Anda dapat menyesuaikan frekuensi sesuai dengan jenis kulit. Sedangkan, jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan masker putih telur dua kali dalam seminggu. Jangan gunakan putih telur pada kulit jika Anda memiliki alergi.

Mengecilkan pori-pori

Anda yang memiliki lubang pori-pori besar di wajah wajib memanfaatkan putih telur. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu dan pori-pori di wajah akan menyusut.

Menghilangkan bulu halus di wajah

Masker putih telur juga mampu menghilangkan bulu-bulu halus yang ada di wajah. Cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah, lalu tempelkan kertas masker di atasnya.

Setelah itu, oleskan kembali putih telur di atas kertas masker yang sudah menempel di wajah. Apabila sudah kering, Anda bisa mengupas kertas masker yang menempel di wajah, dan bulu-bulu yang ada di wajah pun akan ikut tercabut bersama dengan kertas masker.

Mengencangkan kulit

Manfaat masker putih telur bagi kecantikan wajah dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur tipis-tipis di atas wajah anda. kemudian, bilas wajah anda dan keringkan.

Menyingkirkan bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah bisa menjadi salah satu masalah besar bagi anda. Masalah ini sangat mungkin membuat kepercayaan diri anda menurun. Dengan mengusapkan putih telur ke wajah anda, pori-pori yang ada di kulit pun menciut, dan bintih hitam yang ada di wajah pun hancur.

Menyamarkan keriput dan garis halus di wajah

Faktor usia mungkin akan membuat wajah Anda menjadi keriput dan mulai muncul garis halus. Masker putih telur dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu, kulit anda akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

Pencegah penuan dini

Manfaat masker putih telur yang terakhir, yakni mencegah penuaan dan garis halus pada wajah. Pasalnya, kandungan protein di telur bisa menjaga elastisitas kulit wajah lho.

BACA JUGA: Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Itu dia beberapa manfaat masker putih telur yang sangat mudah Anda lakukan di rumah. Namun, apanila Anda melakukannya tidak dengan hati-hati, terutama bila ditambahkan bahan-bahan lainnya, hal itu tentu akan menimbulkan masalah pada kulit Anda.

Efek samping masker putih telur yang bisa terjadi adalah menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Ini karena putih telur mengandung vitamin A, yang bila digunakan pada kulit sensitif bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here