Gigi kuning tentu akan merusak penampilan seseorang, wajar saja jika kemudian semua orang ingin tampil dengan gigi bersih dan putih. Sebenarnya, ada banyak cara memutihkan gigi kuning yang bisa Anda lakukan dengan cara alami ataupun dengan bantuan dokter.

Namun kini, Anda tak perlu keluar banyak uang sebagai cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Sebab bahan-bahan alami yang ada di dapur bisa digunakan untuk memutihkan gigi Anda.

Jika Anda belum mengetahui apa saja bahan-bahan yang bisa Anda gunakan sebagai cara memutihkan gigi, berikut ini beberapa caranya:

Cara memutihkan gigi kuning

Siwak

Penggunaan siwak mungkin bukan baru kali ini saja. Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu. Fungsinya yang digunakan sebagai alat tradisional pembersih gigi ini ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai pemutih gigi alami.

Caranya, gosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Anda bisa melakukannya 2-3 kali sehari.

Garam

Cara memutihkan gigi dengan garam ternyata menjadi cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur setiap hari. Bahkan kandungan antibakteri yang terdapat di dalam garam juga dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

Arang kayu

Arang kayu yang memiliki kandungan alkali ini mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Anda bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Caranya, ambil secuil arang kayu kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian Anda bisa menyikatkan pada bagian gigi.

Lemon

Anda bisa melakukan cara memutihkan gigi dengan lemon karena kandungan asam yang dimiliki pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH nya yang seimbang menjadikan buah ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Caranya, ambil 1 buah lemon yang masih segar. Kemudian ambil air perasannya dan campur dengan 1 sendok teh baking soda. Gosokkan dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.

Kulit pisang

Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokan kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

Kulit jeruk

Tidak berbeda jauh dari kulit pisang, kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi kuning hingga memutihkannya. Caranya pun hampir sama, yaitu gosokan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Baking soda

Cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa Anda lakukan karena baking soda yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ini ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu dapat memutihkan gigi kuning secara alami.
Baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkan noda penyebab gigi kuning. Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup digosokan ke bagian gigi. Kemudian diamkan sekitar 3 – 5 menit setelah itu Anda bisa berkumur-kumur.

Cuka apel

Cuka apel yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan ini ternyata memiliki manfaat yang dapat membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih. Caranya, ambil 1 sendok cuka apel kemudian gosok-gosokan secara metara pada bagian gigi.

Strawberry

Siapa yang tak suka makan buah strawberry? Buah yang memiliki rasa yang memiliki rasa sedikit masam ini menjadi buah yang dapat Anda gunakan untuk cara memutihkan gigi kuning secara alami.

Selain bisa dikonsumsi setiap hari, Anda bisa memutihkan gigi dengan buah strawberry dengan cara menggosok-gosokan bagian luar buah strawberry ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi Anda.

Apel

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga pencernaan, apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang kuning secara alami. Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap harinya.

Selain itu, Anda juga bisa menggosokkan buah apel secara langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda-noda kuning pada gigi Anda.

Daun sirih

Nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami.

Caranya, ambil 1 – 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

BACA JUGA: 10 cara alami dan mudah untuk memerahkan bibir

Jahe

Jahe yang memiliki kandungan antibakterian ini ternyata juga dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat gigi semakin putih dan bersih. Caranya, cukup gosok-gosokan jahe ke bagian gigi secara merata saja.

Kini Anda bisa mendapatkan gigi yang putih dan bersih tanpa harus melakukan perawatan gigi yang mahal. Anda bisa melakukan cara memutihkan gigi yang menguning dengan hanya bahan-bahan alami yang tentunya mudah dan murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here