Saat menyantap orek tempe yang sedap, pasti akan mengingatkan dengan masakan khas rumahan yang sederhana namun selalu membuat rindu. Apalagi jiga orek tempe dibuat dengan resep orek tempe kering.

Makanan sederhana ini memang telah mendunia dan memiliki kandungan gizi yang bisa mencukupi kebutuhan protein untuk tubuh kita. Jadi, walaupun kamu nggak suka daging atau nggak punya uang untuk beli daging, tapi kamu masih bisa membeli tempe dengan harga yang jauh lebih murah.

Walaupun harga tempe ini tergolong murah dan bisa dibeli oleh orang dari kelas menengah ke bawah sekalipun, namun rasa dari tempe ini pun cukup lezat dan banyak disukai.

Apalagi ragam olahan tempe cukup beragam sekali. Jadi walaupun judulnya sama-sama tempe, namun ketika diolah menjadi produk yang berbeda, rasanya pun jadi lebih punya warna.

Salah satu jenis olahan tempe yang banyak digemari adalah orek tempe. Selain cara membuatnya mudah, rasa dari orek tempe ini pun bisa tergolong lezat.

Namun, kita akan menemukan beberapa macam orek tempe di masyarakat. Ada orek tempe yang dibuat kering dan diberi tambahan bahan lain semisal kacang goreng atau teri. Ada juga yang dibuat basah dan dimasak secara sederhana.

Resep orek tempe kering sajian sedapini pun pun menjadi salah satu menu andalan di warteg, dari banyaknya makanan yang dijajakan, tempe orek lah yang menjadi makanan dengan paling banyak dicari dan wajib ada disetiap etalase kaca warteg.

Tak hanya diwarteg saja, tak jarang juga orang yang sengaja menyetok orek tempe dirumahnya sebagai tambahan menu yang selalu tersedia di rumah.

Tentu saja saat memakan orek tempe, pastinya akan teras lebih enak jika dimakan dalam keadaan renyah. Namun masalahnya, apakah orek tempe bisa bertahan lama renyahnya jika disimpan?

Oleh karena itu, gunakan resep orek tempe kering renyah yang dicari banyak orang yakni dengan memilih tempe yang benar-benar sudah jadi. Yaitu dengan bentuk yang padat dan butiran kedelainya sudah menyatu dengan halus dipermukaannya.

Lalu goreng tempe di minyak yang banyak hingga terendam, agar matang dan kering secara merata. Dan jangan terlalu banyak memasukkan irisan tempe ke dalam minyak, karena justru akan mengurangi suhu minyak.

Jika kamu masih bingung dan belum tahu cara membuat orek tempe kering dan renyah , berikut resep orek tempe kering sederhana yang bisa bertahan lama.

BACA JUGA: Enak dimakan, ini manfaat tempe untuk kesehatan

Resep orek tempe kering tahan lama

Bahan-bahan

1 papan tempe ukuran sedang, iris tipis
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 biji cabe merah besar
2 biji cabe rawit (sesuai selera)
Secukupnya gula merah
Secukupnya gula pasir
Sejumput asam jawa
Secukupnya garam
Secukupnya lada (jika perlu)
Secukupnya penyedap (jika berkenan)

Langkah-langkah

Siapkan bahan-bahan yang disebutkan diatas tadi.

Goreng tempe terlebih dahulu dengan minyak banyak, hingga terendam semua. Gunakan api kecil-sedang.

Goreng tempe sampai benar-benar kering. Lalu angkat dan tiriskan. (TIPS: ini adalah kunci kerenyahan tempe, goreng sampai kering, tapi jangan sampai gosong).

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe besar, cabe rawit, gula merah, asam. (TIPS:lebih baik diuleg, karena jika diblender dikhawatirkan akan terlalu banyak air nantinya).

Siapkan wajan dengan minyak. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. (TIPS: boleh ditambahkan air tapi dengan catatan sedikit saja). Tumis hingga matang.

Tambahkan garam, lada dan penyedap (jika berkenan), gula pasir jika kurang manis. Koreksi rasa. Di sini saatnya kamu menciptakan rasa kering tempe yang Anda mau. (TIPS: saat menumis, gunakan api kecil).

Setelah dirasa sudah cukup sesuai selera, matikan api kompor. Tuangkan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk-aduk. Koreksi rasa. Dan kering tempe siap dihidangkan!

Nah, itulah resep orek tempe kering sajian sedap yang bisa kamu buat untuk dihidangkan dan di santap bersama keluarga. selamat mencobanya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here