in

Mudah lupa? Begini cara alami meningkatkan daya ingat dan memori

Mudah lupa? Begini cara alami meningkatkan daya ingat dan memori
Mudah lupa? Begini cara alami meningkatkan daya ingat dan memori. (IST/NET)

Seiring bertambahnya usia, daya ingat juga biasanya semakin berkurang. Kondisi mudah lupa atau yang biasanya disebut pikun ini dipengaruhi oleh faktor genetik.

Namun sejumlah penelitian menunjukan, pola makan dan gaya hidup juga bisa memberi dampak besar pada daya ingat manusia.

Jika Anda mudah lupa, berikut ini merupakan rutinitas yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara alami meningkatkan daya ingat.

1. Mengurangi asupan Gula

Untuk meningkatkan daya ingat, hindari mengonsumsi gula. Kandungan gula selain dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, ternyata juga dapat menurunkan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung gula dapat menurunkan daya ingat dan dapat mengurangi volume otak.

2. Mengonsumsi minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EFA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Banyak penilitian menunjukkan dengan mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat. Baik DHA maupun EPA sangat penting bagi kesehatan dan fungsi otak.

3. Jaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan ideal sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat menyebabkan perubahan negatif pada gen memori di otaknya.

Selain itu, obesitas memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan fungsi memori dan kognitif otak.

4. Perhatikan kualitas tidur

Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, salah satu cara alami meningkatkan daya ingat adalah dengan cara meningkatkan serta memperhatikan kualitas tidur Anda.

Jangan terlalu tidur larut malam, selain bisa merusak daya ingat Anda kebiasaan tidur larut malam juga tidak baik untuk kesehatan badan Anda.

5. Pilih makanan mengandung antioksidan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Makanan yang mengandung antioksidan bisa didapat dari buah beraneka warna, sayuran, dan teh hijau.

6. Melakukan meditasi

Meditasi dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan daya ingat. Meditasi telah terbukti meningkatkan materi abu-abu di otak.

BACA JUGA: 9 manfaat buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan

Materi abu-abu mengandung badan sel neuron. Seiring bertambahnya usia, materi abu-abu menurun, yang berdampak negatif terhadap daya ingat. Meditasi dan teknik relaksasi dapat meningkatkan ingatan jangka pendek dari yang berusia 20-an hingga lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *