Publik sosial media kembali dihebohkan dengan beredarnya sebuah video viral yang memperlihatkan seorang guru honorer di Sulawesi Tenggara tengah membakar ijazah asli dan pakaian dinasnya.

Guru pria itu nekat melakukan hal tersebut lantaran ia putus asa kerana tidak lulus seleksi administrasi CPNS 2018.

Video itu pun kemudian menjadi viral setelah diunggah di media sosial. Guru yang diketahui bernama Asiun berusia 31 tahun warga Kelurahan Poli-Polia, Kecamatan Poli-Polia, Kabupaten Kolaka Timur, Sultra.

Asiun sendiri merupakan seorang guru honorer di SN Negeri 1 Poli-Polia yang telah mengabdi sejak tahun 2007.

Asiun pun mendadak jadi bahan perbincangan warga di Kabupaten Kolaka Timur setelah videonya di unggah ke Facebook.

Dalam video viral itu tampak Asiun yang tengah membakar ijazah asli S1 dari PDSD asli miliknya bersama dengan pakaian dinasnya. Aksinya itu dilakukan pada Senin (22/10) lalu.

Asiun mengaku nekat melakukan hal itu lantaran ia sangat kecewa setelah dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi CPNS 2018.

Ia pun akhirnya putus asa karena sudah tiga kali mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS tapi selalu gagal. Padahal menjadi PNS merupakan impiannya sejak dulu.

Asiun mengatakan, setelah dua kali gagal, ia tetap mencoba tahun ini mengikuti seleksi CPNS. Akan tetapi ia akhirnya mengetahui kalau dirinya tidak lulus seleksi administrasi dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Kolaka Timur.

Alasannya adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-nya hanya 2,30 sehingga tidak memenuhi standar kelulusan.

Padahal, menurutnya pada saat mendaftar online di situs SSCN BKN, tidak ada masalah dengan IPK-nya itu.

Kini, Asiun akan tetap menjadi seorang guru honorer sekaligus menjadi pengawas pemilu lapangan di Bawaslu Kolaka Timur.

Asiun berharap rekan-rekannya yang telah lulus seleksi administrasi CPNS tahun 2018, bisa lolos ke tahap berikutnya dan terus berjuang agar kelak bisa menjadi PNS.

Video Asiun yang membakar ijazah dan baju dinasnya itupun viral hingga mendapat beragam komentar dari netizen.

ardli_alamsyah, “Tidak akan menghalangi masa depan. Walupun ijazah dibakar. Langsung usaha jualan. Biar bisa jdi bos besar. 👍👍”

mnaufal_a, “Hahaha dibakar, penyesalan datang diakhir,jangan sampai nyesal bakar ijazah tuh pak,capek” kita pendidikan kok dibakae”

dillagnyh, “Sukses bukan hanya jadi PNS Bang !!! Masih banyak jalan lain. Gak sayang tuh kuliah puluhan juta buat dapetin ijazah skrg dibakar. Wkwkwk”