in

Keseringan nonton Youtube, seorang ayah ceritakan efek buruk yang dialami anaknya, dia kena syndrome juling!

Keseringan nonton Youtube, seorang ayah ceritakan efek buruk yang dialami anaknya, dia kena syndrome juling!

Di zaman modern seperti sekarang ini anak-anak kecil yang sejatinya belum begitu mengerti kehidupan tapi sudah tahu bagaimana cara mengoperasikan handphone.

Ya, anak-anak zaman sekarang dengan zaman dulu memang berbeda 180 derajat. Jika di zaman dulu anak-anak lebih suka bermain dengan teman sebayanya, anak zaman sekarang justru lebih suka bermain dengan gadget.

Nggak ada salahnya memang anak-anak yang masih kecil bermain gadget, asalkan diberi batasan waktu dan dalam pengawasan orang tua.

Hal itu dilakukan agar anak-anak tidak melihat konten yang tidak seharusnya mereka lihat, terlebih jika mereka suka nonton di Youtube.

Keseringan nonton Youtube juga nggak baik bagi anak-anak yang usianya dibawah 5 tahun. Jika terlalu sering akibatnya bisa fatal seperti bocah yang satu ini.

Belum lama ini akun milik seorang orang tua membagikan kisah memilukan yang dialami anaknya yang diakibatkan oleh handphone.

Dalam postingannya itu, akun bernama Josua Kalalo menceritakan kisah anaknya yang berusia dibawah 4 tahun yang mengalami hal buruk karena keseringan nonton Youtube.

“Hati2 para orang tua yg pny baby umur dibawah 4 tahun jangan biasakan anak anda lihat Youtube. Anak saya kena syndrome juling tapi blm parah diterapi 3 jam tiap hari tutup mata satu. Save your baby from handphone”, tulis Josua Kalalo dalam unggahannya.

Selain itu, Josua juga memberitahu kalau efek pada setiap anak berbeda-beda. Nggak semua anak yang sering nonton Youtube matanya akan juling.

“Efek hp ke masing2 anak berbeda. Ada yg mata juling seperti anak saya tp juling yg blm parah. Ada yg merusak mata sampai bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak segera diperiksa ke dokter mata. Bagi yg anaknya pegang hp lebih dari 1 jam setiap harinya waspada aja. Kurangi kebiasaan ini sebelum terjadi hal fatal pada anak anda”, terangnya.

Dalam postingannya yang lain Josua Kalalo juga memperingatkan orang tua agar menjauhkan anak-anaknya dari barang elektronik ini jika tidak ingin terjadi sesuatu yang membuat mereka menyesal nantinya.

“Mom and dad yg blm bisa paksa anaknya utk lepas dr hp baik game atau youtube. jika ada apa apa dgn anak anda itu semua salah kalian. jangan menyalahkan hp atau aplikasi didalamnya.

bahkan ada yg mati gara2 radiasi berlebihan dari Hp. jangan dibodohi tidak pakai internet. didownload saja trus lihat offline aman. ada yg bilang diklik mode airplane. semuanya sama. hp yg dulu bukan smartphone seperti jaman skg aja sdh bisa rebus telor tanpa apapun.

jauhkan anak anda dari handphone anda. jika anda masih sayang ama mereka. saya post ini ternyata banyak orang tua yg lalai dikarenakan kebiasaan mereka menjadi trend jaman now yg selalu dekat dgn hp atau tidak bisa lepas dr hp. makanya anak kalian meniru hal itu. sayangi diri kalian dan keluarga kalian. jangan jadi zombie masa kini/zombie zaman now.”

Postingan itu kemudian viral sampai diunggah ulang oleh akun @waranddrama.sosmed pada Selasa (12/6).

“Nah buat para orang tua dan para kakak kakakk sebaiknyaa jangan biarkan dulu adek adek kitaa bermain gadget apalagi jikaa berlebihan 🙁 semogaa bisaa mengambil pelajaran dari kejadian ini yaa”, tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Melihat hal itu, banyak para netizen khususnya mereka yang sudah punya anak khawatir akan hal tersebut. Bahkan ada pula yang menceritakan kejadian yang sama seperti Josua Kalalo.

rudeyeay, “gue bilangin nih yak, sepupu gue masih baru lulus tk udh minus 5 boy matanya gr2 yutupan mulu tiap hari. Sedih boy,kacamatanya lebih tebel dibanding gua:(”

ndhin, “Banyak para ortu yg mengalihkan si anak dari rengekan, tangisan, atau supaya si anak duduk anteng diem dengan dikasih YouTube. Cara gw nih supaya si anak berhenti kecanduan YouTube = ajak si anak berenang, bersepeda, jalan2 naik stroller, main kereta tutut, naik odong2, menggambar, menyanyi atau beliin dia mainan yg dia suka. Bikin dia sibuk & teralihkan.”

afifahprtw, “Temenku juga ada, anaknya jadi sering kedip yang agak berlebihan, pas di periksa ke dokter dan emang akibat dari radiasi karna dia sering main hp lebih dari 1jam seharinya , dan sekarang sudah mulai di kurangin dan dibatasin main hpnya sama temenku”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *