in

Bawa oleh-oleh dari Indonesia ke Hong Kong, wanita ini ngaku dikenai pungli dan didorong petugas Bandara

Bawa oleh-oleh dari Indonesia ke Hong Kong, wanita ini ngaku dikenai pungli dan didorong petugas Bandara Juanda

Saat bepergian dengan menggunakan alat transportasi berupa pesawat, barang bawaan penumpang memang selalu diperiksa untuk memastikan tidak ada barang yang mencurigakan.

Selain itu, pemeriksaan tersebut dilakukan demi untuk keselamatan bersama. Terlebih jika barang yang dibawa tidak memenuhi standar peraturan.

Dan baru-baru ini seorang calon penumpang yang hendak terbang ke Hong Kong beradu mulut dengan petugas di Bandara Juanda Surabaya, Senin (26/2) sekitar pukul 04.30 WIB.

Dalam video itu tampak keduanya saling melontarkan ungkapan amarah dengan nada yang tinggi.

Menurut kronologi yang disampaikan wanita tersebut, ia dikenai pungutan liar alias pungli dan juga merasa dibodohi.

Wanita itu menyebutkan bahwa 2 kardus oleh-oleh yang hendak dibawanya ke Hong Kong perlu melalui proses panjang.

Padahal, sebelumnya ia malah membawa dalam jumlah yang lebih banyak dari sekarang tapi sama sekali ia tidak menemui halangan.

Berikut inimerupakan kronologi lengkapnya yang disertakan dengan video kejadian menurut pengguna Facebook dengan akun bernama Yuni Sze, Senin (26/2).

“BAWA OLEH2 DARI INDONESIA KE HONG KONG, BEGINI PERLAKUAN PETUGAS DI BANDARA

#VIRALKAN…! SILAHKAN KALO MAU #SHARE
Kejadian tadi pagi (Senin, 26 Feb 2018, 04.30am)di Bandara Juanda, Surabaya!

Aku bareng sama temanku, aku berlima dia berenam, dia jg bawa oleh2 serupa ke Hong Kong. Biasanya aku bawa oleh2 berbagai macam, jumlahnya sampe 6 box ngga ada apa2. Sekarang giliran bawa cuma 2 box mrk bilang harus karantina lah, urus ijin EXPORT lah, urus Certifikat ini ono lah…!

(●●● Caption tambahan)
●Didalam 2 stereo foam masing2 isinya : 5bks bakso sdh MATENG + 4ekor ayam panggang MATENG…! Jadi, sama sekali tidak ada bahan dri hewan yg mentah
●Sbg informasi memang setiap pengeluaran dan pemasukan hewan dan bahan asal hewan memang harus dilengkapi sertifikat kesehatan karantina, setelah pemeriksaan fisik petugas. Gunanya untuk menjamin bener bahwa sehat dan aman dikonsumsi.

●Namun khusus ke luar negeri syarat ini disesuaikan permintaan negara tujuan. Bila tdk butuh karantina, bisa kok dbawa lsg. (Kebetulan HK tdk mempermasalahkan hal ini asal bukan bahan hewan yg masih mentah)
===
Akhir cerita, aku diancam tidak diterbangkan ke Hong Kong, mereka juga nakut2in aku akan ditolak masuk ke Hong Kong, weleh…!!! Barang dikembalikan kepada kami tanpa proses & penjelasan apapun.

Aku didorong2 spt di video, HP suamiku sempat dirampas, dia juga didorong2, kelewatan!

Anak2ku ketakutan dan bingung.

Hari gini masih mau ngambil Pungli dan Mbodohin calon penumpang…?!?! Viralkan saja…!

Mungkin Gagal pungli & karantina , lalu aku persilahkan ambil saja oleh2nya drpd urusan ribet dan ketinggalan pesawat , eh malah marah2…!!!
Ditanya dan mau difoto Staff ID nya malah kabur!”

Video itu pun kemudian menjadi viral. Sampai saat ini, video tersebut telah mendapat 7,7 ribu like, 18.526 kali dibagikan dan mendapat beragam tanggapan dari netizen.

Gebry Prasetyono, ” Kok yg korupsi mereka diam aja ,padahal para korupsi mkn uang rakyat mereka ke luar negri tampa hambatan .dasar ppungli perlu di share ….”

Aeni Wida, ” Saya juga pernah kaya gitu tapi di bicarakan lebih sopan jgn semua ngotot ..semua lancar nada masalh barangpun masuk bisa d bawa …”

Catur Autorims, “Up teruus….. Biar petugas di bandara ngak seenaknnya…”

Chaterine VoNy, “kebanyakan makan micim tu petugas w rasa .. msih di pantau blum aja di sleding”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *